fbpx

World Mental Health Day : Karena Menjaga Kesehatan Mental Itu Penting

Share This Post

Kehidupan saat ini memunculkan semakin banyak tantangan. Tak jarang tantangan – tantangan tersebut tak hanya mengurasi energi fisik namun juga mental seseorang. Situasi yang kadang tak bersahabat, keputusan – keputusan sulit yang harus diambil serta banyak hal lain yang saling terkait menimbulkan munculnya masalah – masalah dalam diri seseorang. Di World Mental Health Day 2022 ini, LEAP mau mengajak kamu memahami bahwa menjaga kesehatan mental itu penting.

Dalam menjalani hidup kita seringkali diingatkan untuk menjaga kesehatan. Caranya mulai dari rajin berolahraga, makan makanan yang bergizi hingga mencukupi waktu tidur/istirahat. Lalu bagaimana dengan kesehatan mental? Bagaimana cara menjaganya agar tetap berada dalam kondisi yang baik?

menjaga kesehatan mental di world mental health day
menjaga kesehatan mental di world mental health day

Hal – Hal Sederhana Yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Menjaga Kesehatan Mental

Lakukan Seperti Menjaga Kesehatan Fisik : Makan Teratur, Olahraga, Istirahat Yang Cukup

Betul sekali, istilah latin “Men Sana In Corpore Sano” yang dikutip dari puisi “Satire X” karya Juvenal seorang sastrawan Roman masih berlaku hingga saat ini. Memiliki fisik yang terjaga kesehatannya akan membantu kita memiliki pikiran yang baik pula. Kamu tidak butuh makan sesuatu yang mahal, olahraga di gym atau tidur dengan segala macam aromaterapi.

Makanlah masakan – masakan rumah yang bahannya bisa kamu temukan dengan mudah di pasar. Jika kamu tidak sempat berolahraga cobalah untuk bersepeda ke sekolah atau ke kantor atau ke pasar. Tidur yang baik adalah tidur yang cukup yaitu sekitar 6-8 jam, cobalah untuk tidur mulai sebelum jam 10 malam. Lakukan hal ini secara konsisten dan rasakan dampak positifnya pada tubuh dan pikiranmu.

Menjaga Kesehatan Mental Lewat Kesibukan Positif

Kapan terakhir kali kamu melakukan sesuatu untuk orang lain? Untuk lingkungan sekitarmu?. Kamu dapat memulai langkah sederhana dengan membantu orang tua mengerjakan pekerjaan rumah, memungut sampah yang dibuang sembarangan di jalan lalu membuangnya pada tempat yang seharusnya, dll.

Jika kamu ingin melakukan sesuatu yang lebih maka kamu dapat bergabung dengan komunitas atau gerakan sosial-lingkungan yang ada di sekitarmu. Saat ini informasi mengenai komunitas sosial dapat dengan mudah kamu temukan, bergabung dengan mereka bukan hanya akan membuat mentalmu sehat tapi juga membuatmu lebih peka terhadap isu-isu sosial dan lingkungan.

Jika Merasa Tak Nyaman, Jangan Ragu Cari Bantuan Profesional

Jangan pernah melakukan self-diganose. Untuk melakukan perawatan kesehatan mental yang terganggu ada ilmu yang harus dipelahari terlebih dahulu, dan itu artinya ada orang – orang profesional yang mendedikasikan dirinya untuk membantu kita merawat dan menjaga kesehatan mental.

Saat ini kamu dapat dengan mudah menemukan layanan psikologi atau psikiatri yang dapat membantumu menghadapi situasi yang mengganggu mentalmu. Kamu juga tidak perlu takut, ragu atau malu. Karena dengan menemui mereka itu artinya kamu peduli pada dirimu sendiri dan siap untuk jadi lebih baik lagi.

 

 

World Mental Health Day : Karena Menjaga Kesehatan Mental Itu Penting

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Open chat
Hi, Kami leap siap menjawab pertanyaan anda melalui WhatsApp