Di era digital yang semakin berkembang saat ini, banyak bisnis kecil dan kuliner masih belum memiliki website bahkan ada yang tidak memiliki media sosial sama sekali. Hal ini bisa jadi karena kurangnya pemahaman bahwa digital marketing bisa memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap bisnis kuline. Apakah Anda sudah memikirkan strategi untuk menerapkannya?

Mengunggah foto, video dan postingan blog dapat memberikan pengaruh besar untuk usaha kuliner Anda, agar semakin dikenal melalui website. Hal tersebut harus dibarengi dengan strategi digital marketing yang tepat.
Coba terapkan strategi berikut ini untuk membuat postingan Anda lebih menarik, sehingga banyak pelanggan menemukan bisnis dan memesan menu yang anda jual.
5 Strategi Digital Marketing Untuk Bisnis Kuliner
Langkah Awal Digital Marketing Bisnis Kuliner Melalui Search Engine
Langkah pertama Anda untuk mendapatkan pelanggan adalah memunculkan nama kuliner Anda dalam hasil pencarian mereka. Anda perlu mencantumkan keyword Anda sesering mungkin agar digital marketing untuk bisnis kuliner Anda makin mudah ditemykan. Pastikan Anda juga menyertakan keterangan atau istilah lokal untuk menjangkau target pasar yang sesuai.
Contohnya, “Kedai Kopi Asli Belitong di Surabaya”. Anda pun bisa membuat blog untuk membantu mengarahkan traffic ke website Anda, dengan menggunakan keyword yang berisi promosi dan kegiatan bisnis kuliner anda.
Mengelola Media Sosial Dengan Cerdas
Jika usaha Anda tidak memiliki akun media sosial, maka Anda melewatkan satu kesempatan besar untuk digital marketing bisnis kuliner Anda. Memiliki media sosial penting agar bisnis kuliner anda semakin dikenal oleh banyak orang. Saat ini banyak sekali tempat kuliner yang mengunggah foto-foto terbaik menu mereka, sehingga Anda perlu menerapkan trik yang berbeda. Anda bisa mempersiapkan tim khusus untuk mengelola media sosial bisnis Anda. Atau anda bisa juga mengubungi tim @Antiribetsby dari LEAP Surabaya untuk membantu mengelola website dan media sosial bisnis anda.
Menggunakan Email dan Chat Apps untuk Promosi
Meski terkesan jadul namun Anda tidak boleh menepikan email dan aplikasi chatting sebagai sarana digital markting untuk promosi bisnis kuliner Anda. Dengan menggunakan data pelanggan Anda bisa mengirimkan email atau broadcast message yang berisi promo menarik, serta penawaran produk terbaru usaha kuliner Anda.
Hal ini akan membantu pelanggan anda mendapatkan info terbaru tentang bisnis anda bahkan membantu mempromosikannya ke orang – orang lain diluar jejaring yang telah anda miliki.
Membuat Video untuk Iklan Penting Untuk Digital Marketing Bisnis Kuliner
Sebuah data menyebutkan bahwa hampir setengah pengguna media sosial di seluruh dunia menonton konten video setiap hari. Rata-rata video tersebut termasuk iklan berdurasi sepuluh hingga enam puluh detik. Platform media sosial berbasis video seperti Tik Tok dan Youtube saat ini menempati posisi teratas penggunaan media sosial. Saat ini sudah mulai bermunculan konten digital marketing bisnis kuliner yang dirancang untuk multiplatform.
Anda perlu membuat video yang berkualitas profesional. Konsep video kuliner Anda juga tergantung pada konten yang ingin Anda sampaikan ke audience. Jika ingin menampilkan dapur restoran Anda yang sibuk atau suasana ramai pengunjung, merekam video dengan kamera smartphone saja sudah cukup. Namun, kalau Anda ingin mengenalkan menu baru maka perlu tenaga videomaker profesional untuk membantu anda.
Bekerja Sama dengan Influencer
Rekomendasi dan word of mouth selalu menjadi strategi yang utama dalam marketing. Tapi jangan sampai anda hanya duduk tenang dan menunggu pelanggan datang lalu memberi komentar tentang kuliner yang Anda hidangkan. Anda perlu menerapkan strategi digital marketing yang juga termasuk langkah promo bisnis kuliner Anda. Mengundang influencer untuk datang kemudian bersantap di tempat kuliner Anda bisa menjadi pilihan. Tunjukkan menu terbaru Anda serta pilihan yang menjadi favorit pelanggan. Sebelum itu Anda wajib memastikan yakni influencer Anda memiliki pengikut real yang kuantitas dan profilnya sesuai dengan target pasar kuliner anda.
Hi! Suka dengan artikel ini? Bantu kami jadi lebih baik dengan memberi rating dan review di sini. Share artikel ini jika informasi yang ada bisa bermanfaat untuk kamu dan orang – orang disekelilingmu ya!


