Berkenalan Dengan Industri Olahraga Yuk!

Share This Post

Banyaknya event olahraga internasional yang diselenggarakan pada tahun 2021 ini menghadirkan keseruan tersendiri dalam kehidupan dunia yang sedang berhadapan dengan pandemi. Euro Cup dan Olimpiade Tokyo menyedot perhatian jutaan pasang mata dari seluruh dunia. Memang bisa dibilang saat ini olahraga telah menjadi sebuah industri tersendiri yang memiliki dampak ekonomi yang cukup besar. Industri olahraga atau sports industry saat ini menjadi sebuah bidang bisnis yang diperhitungkan.

geliat industri olahraga di dunia
geliat industri olahraga di dunia

LEAP Surabaya mau mengajak kamu berkenalan dengan industri ini, siapa tahu dapat menginspirasimu untuk ikut terjun di bidang bisnis ini!

Apa itu Industri Olahraga (Sports Industry)?

Industri olahraga adalah industri yang didalamnya banyak orang, perusahaan, atau organisasi yang terlibat dalam memproduksi, memfasilitasi, mempromosikan, atau mengatur aktivitas, pengalaman, atau apa pun yang berfokus pada olahraga. Bagi industri ini produk yang ditawarkan terkait dengan olahraga. Produknya dapat berupa barang, jasa, orang, tempat, kegiatan atau ide.

Ada beberapa bisnis terkait Industri Olahraga yang sudah berjalan hingga saat ini.

Kompetisi Olahraga Profesional

Bidang paling utama yang menjadi pusat dari Industri Olahraga adalah Kompetisi Profesional. Liga Inggris (Premier League), Champions League, NBA, F1, MotoGP, World Cup, Olimpiade adalah contoh kompetisi olahraga yang dikelola secara profesional. Dalam kompetisi – kompetisi tersebut perputaran uang yang terjadi sangatlah besar.

kompetisi sepakbola adalah penyumbang finansial terbesar di industri olahraga
kompetisi sepakbola adalah penyumbang finansial terbesar di industri olahraga

Pemasukan dari hak siar, hak merek, tiket penonton, sponsorship, dll memungkinkan atlet dan profesional lain yang berkecimpung di dalamnya memiliki bayaran yang cukup besar. Nama – nama seperti Cristiano Ronaldo, Lewis Hamilton, LeBron James, Venus & Serena Williams adalah deretan atlet profesional yang juga masuk dalam deretan orang terkaya di dunia.

Apparel Olahraga

Produsen apparel olahraga memiliki beragam produk mulai dari kaus atau seragam tim hingga peralatan untuk berbagai macam olahraga. Kita mengenal brand – brand seperti Adidas, Nike, Yonex, LiNing Under Armour, dll yang merupakan apparel olahraga terkemuka. Kebanyakan dari bisnis ini meng-endorse atlet profesional dengan nama besar yang untuk mengamankan penggemar dan pembeli mereka.

Beberapa apparel membuka diri bagi reseller dan distributor baik secara besar maupun dalam skala kecil. Kamu bisa memulai langkah awalmu menjadi digipreneur dari sini, bukalah toko onlinemu dan mulailah berjualan. Apakah kamu tahu bahwa setiap kemenangan atlet bulutangkis Indonesia di Olimpiade meningkatkan penjualan peralatan badminton? Ayo jangan sampai kehilangan momentum!

Stadion Olahraga dan Wisata

Olahraga sering dipertandingkan di arena raksasa yang dikunjungi orang dari seluruh penjuru dunia. Orang-orang akan melakukan perjalanan melintasi dunia untuk mendukung tim favorit mereka bermain, hal ini tentu menjadi peluang bagi industri pariwisata. Di dunia banyak stadion merupakan bisnis besar tersendiri karena sering kali menjadi tempat serbaguna yang digunakan untuk hal-hal lain seperti konser musik.

Merchandise Olahraga

Merchandise olahraga memiliki banyak bentuk, mulai dari pakaian bertanda tangan hingga kartu perdagangan. Fans akan sangat bangga memiliki sesuatu yang pernah digunakan atau ditandatangani oleh atlet favorit mereka, toko – toko yang menjual barang koleksi tersebut biasanya banyak dicari. Salah satu cara yang biasanya digunakan oleh penjual merchandise olahraga adalah mengadakan meet & greet bagi para penggemar untuk bertemu dengan atlet favorit mereka.

Pemasaran Olahraga

Pemasaran olahraga sangat dipengaruhi oleh perubahan teknologi yang digerakkan oleh media sosial. Menurut laporan berjudul The Future of Sports, yang diterbitkan oleh TheFuture.org. Saat profesional di bidang olahra memanfaatkan teknologi yang terkait dengan jaringan dan platform media sosial untuk meningkatkan upaya pemasaran mereka dan membantu mereka untuk semakin dekat dengan penggemar, dampak ekonominya akan sangat terasa.

Game mobile digital, konten video digital di Instagram, Youtube atau Tiktok, hingga konten buatan penggemar menggunakan cuplikan liga, game olahraga fantasi, dan media digital bertema olahraga lainnya saat ini sedang meningkat. Pemasaran olahraga secara digital digunakan oleh hampir seluruh profesional di industri olahraga baik itu merek olahraga besar, klub hingga personal. Tahukah kamu jika kamu memiliki kreativitas, skill editing foto dan editing video kamu dapat membuka bisnis agensi digital khusus pemain sepak bola lho! Ikuti kursus bisnis online dari LEAP untuk menambah ilmumu!

Hi! Suka dengan artikel ini? Bantu kami jadi lebih baik dengan memberi rating dan review di sini. Share artikel ini jika informasi yang ada bisa bermanfaat untuk kamu dan orang – orang di sekelilingmu ya!

Berkenalan Dengan Industri Olahraga Yuk!