fbpx

Digipreneur berasal dari 2 kata yaitu Digital dan Entrepreneur. Dapat diartikan sebagai seseorang yang melihat solusi – solusi yang dimunculkan oleh dunia teknologi informasi dan kemudian memanfaatkannya menjadi sebuah bisnis yang dapat menghasilkan keuntungan. Digital yang dimaksud disini tidak hanya terbatas pada Internet namun juga merambah ke hal lain seperti Artificial Intelligence dan Augmented Reality.

Digipreneur World. Connecting The Dots.
Digipreneur, Trend Pengusaha Sukses Masa Depan

Untuk menjadi seorang digipreneur memang dibutuhkan skill dan pemahaman yang baik terhadap perkembangan dunia digital. Selain itu juga harus memiliki naluri bisnis serta problem-solving yang baik. Karena meski dunia digital tidak terbatas namun banyak hal – hal non-digital yang belum tentu cocok untuk didigitalkan.

Trend menjadi seorang Digipreneur sebenarnya sudah muncul sejak startup booming di Indonesia. Namun seiring pesatnya perkembangan teknologi trend ini terus terjaga dan tumbuh secara stabil hingga saat ini. Tidak salah jika kemudian ada yang memprediksi bahwa Digipreneur akan menjadi trend pengusaha sukses di masa depan. Namun untuk sukses ada beberapa hal yang wajib diperhatikan.

Syarat – Syarat Menjadi Seorang Digipreneur Sukses

Kreatifitas Seorang Digipreneur Haruslah Tak Terbatas

Saat ini usaha di bidang digital dimasukkan dalam kategori industri kreatif. Itu karena dalam bidang ini memang dibutuhkan kreatifitas tingkat tinggi yang sangat berperan dalam sukses atau tidaknya sebuah perusahaan. Seseorang bisa menjadi kreatif dengan memiliki pemahaman yang baik dan up to date tentang dunia digital. Untuk memiliki pemahaman maka harus memiliki komitmen untuk belajar.

Seorang Digipreneur akan terus belajar dan meningkatkan kemampuan diri karena teknologi terus berkembang seiring berjalannya waktu. SEO, Media Sosial, Web Development, dll hanyalah bagian kecil dari hal – hal yang harus dipahami. Tapi sebelum menuju hal – hal yang rumit sebuah pepatah mengatakn bahwa kita harus memahami hal – hal yang mendasar terlebih dahulu. Hal – hal itu dapat dipelajari dalam Digital Entrepreneur Class yang diadakan oleh Leap Surabaya.

Multitasking adalah Keseharian Seorang Digipreneur

Cukup banyak digipreneur yang mengelola bisnisnya sendiri. Itu artinya mulai dari proses produksi hingga penjualan dilakukan secara single fighter. Dalam skala bisnis yang masih kecil hal ini bisa dilakukan agar sang pengusaha digital memahami setiap langkah bisnis yang dibangunnya. Proses untuk menjadi seorang multitasker adalah sebuah waktu di mana pil pahit kesalahan akan sering ditelan.

Menjadi seseorang yang multitasking ada batasnya yaitu saat skala bisnis telah cukup besar. Pada titik ini pengelolaan perusahaan harus dilakukan oleh tim sehingga proses perekrutan harus dilakukan. Kemampuan multitasking akan memberikan sebuah dasar yang baik untuk menerapkan strategi yang tepat untuk pengembangan perusahaan baik internal maupun eksternal.

Menemukan Usaha Yang Tepat Dan Potensial

Hal ini sebenarnya tidak hanya berlaku bagi seorang digipreneur namun pada semua entrepreneur. Menemukan bisnis yang tepat dan potensial adalah kunci awal kesuksesan. Perlu diingat bahwa memulai bisnis sesuai passion belum tentu merupakan bisnis yang tepat dan potensial. Saat ini menggunakan big data bisa menjadi salah satu cara bagi seorang calon digipreneur untuk menemukan apa yang sebenarnya sedang dibutuhkan oleh masyarakat, dari situ kemudian bisnis bisa dibangun.

Jadi tunggu apa lagi? Ayo mulai jadi digipreneur dari sekarang!

Hi! Suka dengan artikel ini? Bantu kami jadi lebih baik dengan memberi rating dan review di sini. Share artikel ini jika informasi yang ada bisa bermanfaat untuk kamu dan orang – orang disekelilingmu ya!

Digipreneur, Trend Pengusaha Sukses Masa Depan

One thought on “Digipreneur, Trend Pengusaha Sukses Masa Depan

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Open chat
Hi, Kami leap siap menjawab pertanyaan anda melalui WhatsApp