fbpx

Ada yang bilang pemasaran atau marketing adalah ujung tombak perusahaan dalam menjual produk dan jasanya. Di era sekarang, kegiatan ini terbagi atas dua aktivitas utama yaitu field marketing (pemasaran lapangan) serta digital marketing (pemasaran digital). Kedua hal ini tentu memiliki pendekatan strategik yang berbeda satu dengan yang lainnya meski harus tetap berada dalam satu koridor yang sama. Buat kamu yang baru mulai bersinggungan dengan dunia bisnis daring, artikel ini akan menyajikan basic digital marketing buat kamu dan bisnismu.

Basic Digital Marketing
Basic Digital Marketing Strategy That You Can Use

Basic Digital Marketing Yang Bisa Kamu Terapkan Dalam Bisnismu

Kenalilah Produk Yang Kamu Jual

Kamu harus mengetahui segala hal tentang produk/jasa yang kamu jual. Cari tahu apa yang menjadi kekuatan dan kelemahannya, apa barang substitusinya dan bagaimana trend terkini tentangnya. Sebagai contoh kamu berbisnis di bidang olahraga dengan berjualan sepeda. Kamu perlu untuk mencari tahu segala hal tentang sepeda, mulai dari spare partsnya, penggunaannya, jenis sepeda apa yang sedang banyak dicari, kondisi jalanan di daerah yang menjadi target pasarmu dan lain sebagainya.

Dengan mengetahui secara detail mengenai produk/jasa yang dijual, kamu akan sangat terbantu saat merancang strategi pemasaran baik itu online maupun offline.

Tentukan Dan Pelajari Target Pasarmu

Penting bagimu untuk mengetahui target pasarmu terutama perilaku digitalnya. Misal kamu sudah melakukan profiling dan menentukan bahwa target pasarmu adalah pria, berusia 20-40 tahun, mandiri, health freak dan berpendidikan tinggi. Maka kamu perlu mengetahui apa – apa saja yang dicari oleh target pasarmu. Lakukan pencarian secara menyeluruh dan detail lewat bantuan mesin pencari trend atau platform analisis trend digital lain yang bisa membantumu.

Pilihlah Platform Digital Marketing Yang Akan Kamu Gunakan

Sesuaikan platform digital yang akan kamu gunakan dengan produk dan target pasarmu. Kamu bisa memilih untuk menggunakan platform digital konvensional seperti e-mail, sms, chatting apps, atau newsletter. Bisa juga memilih memakai platform media sosial kekinian seperti Instagram, TikTok, Facebook atau Youtube. Kamu bisa memilih beberapa atau menggunakan semuanya sekaligus.

Selain itu kamu juga bisa memanfaatkan keberadaan marketplace atau e-commerce seperti tokopedia dan shopee untuk kepentingan digital marketingmu.

Namun satu hal yang penting untuk kamu lakukan adalah membangun website bisnismu sendiri. Ini penting untuk mengenalkan brandmu secara lebih luas karena media sosial jelas memiliki batasan – batasan yang tidak dimiliki oleh website.

Ciptakan Konten Yang Menarik

Setelah memilih platform digital, maka langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah menciptakan konten yang menarik. Konten bisa visual, audio, audio visual, artikel atau bahkan caption. Ciptakan konten – konten yang sesuai dengan target pasarmu agar menarik perhatian mereka. Semakin ‘dekat’ tema kontenmu dengan mereka maka semakin besar peluang mereka untuk berinteraksi denganmu dan mengenal produk yang kamu jual. Kamu bisa belajar mengedit foto dan video di kursus bisnis online yang diselenggarakan oleh LEAP lho!

Basic Digital Marketing Buat Kamu dan Bisnismu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hi, Kami leap siap menjawab pertanyaan anda melalui WhatsApp