fbpx

2021 tersisa kurang lebih 4 bulan lagi dan situasi pandemi yang kita alami sejak tahun lalu masih belum juga mereda. Namun disela – sela itu perkembangan dunia teknologi terus berjalan maju. Berbagai solusi dan isu terkait bidang ini menjadi topik bahasan yang menarik bagi banyak pihak khususnya para digipreneur. Salah satunya adalah tentang trend teknologi yang berkembang dan diprediksi akan terus menjadi fokus perhatian hingga beberapa waktu ke depan.

trend teknologi masa kini yang akan berlanjut ke masa depan. digipreneur wajib mengetahui ini
trend teknologi masa kini yang akan berlanjut ke masa depan. digipreneur wajib mengetahui ini.

Trend teknologi ini tidak selalu hal yang baik, ada juga hal tidak menyenangkan yang wajib diperhatikan oleh mereka yang berkecimpung dalam bidang ini terutama Digipreneur. Artikel dari LEAP Surabaya ini akan menjelaskan apa saja trend – trend teknologi tersebut untuk kamu.

Trend Teknologi Yang Diprediksi Akan Berlanjut Hingga Masa Depan

Trend Teknologi Paling Berkembang Saat Ini : Internet of Behavior (IoB)

Internet of Behavior (IoB) adalah penggunaan data dan teknologi untuk mengubah perilaku orang. Teknologi telah digunakan untuk mempengaruhi perilaku untuk waktu yang sangat lama, tetapi selama pandemi IoB dipersiapkan sebagai sebuah konsep yang matang. Monitor video telah digunakan untuk memantau pemakaian masker. Tag identifikasi frekuensi radio (RFID) dan sensor posisi digunakan untuk melacak kepatuhan jarak sosial. Sensor termal membantu memantau suhu seseorang jika seseorang keluar di tempat umum saat sakit.

Pada tahun 2020 dan 2021 kita telah melihat penggunaan IoB yang lebih luas dalam konteks manajemen pandemi, tetapi kita mungkin akan melihat aplikasi trend teknologi ini di bidang yang lain.

Netralitas Karbon

2020 dan 2021 bukan hanya bencana bagi kesehatan dan keselamatan public. Nadai yang tidak sesuai musim dan kuat, kebakaran hutan yang tidak terkendali, dan pencairan es kutub adalah sinyal bahwa kondisi Bumi semakin parah. Para ilmuwan telah memprediksi konsekuensi yang mengerikan jika tidak ada yang dilakukan.

Perusahaan teknologi saat ini ikut berpartisipasi aktif dalam menanggulangi dampak perubahan iklim. Microsoft menjadi negatif karbon, yang berarti secara aktif menghilangkan lebih banyak emisi karbon dioksida daripada yang dihasilkannya selama ini. Ini adalah langkah berani bagi perusahaan yang memproduksi ratusan ribu perangkat setiap tahun.

Bukan hanya Microsoft yang melakukan upaya menuju perubahan iklim yang positif ini. Intel bekerja untuk memulihkan habitat laut, Intuit pembuat TurboTax dan Quickbooks, telah berjanji untuk menjadi karbon negatif pada tahun 2030.
Semoga lebih banyak perusahaan dapat dan harus melangkah untuk menghilangkan — atau bahkan mengurangi — emisi karbon dan membuat lebih banyak keputusan yang mendorong pemenuhan udara dan air bersih untuk planet ini.

Memerangi Perilaku Beracun Online Yang Merupakan Trend Teknologi Negatif

Dari Twitter hingga Twitch hingga bagian komentar di Instagram, internet penuh dengan orang-orang yang berperilaku tidak baik dan menyalahgunakan serta menyerang orang lain secara verbal. Meskipun banyak keluhan, perusahaan yang menjalankan platform ini jarang mengambil tindakan yang lebih keras daripada melarang beberapa individu dan memposting pesan peringatan tentang konten.

Semakin banyak perusahaan yang menentang toksisitas dalam upaya melindungi basis pengguna yang lebih besar. Sony, Microsoft, dan Nintendo bersatu untuk menekan toksisitas online dan membuat platform mereka lebih aman bagi pemain yang lebih muda. Setelah banyak kritik publik, Twitter juga mengambil sikap dan melarang posting yang tidak manusiawi sehubungan dengan penyakit, serta mengaudit akun pengguna yang menyebarkan ujaran kebencian dan informasi yang salah, bahkan termasuk akun eks presiden Amerika Serikat, Donald Trump. Reaksi terhadap trend teknologi negatif ini diharapkan terus meluas dalam beberapa waktu ke depan. Digipreneur harus ambil bagian dalam usaha ini.

Hiperotomatisasi

Sebagian besar organisasi adalah gabungan dari proses analog dan digital. Sementara solusi digital meningkatkan efisiensi, kecepatan, dan produktivitas, selalu ada tempat di mana suatu proses dapat lebih ditingkatkan.

Hyperautomation adalah proses menyederhanakan, mendigitalkan dan merampingkan suatu proses sehingga dapat ditangani secara otomatis melalui solusi berbasis perangkat lunak. Pembelajaran mesin menangani pohon logika di balik proses apa pun — jika A, lalu B — sementara alat otomatisasi mengoordinasikan dan menggabungkan sebanyak mungkin tumpukan teknologi. Semakin berulang atau dapat diprediksi suatu proses, semakin mudah untuk diotomatisasi.

Tujuannya adalah digitalisasi dan otomatisasi penuh dari proses operasional. Jika trend teknologi hyperautomation berhasil, maka perusahaan dapat merealokasi karyawan ke posisi yang lebih dibutuhkan.

Menormalkan Pekerjaan Jarak Jauh

Kondisi saat ini memaksa banyak perusahaan menjalankan setidaknya sebagian program kerja dari rumah. Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa 80% pemimpin perusahaan berencana untuk melanjutkan pekerjaan jarak jauh setelah pandemi. Sementara sebagian besar perusahaan kemungkinan akan kembali bekerja di tempat ketika aman untuk melakukannya, manajemen mungkin lebih terbuka terhadap pengaturan kerja alternatif untuk karyawan mereka di masa depan.

Ini berarti bahwa bisnis perlu memperluas infrastruktur IT mereka sehingga mereka dapat mendukung pengaturan kerja. Lebih banyak mesin virtual, penyesuaian firewall perusahaan, lebih banyak perangkat portabel, dan satu atau dua langganan Zoom.

Bagi kamu yang ingin berkecimpung di dunia bisnis online dan teknologi, kamu dapat mengikuti berbagai kelas online dan kelas digipeneur yang diselenggarakan oleh LEAP Surabaya. Ilmu yang kamu dapatkan nantinya dapat kamu gunakan untuk mempersiapkan diri menghadapi perkembangan trend teknologi yang akan terus terjadi.

Hi! Suka dengan artikel ini? Bantu kami jadi lebih baik dengan memberi rating dan review di sini. Share artikel ini jika informasi yang ada bisa bermanfaat untuk kamu dan orang – orang di sekelilingmu ya!

Trend Teknologi Masa Kini Dan Masa Depan Yang Wajib Kamu Antisipasi

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Open chat
Hi, Kami leap siap menjawab pertanyaan anda melalui WhatsApp