Tokopedia menjadikan megaband asal Korea Selatan yaitu BTS dan BlackPink sebagai brand ambassador mereka. Sebuah langkah luar biasa karena kedua nama ini adalah icon global yang memiliki fans fanatik dan sedang menjadi sorotan di seluruh dunia. Keberadaan BTS dan BlackPink tentunya diharapkan memberikan dampak positif bagi Tokopedia. Tapi sebenarnya apa sih peran brand ambassador itu? Yuk kita bahas satu per satu.

Apa sih brand ambassador?
Brand Ambassador adalah individu atau sekelompok individu yang ditunjuk menjadi duta/perwakilan bagi sebuah brand/merek baik itu perusahaan, organisasi ataupun produk. Penunjukan biasanya didasari atas kesamaan nilai dan citra perusahaan dengan yang bersangkutan.
Sebagai contoh BTS yang merupakan Bangtan Sonyeondan atau Beyond The Scene dipilih oleh Tokopedia karena dianggap mampu menghadirkan perubahan di industri musik, komitmen kuat dalam berinovasi dari boyband yang beranggotakan RM, Jin, SUGA, j-hope, Jimin, V dan Jung Kook ini cocok dengan visi Tokopedia sebagai unicorn startup yang terus berkembang pesat.
Ada 3 alasan utama penunjukan brand ambassador oleh sebuah bisnis, yaitu :
-
Brand Ambassador dapat menarik perhatian pada merek/produk yang diwakili
Seorang Brand Ambassador atau duta merek biasanya memiliki basis penggemar setia, serta influence yang kuat bagi masyarakat. Hal ini yang kemudian diincar perusahaan untuk mendapatkan perhatian dari kegiatan – kegiatan kampanye yang dilaksanakan bersama sang duta merek.
Kegiatan kampanye ini bukan hanya yang dilakukan di dunia nyata, namun juga kampanye lewat internet menggunakan konten – konten yang dikonsep dalam strategi digital marketing perusahaan.
-
Mendongkrak Brand Awareness
Menggunakan duta merek untuk memperoleh Awareness dari publik sebenarnya bukanlah strategi baru, bahkan sebenarnya cara inilah yang paling banyak dipakai oleh berbagai perusahaan dan organisasi di seluruh dunia untuk ‘memperkenalkan diri’ pada konsumen.
Berkat kerja sama dengan BTS dan Black Pink, Tokopedia kini dikenal secara global yang memungkinkan mereka membuka pangsa pasar baru di negara – negara lain. Contoh lain adalah brand Wrexham FC, tidak ada yang mengenal mereka sampai beberapa waktu lalu Ryan Reynolds, salah satu selebriti terbesar di dunia mengakuisisi klub sepakbola semi professional tersebut. Hanya dalam tempo singkat Wrexham yang awalnya hanya memiliki follower ribuan sekarang memiliki puluhan ribu penggemar baru. Hal ini karena Ryan selain menjadi pemilik juga menempatkan dirinya sebagai Brand Ambassador klub itu.
-
Meningkatkan Penjualan Produk
Salah satu kekuatan dari seorang brand ambassador adalah influencing. Saat apa yang mereka pakai, mereka ucapkan atau mereka rekomendasikan dapat mendorong penggemarnya untuk melakukan aktivitas tertentu. Karena itu tak heran jika kebanyakan dari mereka juga berstatus sebagai seorang influencer. Tahukah kamu jika sebuah twit dari Elon Musk dapat meningkatkan nilai saham sebuah perusahaan yang bahkan mungkin tidak ketahui?
Merekrut brand ambassador tidak serta merta memberikan dampak positif bagi perusahaan, mereka juga harus melengkapinya dengan strategi pemasaran dan komunikasi yang sesuai, sehingga hasil yang diharapkan bisa tercapai. Kamu juga bisa belajar bagaimana caranya membuat foto atau video yang menarik buat usahamu lho! Cek aja laman produk dari Leap berikut ini dan pilih yang jadi kebutuhanmu.



One thought on “Brand Ambassador Dan Perannya Bagi Bisnis : Tokopedia feat. BTS & BlackPink”
Terima kasih atas artikel yang menarik mengenai alasan utama mengapa perusahaan membutuhkan brand ambassador
Comments are closed.