Strategi Marketing Hadapi Tahun Baru Imlek 2021

Share This Post

Tahun Baru Imlek
Strategi marketing hadapi Tahun Baru Imlek 2021

Tepat pada tanggal 12 februari 2021 masyarakat Cina di indonesia akan merayakan Tahun Baru Imlek. Kebiasaan-kebiasaan yang biasanya dilakukan menjelang Imlek oleh masyarakat China adalah membersihkan rumah secara keseluruhan, mengecat ulang rumahnya, hal ini dimaksudkan untuk membuang semua kesialan serta hal yang tidak baik lainnya dan mendatangkan kebahagiaan.

Apa Sih Tahun Baru Imlek Itu?

Sebelum membuat strategi marketing, sebaiknya kita mengenal dulu apa itu Tahun Baru Imlek. Tahun baru Imlek dikenal sebagai tahun baru masyarakat china. Perayaan Imlek biasanya dilakukan kisaran 2 minggu, yang biasanya dirayakan dengan berbagai agenda, Berikut deretan agenda rutin pada saat Imlek :

  1. Makan Malam Tahun Baru/Makan Malam Reuni

    Di malam ini semua keluarga dari berbagai generasi, akan berkumpul kembali untuk menikmati makanan tradisional yang disajikan, Makan malam tradisional biasanya terdiri dari Ikan, kue, lumpia dan beberapa makanan simbolis.

  1. Pesta Kembang Api Untuk Menyambut Tahun Baru

    Untuk merayakan tahun baru, masyarakat Cina biasanya melakukan pesta kembang api. Selain itu para generasi muda juga mengunjungi para sesepuh mereka.

  1. Festival Lampion

    Tahun baru biasanya diakhiri dengan melakuan Festival Lampion. Festival Lampion itu sendiri dilaksanakan pada hari ke-15 bulan pertama kalender Tionghoa. sebagai penanda berakhirnya Imlek.

Bagaimana Strategi Marketing Yang Tepat Untuk Bisnis Kalian di Tahun Kerbau Logam?

Banyak yang tak menyadari bahwa di beberapa tahun terakhir ini. Transaksi jual beli melalui marketplace mengalami lonjakan di setiap Imlek. Anda juga perlu tau, bahwa 20% manufaktur global berasal dari Negeri Tiongkok. Sementara sepertiga pengiriman global juga harus melewati Laut Cina Selatan.

Nah untuk menghindari lonjakan pada bisnis kalian saat ini, alangkah baiknya anda memahami dan mempraktekkan strategi marketing berikut ini :

  1. Optimalkan Etalase Online Anda untuk Perangkat Seluler

Strategi pertama yang bisa kalian lakukan yaitu Optimalkan Etalase Online kalian agar mudah muncul di Smartphone. Tips ini bersifat wajib, jika website kalian tidak maksimal saat di smartphone, segera perbarui!. karena di era sekarang ini manusia sangat sulit untuk melepas smartphone nya.

  1. Promosi!

Di era digital ini tidak ada lagi lokalisasi promosi. Internet membuat promosi bisnis yang kita miliki mempunyai peluang untuk menarik audiens secara global. jadi sangat disayangkan jika bisnis online kita di Tahun Baru Imlek ini tenggelam oleh promosi pebisnis lainnya, promosi ini juga bisa membantu anda dalam mengukur minat para customer untuk mengunjungi toko online kalian. Bahkan dengan promosi, produk mana saja yang paling menarik yang bisa lebih kalian tonjolkan. Jangan lupa gunakan visualisasi yang menarik baik foto atau pun video yang dapat menunjang promosimu!

  1. Sesuaikan Lini Kategori Produk Anda 

kategori yang paling menonjol pada tahun baru ini biasanya adalah pakaian, makanan, kesehatan dan juga kecantikan, Nah hampir semua kategori itu sangat melonjak tinggi pada saat perayaan Imlek. Jangan lupa memilih produk yang berwarna merah, dan menggunakan desain kerbau, karena tahun ini adalah Tahun Kerbau Logam.

  1. Kelola Inventaris Anda

Yang keempat adalah kemampuan kalian untuk menyetok barang, memastikan dalam memenuhi pesanan apabila pemasok atau produsen sedang libur/tutup.

  1. Jaga Agar Pelanggan Anda Selalu Mendapatkan Informasi Yang Tepat

Nah yang terakhir adalah menjaga komunikasi anda dengan pelanggan, karena ini sangat penting sekali bagi kalian untuk selalu menginformasikan pelanggan apabila ada keterlambatan pengiriman atau yang lainnya. untuk menghindari ketidakpuasan para pelanggan.

Berikut di atas adalah beberapa Strategi Marketing yang bisa kalian pahami dan praktekkan dalam bisnis online kalian pada Tahun Baru Imlek 2021.

Strategi Marketing Hadapi Tahun Baru Imlek 2021