fbpx

Social Entrepreneur : Berbisnis Untuk Dunia Yang Lebih Baik

Share This Post

Hal Salah satu nilai moral dari bulan Ramadan adalah didorongnya manusia untuk lebih menumbuhkan jiwa sosialnya. Hal ini diwujudkan dalam bentuk zakat yang menjadi salah satu kewajiban yang harus dilaksanakan pada bulan tersebut. Saat ini banyak orang mencari untuk mengejar jalur karir yang bermakna. Tak jarang orang yang memiliki bagaimana dunia seharusnya begitu jelas dan tidak bisa menahan keinginan untuk mencoba dan membangunnya sendiri. Orang – orang yang mencoba memberikan dampak bagi dunia lewat bisnis yang dibangunnya ini disebut Social Entrepreneur.

social entrepeneur untuk dunia yang lebih baik
social entrepeneur untuk dunia yang lebih baik

Apakah kamu termasuk golongan orang – orang tersebut? Atau adakah perasaan dalam hatimu untuk membuat perubahan? Berikut beberapa tips dari LEAP Surabaya untuk menjadi social entrepreneur yang bisa kamu coba untuk lakukan.

Tips Menjadi Social Entrepreneur

Langkah Awal Menjadi Social Entrpreneur : Kenali dan Selesaikan Masalah Yang Terjadi Di Sekitarmu

Hal apa yang membuatmu terjaga di malam hari? Apa yang membuatmu marah atau kesal? Apa yang membuatmu bersemangat? Ini adalah pertanyaan yang harus ditanyakan oleh setiap pengusaha termasuk social entrepreneur sebelum terjun ke usaha apa pun. Biasanya jika sesuatu membuatmu resah, akan ada orang lain yang merasakan hal yang sama. Jika orang-orang itu mudah ditemukan, kamu sedang melakukan sesuatu.

Bangunlah Komunitas Baru Untuk Bisnismu

Ketika kamu menemukan orang-orang yang peduli dengan masalah seperti yang kamu lakukan, kamu telah menemukan lingkunganmu. Ini adalah lingkungan yang tepat untuk menguji produkmu, mendapatkan umpan balik dari, dan yang paling penting mengurusi bisnismu. Komunitas ini akan membawamu melalui jalan yang berliku, membawamu melewati masa-masa yang tidak pasti saat kamu mencari tahu apa yang sebenarnya sedang kamu lakukan. Mereka adalah penggemar terbesarmu, pemandu sorakmu, kritikus terkerasmu, pelanggan pertamamu, dan koneksimu ke peluang di luar jangkauanmu.

Luncurkan Bisnismu Sesering Mungkin

Sangat menggoda untuk menahan diri dari berbagi produk atau ide baru dengan dunia sebelum disiapkan dengan sempurna. Produk terbaik tidak dibangun dalam ruang hampa. Mereka dibagikan lebih awal dan ditingkatkan. Jika Kamu memiliki 10 hari untuk meluncurkan produk, bagaimana kamu akan menghabiskan waktu itu? 9 hari membangun + 1 hari menjual? Tidak. Mulailah menjual sebelum membangun apa pun. Jual janji dan ide. Itu Tes 1. Kemudian bangunlah Produk Layak Minimum (MVP), versi paling dasar dari idemu.

Baik itu kuliner terbaru atau perangkat lunak baru atau solusi untuk pengelolaan sampah, semuanya sama. Jual, pelajari, perbaiki, jual lagi. Ulang. Social entrepreneur juga wajib melakukan ini. Semuanya bermuara pada waktu. Sebagian besar bisnis tidak memiliki banyak, jadi lakukan dengan bijak.

Bekerjalah Untuk Suatu Tujuan

Untuk seorang Social Entrpreneur memecahkan masalah besar secara berkelanjutan membutuhkan waktu, banyak waktu. Sebagian besar kesuksesan dalam semalam memiliki setidaknya 10 tahun kerja keras di belakang mereka sebelum mereka tiba-tiba menjadi terkenal. Jika Kamu tidak terlalu peduli dengan apa yang sedang Kamu bangun dan mengapa Kamu membangunnya, kecil kemungkinan Kamu akan memiliki energi untuk menyelesaikannya sampai akhir. Hal yang sama berlaku untuk tim yang Kamu miliki di sekitarmu, pastikan mereka percaya pada visi yang sama dengan semangat yang sama.

Social Entrepreneur Wajib Memanfaatkan Digital Marketing

Saat ini perkembangan platform digital untuk promosi bisnis semakin pesat. Setiap jalur dunia maya yang tersedia dapat dimanfaatkan untuk kepentingan tersebut. Mulai dari media sosial seperti Facebook, Instagram, TikTok, Youtube. Kemudian ada e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, dll. Semuanya bisa dimanfaatkan untuk kepentingan yang baik.

Jika kamu bingung cara melakukannya ada Kelas Digital Marketing dan beragam Kelas Online lainnya yang bisa kamu ikuti untuk mempelajari caranya.

Seorang Social Entrpreneur Juga Harus Memperhatikan Dirinya

Memulai sesuatu itu sulit. Memulai sesuatu yang benar-benar kamu pedulikan bahkan lebih sulit. Tekanan yang Kamu berikan pada diri sendiri untuk sukses akan berakhir lebih besar dari apa pun yang Kamu alami dalam karier rata-rata Kamu. Bebannya akan menjadi jumlah harapanmu sendiri, harapan orang lain, tekanan keuangan, ketidakpastian, kekhawatiran mengabaikan keluarga dan teman, kritik, pilihan tanpa akhir, pilihan terbatas, keramaian, keraguan. Selalu ingatkan dirimu mengapa Kamu memulai.

Berbaurlah dengan komunitasmu dan jujurlah dengan mereka. Terbuka pada keluarga dan teman-temanmu. Rayakan hal-hal kecil, momentum akan membawamu ke tempat yang ingin kamu tuju yaitu menjadi Social Entrepreneur.

Banggalah Dengan Dirimu

Kemungkinan Kamu punya ide. Sebuah visi tentang bagaimana dunia seharusnya. Dorongan untuk meninggalkannya di tempat yang lebih baik. Kebutuhan untuk mengubah dunia dan untuk mengubah diri Kamu sendiri dalam prosesnya. Perjalanannya sulit, tetapi fakta bahwa kamu masih membaca ini menunjukkan banyak hal tentang siapa kamu sebenarnya. Banggalah pada diri sendiri, ambil langkah itu dan bangun sesuatu yang penting.

Jadi, apa kamu siap menjadi seorang Social Entrepreneur?

Butuh informasi tentang programnya LEAP? Klik di sini untuk ngobrol langsung dengan admin

Social Entrepreneur : Berbisnis Untuk Dunia Yang Lebih Baik

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Superhero Yang Menggunakan Artificial Intelligence

Saat ini bioskop – bioskop di seluruh dunia termasuk Indonesia sedang dipenuhi oleh film – film superhero. MCU yang baru saja merilis Dr.Strange : Multiverse of Madness setelah ini akan merilis Thor : Love & Thunder, mereka juga masih menayangkan

Tidak Lulus SBMPTN : Ambil Gap Year Atau ?

Sudah move on kah dari SBMPTN? Jika hasilnya tidak sesuai harapan jangan khawatir, mungkin ini jalan hidup yang memang harus kamu lalui untuk melompat lebih tinggi. Kalau saat ini kamu sudah mulai kembali menata hati untuk masa depan, maka kamu

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch

Open chat
Hi, Kami leap siap menjawab pertanyaan anda melalui WhatsApp