Instagram dan Instagram Shopping untuk Bisnis Kamu. Ini Manfaatnya!

Share This Post

Instagram dan Instagram Shopping untuk Bisnis Kamu. Ini Manfaatnya!

 

1.    Platform yang populer

Seperti yang kita tahu, Instagram sangat populer karena penggunanya yang begitu banyak. Kebanyakan dari pengguna tersebut, menghabiskan waktu rata-rata 28 menit sehari untuk menjelajahi app ini di tahun 2020. Dan sudah jadi hal yang lumrah, jika mayoritas pengguna Instagram mengikuti akun toko online atau brand favorit mereka di Instagram.

Tidak hanya itu, fitur yang paling digemari, yaitu ‘Stories’ digunakan oleh lebih dari 500 juta orang dalam sehari! Faktanya, generasi Millennial dan Gen-Z gemar mencari Stories dari produk dan layanan yang mereka ingin beli. Sekarang, Kamu tentu paham kenapa platform ini bisa jadi cara ampuh untuk mengenalkan dan mempromosikan bisnismu ke konsumen.

2.    Platform yang sangat visual

Sekitar 65% populasi penduduk merupakan pembelajar visual (visual learners), itulah mengapa platform seperti Instagram punya banyak penggemar sehingga aplikasi ini terbukti unggul untuk urusan memamerkan dan menjelaskan produk.

Dengan bantuan Instagram, sebuah bisnis dapat mem-branding dan membangun karakter bisnisnya. Sehingga, bisnis tersebut bisa menyasar target pasarnya.  Contohnya, sebuah toko online yang menjual pakaian menggunakan fitur Stories untuk memamerkan koleksi terbaru mereka. Dari Stories itu, follower mereka jadi tahu apa saja produk yang baru saja rilis. Dengan begitu, nantinya akan banyak orang yang kemudian tahu tentang produkmu. Kamu juga punya kesempatan untuk mendapatkan pelanggan dari cara itu.

Namun, jangan lupa untuk menuliskan link website atau kontak bisnismu di bio. Atau, jika Kamu memiliki follower lebih dari 10.000, Kamu bisa menggunakan fitur ‘Swipe Up’. Dengan fitur ini calon pelanggan akan lebih mudah melihat produkmu dan melakukan pembelian.

3.    Memiliki jangkauan yang luas

Instagram memungkinkan Kamu untuk menjangkau banyak orang dari seluruh dunia. Tentu saja, hal itu bisa terjadi karena app ini digunakan oleh orang-orang di berbagai negara di dunia.  Apalagi, kini Instagram memiliki fitur tab explore khusus untuk toko online. Dengan fitur ini, toko online memiliki jangkauan yang lebih besar ke para penggunanya. Karena jangkauannya yang luas, bisnismu tentu jadi punya kesempatan untuk menarik pelanggan dari luar negeri.

Nah, untuk memudahkan pelanggan dari negara mana pun untuk melakukan pembelian produk atau layanan Kamu, website bisa jadi solusi. Di bawah ini ada sedikit  tips yang bisa Kamu gunakan dalam berbisnis lewat website dan Instagram. Pro tip: Untuk memperkuat akun Instagram bisnismu, pastikan untuk menggunakan username yang sama dengan nama domain bisnismu. Caranya? Tinggal daftarkan nama domainmu dengan ekstensi domain baru seperti: .store, .tech, .site, .online, .fun, .space, dan lain-lain. Contohnya, nama domainmu adalah www.yourpower.com. Jadi, Kamu bisa menggunakan yourpower.site untuk username Instagrammu.

4.    Memungkinkan Kamu beriklan ke pelanggan potensial

Manfaat lain dari Instagram untuk bisnismu yaitu Instagram Stories Ads. Fasilitas ini bisa jadi cara terbaik untuk mengiklankan produkmu.

5.    Memberikan dukungan pada bisnis lokal

Meskipun merupakan platform populer di dunia, Instagram tetap mendukung bisnis lokal lho! Instagram memberikan fasilitas untuk menargetkan iklan Kamu ke lokasi geografi yang spesifik.

Bagaimana caranya? Kamu bisa melihatnya di bawah ini:

Langkah ke-1

Siapkan halaman Facebook lengkap dengan lokasimu di sana, lalu sambungkan ke Instagram.

Halaman Location Facebook

Langkah ke-2 

Tandai lokasimu di gambar dan iklan yang Kamu unggah. Dengan begitu, orang akan tahu bahwa bisnismu berada di dekat mereka.

cara mengatur lokasi geografis anda di facebook

  • Langkah ke-3

Perbarui pengaturan lokasimu dalam aplikasi Instagram untuk memberikan izin agar lokasimu bisa dilacak. Cara ini memastikan iklanmu dapat dilihat oleh orang lain yang berada di lokasi yang sama dan yang layanan lokasinya (location services) aktif.

cara mengatur lokasi geografis di instagram

6.    Memberikan komisi kepada pengguna

Masih ada satu lagi manfaat Instagram untuk bisnismu! Iklan ternyata bisa juga jadi kesempatan untuk memberikan komisi ke pengguna. Tujuannya tentu agar banyak orang tertarik dengan bisnismu.

Ada dua cara memberikan komisi yang terbukti efektif menarik lebih banyak pelanggan. Yaitu:

  • Undian Giveaway

Kamu bisa memberikan giveaway menarik untuk mereka yang membeli produkmu. Untuk memilih siapa yang pantas mendapat giveaway, kamu bisa mengundinya.

contoh undian giveaway instagram untuk bisnis

  • Kode kupon di Stories Ads

Kamu juga bisa memasukkan kode kupon di Stories Adsmu. Kamu tentu setuju bahwa tidak ada orang yang tidak suka diskonan, kan?

contoh kode kupon di stories ads

Dengan dua cara di atas, Kamu tidak hanya akan mendapat pelanggan baru. Bisnismu tentu bisa mendapat lebih banyak pelanggan setia. Sehingga, nantinya dapat menciptakan brand bisnis dengan loyalitas yang kuat.

Jadi tunggu apa lagi? Ayo, segera manfaatkan Instagram dan Instagram Shopping untuk bisnismu dan bantu kami jadi lebih baik dengan memberi rating di sini. Jangan lupa share artikel ini  jika informasi ini bermanfaat untuk kamu.

 

Instagram dan Instagram Shopping untuk Bisnis Kamu. Ini Manfaatnya!