fbpx

Media sosial saat ini telah menjadi sebuah tempat yang luar biasa. Facebook, Instagram, Twitter, Youtube hingga TikTok bukan sekedar platform untuk bersosialisasi antar individu. Mereka saat ini telah menjadi ruang berkreasi bagi banyak orang untuk menunjukkan karya – karya terbaiknya. Tak jarang orang – orang ini kemudian menjadi terkenal, memiliki follower yang cukup banyak dan mendapat status “Influencer”. Seperti yang kita tahu media sosial juga menjadi ruang bagi pebisnis untuk mengembangkan usahanya. Para pebisnis ini menggunakan influencer untuk mempromosikan produk atau layanannya. Mau tahu cara memilih influencer yang benar? Yuk simak beberapa tips di bawah ini.

cara memilih influencer
cara memilih influencer

3 Langkah Cara Memilih Influencer

Tentukan Konsep dan Tujuan Promosimu

Ini adalah tahap yang paling penting dalam penentuan influencer yang tepat untuk bisnismu. Dengan konsep dan tujuan yang jelas maka kamu bisa memilih influencer yang menghasilkan dampak yang optimal. Apa konsep dan tujuan promosimu? Memperkenalkan produk/layanan baru? Menggapai pangsa pasar baru yang berbeda dari pangsa pasarmu sebelumnya? Memperkuat brand awareness?.

Keunikan dunia digital adalah kamu bisa berkreasi sebebas mungkin dengan konsepmu. Lewat berbagai platform media sosial kamu bisa menciptakan berbagai jenis konten menarik untuk kegiatan promosionalmu. Kalau kamu masih belum yakin dengan konsep promosi onlinemu, cobalah hubungi layanan Business Lab Antiribetsby dari LEAP yang siap membantu mengonsep dan mengelola media sosialmu.

Buat Kriteria dan List Influencer Yang Sesuai Dengan Kebutuhanmu

Setelah kamu menentukan konsep dan tujuan dari kegiatan promosi onlinemu maka tahap berikutnya yang wajib kamu lakukan adalah membuat kriteria influencer. Saat ini sangat banyak influencer di berbagai platform yang dapat kamu ajak kerja sama. Penting untuk kamu perhatikan bahwa seorang influencer di twitter belum tentu memiliki influence yang sama di Instagram, begitu pula sebaliknya. Dengan menentukan kriteria sesuai kebutuhan maka kamu bisa mendapatkan orang/akun yang tepat.

Misal kamu jualan online sepeda, maka kamu bisa mencari influencer yang seorang atlet sepeda, penggemar kegiatan bersepeda atau fotografer khusus cycling dan running. Atau jika usahamu di bidang fashion dengan segmen milenial dan generasi Z, kamu bisa mencari influencer seorang content creator di hal-hal yang disukai milenial dan generasi Z. Susunlah kriteria berdasarkan lokasi tempat tinggal, usia, profesi, platform media sosial, jumlah follower dan bidang yang di-influence.

Pilih Influencer Terbaik Untuk Bisnismu

Setelah kamu menyusun daftar influencer maka langkah terakhirnya adalah memilih. Dalam tahap ini yang harus kamu perhatikan adalah pengaruhnya di media sosial, followers dan lokasi. Pengaruh seorang influencer itu tidak dilihat dari jumlah followernya lho! Misalnya seorang influencer di Twitter, barangkali followernya hanya 5000an orang tapi setiap dia ngetwit jumlah retweet dan likesnya melebihi angka followernya maka itu artinya opininya banyak didengarkan dan diakui.

Follower, kamu perlu memperhatikan dengan baik follower dari influencer yang akan kamu pilih. Pastikan mayoritas followersnya adalah akun yang dikelola manusia bukan bot. Karena percayalah, sangat mudah memperoleh follower 10k dengan membelinya lewat beberapa penyedia jasa jual beli follower.

Lokasi, jika pangsa pasarmu adalah orang – orang yang tinggal di Jawa Timur maka pilihlah influencer yang ber-homebase atau berasal dari Surabaya, Malang atau kota lain di Jatim. Jangan sampai kamu malah meng-endorse influencer yang ber-homebase di Pekanbaru atau Manado.

Begitulah beberapa tips cara memilih influencer untuk promo bisnismu. Semoga membantumu menentukan selebgram, selebtwit, youtubers atau tiktokers terbaik untuk kamu endorse.

 

Cara Memilih Influencer Untuk Promo Bisnismu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hi, Kami leap siap menjawab pertanyaan anda melalui WhatsApp