fbpx

Bisnis Ramah Disabilitas, Kunci Untuk Menuju Dunia Yang Lebih Baik

Share This Post

Tahukah kamu setelah Olimpiade 2021 selesai dilaksanakan di Tokyo masih ada satu kompetisi olahraga level internasional lainnya yang sedang dilangsungkan di sana?. Kompetisi itu adalah Paralimpiade, ajang olahraga internasional yang diperuntukkan bagi para penyandang disabilitas. Meski gegap gempitanya tidak seramai Olimpiade tapi keberadaan Paralimpiade dipandang penting, karena setiap manusia memiliki kesempatan yang sama untuk berprestasi. Jika ajang olahraga saja bisa ramah disabilitas lalu bagaimana dengan bisnis?

bisnis ramah disabilitas yang bisa diwujudkan
bisnis ramah disabilitas yang bisa diwujudkan

Dalam konteks bisnis, isu disabilitas ini memang tidak terlalu banyak dibahas, terutama di Indonesia. Masih belum banyak bisnis ramah disabilitas dalam berbagai skala terutama kaitannya dengan pelayanan konsumen. Padahal dengan menjadi ramah disabilitas ada banyak sekali keuntungan yang diperoleh sebuah bisnis. Check It Out!

7 Cara Untuk Membuat Bisnis Kecilmu Lebih Ramah Disabilitas

Tawarkan Berbagai Pilihan Cara Untuk Menghubungi Bisnismu

Selalu beri pelanggan pilihan tentang cara menghubungi bisnismu. Ini akan membantu pelanggan yang menghadapi hambatan menggunakan satu metode, mengatasinya dengan menggunakan yang lain. Misalnya, seseorang yang menghadapi kesulitan berkomunikasi melalui telepon karena gangguan pendengaran, akan dapat menghubungi bisnismu melalui email, atau melalui chat WA untuk bertransaksi atau memperoleh informasi. Dengan menawarkan metode kontak alternatif, ini meningkatkan aksesibilitas bisnismu dan berarti pelanggan yang memiliki disabilitas akan loyal.
Kamu juga bisa going extra mile dengan menyediakan layanan pelanggan menggunakan video call bahasa isyarat lho!

Promosikan Berbagai Aksesibilitas Yang Bisnismu Miliki

Tidak perlu ragu, promosikan bahwa bisnismu dapat diakses oleh siapa saja. Beri tahu pelanggan penyandang disabilitas bahwa kamu berkomitmen untuk menjadikan pengalaman berbelanja mereka lebih baik melalui pernyataan inklusivitas di situs web atau media sosialmu. Perlihatkan bagaimana kemudahan – kemudahan yang kamu berikan pada seluruh pelanggan dalam konten media sosialmu. Hal ini akan membuat komitmen terhadap aksesibilitas lebih terlihat pada brand, produk, dan layananmu. Buat pelanggan difabel senyaman mungkin dapat berinteraksi dengan bisnismu.

Karena berdasarkan sebuah penelitian, setidaknya satu dari lima pelangganmu memiliki disabilitas.

Jangan Spesialkan Disabilitas. Layanilah Semua Orang Dengan Baik, Tanpa Terkecuali.

Sangat mungkin bahwa setidaknya satu dari lima pelangganmu difabel dan banyak yang memiliki disabilitas yang tidak terlihat. Hanya pertanyaan sederhana “Ada yang bisa saya bantu?” dapat mendorong pelanggan untuk memberi tahumu apa yang mereka butuhkan. Jangan malu untuk mengatakan atau melakukan hal yang salah; beberapa pelanggan cacat mungkin tidak merasa percaya diri untuk meminta bantuan dan menyambut layanan pelanggan proaktif. Selalu waspada terhadap orang yang mungkin membutuhkan bantuan ekstra dan menawarkan bantuan terlepas dari apakah menurutmu orang tersebut cacat atau tidak.

Buat Pelanggan Merasa Aman

Menciptakan lingkungan di mana pelanggan merasa aman dan tahu bahwa kebutuhan mereka sedang dipertimbangkan adalah penting. Kamu dapat membantu membuat pengalaman berbelanja lebih aman, dan membuat pelanggan penyandang disabilitas merasa lebih nyaman, dengan menerapkan beberapa tindakan seperti menyediakan akses khusus kursi roda atau tag harga dengan huruf braille.

Kamu juga dapat memasukkan persyaratan menguasai bahasa isyarat pada para calon karyawanmu, karena suatu saat bisa jadi kemampuan itu akan dibutuhkan.
Bersabarlah Dan Beri Pelanggan Waktu Ekstra Untuk Menyelesaikan Transaksi
Beberapa orang mungkin memerlukan waktu ekstra untuk membayar barang atau mengisi formulir. Selalu bersabar dan jangan membuat pelanggan terburu-buru, bahkan jika pelanggan lain sedang menunggu.

Bisnis Ramah Disabilitas Bermanfaat Bagi Semua Orang

Bisnis yang ramah disabilitas tahu bahwa ini bukan hanya untuk kepentingan pelanggan penyandang disabilitas, ini membantu semua orang. Pada akhirnya, menyediakan aksesibilitas yang tepat sangat bagus untuk bisnis. Praktik layanan pelanggan yang baik seperti bertanya kepada pelanggan apakah mereka membutuhkan bantuan tidak hanya memberi pelanggan penyandang disabilitas kesempatan untuk mendiskusikan kebutuhan mereka, tetapi juga membuat semua pelangganmu tahu bahwa kamu memberi perhatian pada mereka.

Saat ini cukup banyak bisnis yang beralih menjadi online untuk menghadapi situasi yang tidak menentu. Ingin menjalankan bisnis online dengan lebih baik? Kamu dapat mengikuti berbagai kelas online digipreneur yang diselenggarakan oleh LEAP Surabaya.

Hi! Suka dengan artikel ini? Bantu kami jadi lebih baik dengan memberi rating dan review di sini. Share artikel ini jika informasi yang ada bisa bermanfaat untuk kamu dan orang – orang di sekelilingmu ya!

Bisnis Ramah Disabilitas, Kunci Untuk Menuju Dunia Yang Lebih Baik
Open chat
Hi, Leap siap menjawab pertanyaan anda melalui WhatsApp