Apakah anda pernah menonton Moneyball? Film yang diangkat dari kisah nyata mengenai seorang manajer muda Billy Beane (diperankan oleh Brad Pitt) yang memutar balik nasih sebuah tim olahraga ke arah kesuksesan dengan menggunakan metode unik pendekatan matematis dan statistika. Tahukah kamu bahwa saat ini banyak yang mengelola bisnis dengan pendekatan matematika dalam proses operasionalnya?

Matematika penting dalam bisnis. Faktanya, angka merupakan hal yang sabgat vital dalam bisnis. Pada akhir setiap tahun, kita melihat angka-angka—pendapatan, margin, biaya, keuntungan, dividen. Untuk sampai pada angka yang menguntungkan di akhir tahun, kita membutuhkan matematika di sepanjang perjalanan.
Artikel dari LEAP Surabaya ini akan menjelaskan peran penting matematika yang harus diketahui oleh setiap pelaku bisnis. Check It Out!
Cara – Cara Pengelolaan Bisnis Dengan Pendekatan Matematika
Pengambilan keputusan bisnis dengan pendekatan matematika
Saat ini, pengambilan keputusan membutuhkan dorongan ekstra. Membuat kesalahan bukanlah sesuatu yang kebanyakan bisnis tidak mampu lakukan karena tingkat persaingannya tinggi. Bisnis global memastikan bahwa pesaing atau pendatang baru akan memanfaatkan setiap kesalahan keputusan yang dibuat oleh bisnis. Sebuah bisnis harus membuat pilihan berbasis bukti untuk menghindari kerugian. Anda dapat menggunakan pengujian acak, probabilitas, dan kalkulus sederhana untuk membuat pilihan yang optimal.
Anda dapat mensimulasikan keputusan yang berbeda sebelum pengujian. Gunakan seluruh data yang dimiliki untuk membuat keputusan optimal. Dalam bisnis, Anda selalu memiliki lebih dari tiga pilihan. Pilihan paling populer adalah pengembalian rata-rata. Ini adalah teknik manajemen risiko yang rasional. Pilihan lainnya adalah pengembalian risiko maksimum dan minimum. Anda tidak dapat bekerja dengan opsi – opsi tersebut jika Anda tidak menggunakan perhitungan matematis yang tepat.
Pahami Algoritmanya
Saat ini, setiap kali keputusan dibuat, itu harus didasarkan pada informasi. Selain membuat keputusan, Anda perlu memahami metric atau algoritma yang mengikutinya. Setiap kali Anda berinvestasi dalam pemasaran, Anda ingin mengetahui laba atas investasi. Beberapa metrik sulit dipahami karena tidak memberikan penjelasan. Pemimpin bisnis yang cerdas harus dapat menjelaskan parameter lebih lanjut.
Anda akan melihat tabel yang berbicara tentang tayangan dan rasio klik-tayang. Angka-angka ini memainkan peran yang berbeda dalam upaya pemasaran. Jika perusahaan Anda tidak mengukur semua data ini, menganalisisnya, dan menggunakannya untuk meningkatkan kampanye di masa mendatang, perusahaan akan selalu mengalami kesulitan untuk bersaing.
Lakukan Pencatatan Mendetail Atas Semua Biaya
Bisnis harus memastikan bahwa struktur biaya mereka sebanding dengan pendapatan keseluruhan. Membiarkan biaya tumbuh secara tidak proporsional dapat merugikan bisnis. Untuk menjaga agar penggajian tetap terkendali, mengukur titik tengah dapat menentukan seberapa baik struktur penggajian Anda secara keseluruhan diatur. Hal yang sama berlaku dalam logistik, bahan baku, dan proses produksi.
Jika dapat mengetahui koordinat untuk bisnis, Anda dapat mencapai tingkat biaya yang optimal, sehingga meningkatkan profitabilitas perusahaan. Anda juga memerlukan angka titik tengah tersebut untuk mengetahui berapa banyak produk yang diperlukan untuk menutupi pengeluaran Anda. Atau apa yang harus dibebankan kepada pelanggan untuk mencapai titik impas.
Menggunakan Angka Untuk Strategi Psikologis Dalam Penjualan
Beberapa pelanggan akan lebih mudah membeli produk jika mereka pikir produk tersebut tersedia dengan harga diskon. Proporsi pelanggan seperti itu besar. Menetapkan penawaran diskon dan teknik pembelian massal dapat menghasilkan keuntungan besar jika dilakukan dengan baik. Anda harus memastikan bahwa pembeli percaya bahwa harga anda murah. Untuk melakukan itu, Anda perlu menghitung angka yang tepat untuk mengetahui tingkat harga mana yang menghasilkan pendapatan paling besar, dan dengan demikian menghasilkan keuntungan terbesar.
Beberapa perusahaan menerapkan diskon yang cerdik. Anda dapat menggunakan Rp. 170.845 atau Diskon 17 %. Anda pasti sering melihat harga seperti ini di supermarket, toko online, saluran streaming, dan banyak tempat lainnya. Ini adalah langkah psikologis terpopuler yang membuat seseorang percaya bahwa harganya sudah didiskon. Bahkan, harganya bisa lebih rendah dari Rp. 170.000 meski sebenarnya tidak. Begitulah cara orang memproses angka.
Bisnis adalah kumpulan dari banyak teka-teki matematika yang harus dipecahkan oleh setiap pemimpin bisnis. Saay membuat keputusan hari ini anda harus mempertimbangkan implikasinya untuk masa depan. Memberikan prioritas matematika dalam bisnis Anda memastikan bahwa semua keputusan diambil dengan tepat. Mengabaikan matematika dapat mengekspos perusahaan Anda pada pemikiran delusional, yang dapat menyebabkan kebangkrutan.
Selain Matematika, salah satu faktor lain yang dibutuhkan untuk kesuksesan pengelolaan bisnis adalah pengetahuan yang cukup apalagi di era bisnis online yang menjadi tonggak utama transaksi bisnis. LEAP Surabaya menyelenggarakan beberapa kelas online tentang bisnis yang dapat anda ikuti untuk membantu anda mengembangkan diri dalam menjadi seorang digipreneur.
Hi! Suka dengan artikel ini? Bantu kami jadi lebih baik dengan memberi rating dan review di sini. Share artikel ini jika informasi yang ada bisa bermanfaat untuk kamu dan orang – orang di sekelilingmu ya!


