fbpx

Brand Terbaik di Media Sosial Untuk Inspirasi Bisnismu

Share This Post

Tahukah kamu bahwa banyak sekali konsumen yang melihat terlebih dahulu ke media sosial sebelum memutuskan untuk melakukan pembelian?. Berdasarkan laporan dari UPS, kaum milenial sebagai konsumen terbesar masa kini menganggap media sosial sebagai bagian dari pengalaman berbelanja mereka. Karena itu bagi bisnis, media sosial sudah lagi bukan hanya sekedar opsi marketing tapi sudah menjadi kewajiban terutama dalam kaitannya dengan branding. Dan ini bukan hanya tentang membuat akun dan melakukan posting secara random tapi harus disertai dengan sebuah strategi yang komprehensif. Bagaimana cara melakukannya? Inspirasi dari brand terbaik di media sosial ini dapat membantumu merumuskan strategi yang tepat!

brand terbaik di media sosial
National Geographic Magazine, Inter Nike Jersey, GoPro Camera

3 Brand Terbaik di Media Sosial

GoPro

Brand kamera multiguna terbesar di dunia ini memiliki lebih dari 17 juta follower di Instagram, lebih dari 2 juta follower di Twitter, lebih dari 10.7 juta follower di facebook, dan salah satu hashtag yang paling banyak digunakan di seluruh dunia  (#GoPro).

Menariknya mereka menggunakan berbagai platform media sosial secara berbeda. Mereka menggunakan Facebook untuk mempromosikan brand mereka, meraih klien baru dan berkomunikasi dengan pelanggan lama mereka. Instagram mereka gunakan sebagai showcase dari kualitas gambar yang dihasilkan oleh produk mereka serta membangun kedekatan dengan konsumen lewat user-generated content. Twitter mereka pakai sebagai sarana pengumuman produk/fitur baru serta saluran komunikasi dengan publik secara umum. Sementara Youtube mereka gunakan untuk mengupload konten tentang bagaimana menggunakan produk mereka.

Nike

Bisa dibilang brand olahraga ini adalah brand terbaik di media sosial di bidangnya. Dengan lebih dari 93.3 juta follower Instagram, 7.95 juta follower Twitter, dan 33.3 juta follower di Facebook mereka adalah salah satu yang terbesar, belum lagi jika didukung dengan follower dari brand ambassador mereka yang merupakan nama – nama besar di dunia olahraga seperti Cristiano Ronaldo.

Nike selama ini fokus dalam pengembangan konten di Facebook yang algoritmanya memang cocok dengan sasaran marketing mereka. Instagram yang dikemudian hari diakuisisi oleh Facebook semakin mempermudah Nike dalam mengembangkan konten. Dalam hal konten yang dibuat mereka secara konsisten menggunakan tones/filter yang sama dalam setiap desain/fotonya, selain itu mereka juga memiliki tagar yang cukup mengglobal #justdoit. Nike juga menggunakan Twitter sebagai sarana berkomunikasi dengan publik secara umum.

National Geographic

Brand yang satu ini menggunakan media sosial yang mereka miliki dengan baik. Mereka menyajikan foto – foto yang indah dan caption yang informatif. Hal inilah yang membuat mereka mampu memiliki 153 juta follower di Instagram.

Dengan standard kualitas foto yang cukup tinggi serta seringnya mereka merepost hasil foto dari followers mereka yang memenuhi standard, Natgeo menjadi brand terbaik di media sosial dalam hal user-generated content. Banyak fotografer terbaik dari berbagai belahan dunia memposting fotonya dan me-mention sertag tag akun @natgeo agar dapat direpost.

Jadi sudah siap dengan strategi media sosial yang mau kamu ciptakan untuk brandmu? Semoga inspirasi dari 3 brand terbaik di media sosial di atas bisa membantumu ya! Kalau kamu mau belajar bagaimana caranya melakukan editing foto yang keren untuk konten media sosialmu, kamu bisa ikuti kelas online yang diadakan oleh Leap lho!

 

Brand Terbaik di Media Sosial Untuk Inspirasi Bisnismu
Open chat
Hi, Leap siap menjawab pertanyaan anda melalui WhatsApp