Tips Digital Marketing untuk Bisnis Online

Share This Post

tips digital marketing

 

Bisnis online tidak terlepas dari platform digital sebagai sarana yang efektif untuk pemasaran. Beragam tips digital marketing untuk bisnis online dapat kita ketahui di berbagai medsos. 

Lalu seperti apa tips digital marketing yang tepat untuk bisnis modal kecil seperti UMKM, solopreneur, dan juga penjual produk digital? Yuk, kita selami lebih dalam.

 

Strategi Digital Marketing untuk Bisnis Online Baru

Bagi Anda yang baru memulai usaha online, hal penting untuk Anda lakukan adalah memanfaatkan media sosial. Jangkauan luas dari media sosial, memungkinkan bisnis Anda lebih cepat dikenal. 

Ada beberapa strategi digital marketing yang juga tidak boleh Anda lewatkan, yaitu sebagai berikut:

 

Riset Pasar 

Sebelum memulai usaha, ada baiknya Anda mengenal siapa target pasar Anda. Memahami kebutuhan pelanggan atau audiens termasuk riset pasar. Anda perlu mempelajari demografi target pasar Anda, seperti gender, umur, kebiasaan sosial dan kemampuan finansial. 

Hal ini sangat penting agar Anda mampu menyesuaikan potensi pelanggan dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan. 

Riset pasar juga termasuk ketahui apa saja masalah target audiens bisnis Anda. Nantinya, produk atau jasa yang Anda tawarkan akan menjawab permasalahan yang dimiliki target audiens sehingga peluang untuk diminati pun jadi lebih besar.

 

Membuat Iklan dan Branding di Media Sosial

Membuat iklan di media sosial menjadi strategi paling ampuh dalam digital marketing. Iklan dapat berbentuk foto, tulisan, dan video yang menarik. Anda bisa memanfaatkan fitur-fitur yang ada pada ponsel cerdas Anda untuk membuat konten yang ciamik.

Pada bagian ini, Anda sekaligus sedang membangun brand bisnis online Anda. Orang akan mulai mengenal brand Anda dari logo, warna, tagline, produk atau jasa yang ditawarkan serta informasi yang dibutuhkan. Anda bisa menggunakan desain website yang menarik untuk menguatkan ingatan audiens pada brand Anda.

 

Posting Konten Bermanfaat 

Konten iklan yang Anda buat tidak hanya memuat informasi mengenai barang atau jasa. Anda juga perlu menyematkan pesan bermanfaat bagi audiens. Ini adalah soft selling yang menjadi bagian dari tips digital marketing. Konten yang bersifat informatif dan edukatif lebih disukai pada era digital sekarang.

 

Media Sosial Interaktif 

Media sosial yang Anda gunakan sebagai digital marketing, tidak hanya berisi konten informasi. Upayakan agar adanya interaksi aktif antara pebisnis dan audiens. 

Anda bisa menggunakan template otomatis, agar pesan dari audiens bisa terjawab terlebih dahulu. Buatlah kuis atau polling agar calon pelanggan mudah menemukan apa yang mereka butuhkan dari brand Anda.

 

Kolaborasi dengan Influencer 

Tidak dipungkiri, adanya influencer sangat mendongkrak penjualan. Foto yang bagus, video yang tajam, live streaming yang dibantu oleh influencer makin meningkatkan kepercayaan audiens atas rekomendasi mereka.

 

tips digital marketing

 

Cara Menarik Audiens 

Hampir semua orang memiliki akun media sosial termasuk akun bisnis Anda. Cara menarik audiens di media sosial adalah dengan menyuguhkan konten yang menarik dan bermanfaat. Berikut adalah beberapa cara menarik audiens:

 

Storytelling 

Storytelling adalah seni bercerita. Storytelling tidak harus bercerita dan berbicara dalam arti yang sesungguhnya. Anda bisa menyusun kontennya dalam rangkaian tulisan atau video. Anda dapat menceritakan proses pembuatan produk yang Anda jual, jika itu dalam bentuk barang.

(Baca Juga: 3 Trik Menggunakan Threads untuk Digital Marketing)

Cerita yang dibuat bisa dalam bentuk masalah yang dialami target audiens lalu diselesaikan dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Konten yang sifatnya menceritakan proses pembuatan brand atau produk juga menarik. Sebagai pemilik bisnis, Anda pun dapat tampil dengan konsep personal branding.

 

Pancing dengan Pertanyaan 

Pernahkah Anda penasaran ketika melihat iklan yang dimulai dengan pertanyaan? Ini adalah cara memancing perhatian dengan mengajukan pertanyaan. Anda otomatis akan ikut berpikir untuk menemukan jawabannya. 

Cara menarik audiens seperti ini efektif untuk membuat audiens mngikuti iklan bisnis Anda sampai akhir. Ketika ada audiens yang menjawab, jangan hanya menjawab dengan kata ‘Yes’ dan ‘mantap’. Terlibatlah dengan jawaban mereka agar terbentuk interaksi hangat.

 

Menggunakan Testimoni 

Testimoni atau ulasan dari pelanggan lain sangat membantu agar cara menarik audiens makin efektif. Pengalaman dari pengguna atau pembeli lain akan memikat calon pembeli untuk makin yakin dan percaya dengan brand bisnis Anda.

Jangan ragu untuk meminta ulasan dari pelanggan Anda. Jika bisnis Anda masih sangat baru dan belum banyak pengguna, maka carilah orang-orang yang mau mencoba produk atau jasamu, kerjakan dengan sebaik mungkin dan barter dengan testimoni.

 

Potongan Harga dan Kemudahan Transaksi 

Bagi bisnis baru penting membuat promosi untuk menarik pelanggan. Diskon atau potongan harga dan free gift sangat diminati agar orang tertarik untuk membeli barang atau menggunakan jasa.

Proses membayar atau transaksi yang mudah juga menjadi pertimbangan calon pelanggan untuk bekerja sama dengan bisnis Anda. (Baca Juga: Aplikasi Android untuk Digital Marketing)

 

Kesimpulan 

Memulai bisnis online baru memerlukan strategi marketing atau metode pemasaran yang tepat sasaran. Tips digital marketing di atas merupakan cara efektif. Memahami kebutuhan pelanggan dan menarik perhatiannya menjadi strategi yang komprehensif.

Tips Digital Marketing untuk Bisnis Online