Apakah Anda sudah menerapkan content marketing? Definisi content marketing adalah bagian dari strategi pemasaran produk atau jasa lewat internet dengan pembuatan content digital berupa foto, video, dan tulisan artikel pada blog website.
Strategi content marketing secara menyeluruh meliputi proses pembuatan content yang baik dan berkualitas. Ini bertujuan untuk mengenalkan merek, memberi informasi edukasi, distribusi kepada target yang tepat, untuk kemudian membangun koneksi yang berkelanjutan dengan audiens.
Konsep dari content marketing tidak hanya berfokus pada penjualan produk atau jasa, tetapi juga dapat memberikan insight atau wawasan yang bernilai bagi audiens. Dari sini, muncul kesadaran audiens untuk makin mengenal merk Anda (brand awareness) yang bisa menjadi bagian solusi dari permasalahan yang audiens butuhkan.
Definisi Content Marketing dan Digital Marketing
Dari definisi content marketing, tentu berbeda dengan digital marketing. Content marketing fokus pada pembuatan konten yang baik, untuk meningkatkan trafik dan visibilitas serta membangun koneksi untuk mempertahankan audiens.
Digital marketing mencakup hal yang lebih luas. Seperti strategi dan teknik pemasaran lewat media dan perangkat digital. Hal-hal yang terdapat pada content marketing menjadi bagian digital marketing dalam strategi pemasaran.
Anda memerlukan beberapa komponen lagi untuk membuat konten yang menarik. Seperti di bawah ini:
- Analisis atau SEO Specialist: Mencari dan mengumpulkan kata kunci pada mesin pencari yang relevan dengan bisnis Anda.
- Copywriter: Untuk menulis artikel pada blog website sesuai niche yang Anda tentukan.
- Design and Video Graphic: Untuk membuat iklan dan video yang update dan relate dengan tren masa kini.
- Content Marketer: Untuk promosi iklan, mendistribusikan dan memantau progres media konten seperti pada website dan media sosial.
- Influencer: Bila perlu, Anda menyewa jasa influencer untuk menguatkan pesan dari konten, tepat sasaran sehingga mendapatkan engagement sesuai target.
Komponen-komponen ini merupakan bagian digital marketing dan sangat mendukung dalam pembuatan konten yang menarik, relate, dan relevan dengan kebutuhan audiens.
Tips Content Marketing
Seperti apa strategi content marketing yang jitu? Berikut ini penjelasannya yang bisa Anda ikuti.
Mengenali Target Audiens
Sebelum membuat konten yang relate dan relevan, Anda perlu mengetahui dan mengenali, siapa target audiens konten Anda. Konten yang tepat sasaran memunculkan peluang untuk mendapatkan target yang potensial.
Sebarkan form kuisioner untuk mengenali permasalahan dan kebutuhan target audiens Anda. Jangan hanya menggunakan asumsi yang tidak bisa diperiksa akurasinya.
Membuat Konten yang Berkualitas
Setelah mengetahui dan mengenali audiens, Anda bisa mengidentifikasi permasalahan dan kebutuhan kemudian menentukan beberapa topik konten yang bisa menjadi pilihan solusi. Anda menyusun draft untuk membuat konten yang sesuai.
Komponen digital marketing yang telah disebutkan sebelumnya sangat membantu Anda dalam membuat konten yang berkualitas.
Konten yang baik, seperti audio visual yang jelas dan jernih, menimbulkan kepercayaan audiens. ini berpeluang untuk membuat audiens mengambil keputusan untuk membeli produk atau jasa Anda.
Anda perlu melihat konten dari kompetitor yang punya lini bisnis sejenis. Cek bagaimana kompetitor melakukan distribusi konten dan isi kontennya. Ingin mengikuti jenis konten yang viral? Perhatikan dulu apakah jenis atau tipe kontennya setipe dengan branding bisnis Anda?
Membuat Jadwal untuk Distribusi Konten
Ada waktu-waktu khusus di mana, audiens berpotensi melihat iklan Anda, seperti pagi hari sebelum jam kerja, sore hari setelah jam pulang kerja dan malam hari ketika waktu bersama keluarga.
Anda juga perlu menentukan di mana Anda akan mengunggah konten. Foto dan video pendek, bisa Anda bagikan di media sosial seperti Facebook, Instagram, Threads. Jika Anda ingin promosi sekaligus memberi informasi lebih mendalam, Anda bisa menggunakan blog website atau YouTube.
Menganalisis Progress
Menganalisis dan memantau kemajuan konten tidak terlepas dari strategi content marketing. Anda bisa menganalisis di platform mana, konten yang telah dibuat mendapatkan tanggapan dari audiens.
Format konten seperti apa yang sangat menarik perhatian audiens untuk berkomentar, memberikan like atau ikut membagikan konten Anda, sehingga jangkauan bisa lebih luas.
Anda bisa mengetahui sejauh mana keberhasilan konten Anda dalam membangun citra merek, kepercayaan audiens dan potensi membeli atau menggunakan produk atau jasa Anda.
Konsisten
Konsisten untuk tetap memberikan konten yang berkualitas baik secara visual atau tulisan. Bagikan konten secara terjadwal, sehingga audiens mulai hafal dan mengenali brand yang Anda miliki.
Jadwal yang konsisten dalam pendistribusian atau membagikan konten, juga berpengaruh terhadap strategi content marketing. Tiap medsos memiliki algoritma yang berbeda. Cek inisght dari konten Instagram, Facebook dan lainnya yang memang Anda gunakan untuk menyebarkan konten.
Kesimpulan
Definisi content marketing tidak hanya untuk penjualan saja. Namun juga, memberikan informasi dan edukasi kepada audiens lewat konten yang berkualitas. Bagian dari content marketing juga memperhatikan sisi permasalahan dan kebutuhan audiens, serta bertujuan membangun hubungan kepada audiens secara berkesinambungan. (Baca Juga: Threads untuk Digital Marketing)



