Mau Bikin Konten Media Sosial Instagram untuk Toko Online? Ini Rahasianya

Share This Post

Konten merupakan inti dan hal utama yang wajib ada di dunia digital. Mengingat cara komunikasi dan promosi masa kini yang didominasi dilakukan pada media online, utamanya Instagram. Instagram menjadi salah satu platform media sosial terbesar setelah Facebook. Memiliki konten media sosial Instagram yang menarik bukan lagi menjadi sebuah pilihan. Hal itu adalah sebuah kewajiban jika kamu ingin menggunakan Instagram sebagai platform utama untuk melakukan pemasaran produk maupun jasa.

Konten Media Sosial Instagram
Membuat Konten Media Sosial Instagram

Lalu bagaimana cara membuat konten Instagram yang menarik dan dapat menarik lebih banyak pengguna Instagram agar mengikuti akun Instagram bisnis kita?

5 Tips Membuat Konten Sosial Media Instagram

Rencanakan Konten Secara Berkala

Untuk dapat menampung ide-ide kreatif dalam membuat konten, alangkah baiknya jika kamu menyusunnya di dalam sebuah konten kalender atau sering juga disebut dengan content planning. Adanya konten kalender ini akan mempermudah kamu dalam menyusun setiap konten yang akan kamu unggah setiap bulannya di Instagram. Kamu bisa mengkombinasikan konten bulanan yang beragam, misalnya kamu ingin membuat jadwal unggah setiap 3 sampai 4 kali seminggu atau mungkin setiap hari.

Kamu bisa mengkombinasikan tiap konten yang akan kamu unggah, mungkin di mulai dari foto produk, post keunggulan produk, post fasilitas, game, quiz, dan lain sebagainya. Jadi akun Instagram bisnis yang kamu kelola akan tampak lebih terstruktur dan konsisten dan bahkan lambat laun kedepan bisa menjadi sebuah ciri khas jika kamu lakukan pola yang mirip setiap bulannya. Hal ini juga akan memudahkan pengikutmu dalam mengenal akun Instagrammu melalui konten yang kamu bawakan.

Buatlah Konten Media Sosial Yang Relevan dan Terkini

Konten Instagram yang relevan juga merupakan kunci yang harus kamu terapkan dalam membuat sebuah konten di sosial media Instagram. Setiap postingan yang diunggah haruslah sesuai dengan produk atau jasa yang kamu kenalkan ke audience melalui akun Instagram tersebut.

Ketika kamu telah menyesuaikan konten yang akan dibuat dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan, maka untuk dapat mengemasnya menjadi konten yang menarik akan lebih mudah. Hal ini karena kamu telah memahami tujuan dari konten yang akan kamu unggah, apakah itu akan berfungsi sebagai brand awareness, memberi informasi, mengedukasi, menawarkan promo untuk konversi dan lain sebagainya. Ketika tujuan dari konten sudah nampak jelas, maka kamu hanya perlu memikirkan bagaimana cara mengemas kontenmu menjadi menarik dan mudah dipahami oleh audience.

Jangkaulah Semua Orang

Untuk mendapatkan jangkauan yang luas, pengikut yang beragam dan mudah dipahami, maka penting untuk memastikan apakah konten yang akan kamu buat dapat menjangkau audience yang luas pula. Kamu harus menyesuaikan konten yang kamu buat sesuai dengan berbagai segment market dari kalangan bawah, menengah, dan atas.

Pemilihan kontennya dapat kamu sesuaikan dengan tujuan dari unggahan konten tersebut. Apakah untuk awareness, menginformasi, mengedukasi atau menawarkan promo untuk menaikkan konversi. Pastikan konten yang kamu buat dapat menggerakkan audience untuk melakukan tindakan yang kamu ingin mereka lakukan terhadap postingan dari konten Instagram bisnismu.

Hadirkan Sudut Pandang Yang Berbeda

Untuk dapat berinteraksi dan menaikkan engagement pada akun Instagram bisnismu, terkadang kamu perlu membuat konten dengan bahasan topik-topik dari sudut pandang yang berbeda. Namun, usahakan topik tersebut tetap masih relevan dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan. Bahas suatu topik dan minta lah pendapat dari mereka yang dapat mereka tuliskan pada kolom komentar. Semakin banyak like dan comment yang kamu dapatkan maka semakin tinggi pula engagement pada akun Instagram bisnismu.

Selain itu hal ini juga dapat kamu terapkan pada fitur Instastory yang tersedia. Kamu bisa gunakan berbagai fitur pendukungnya seperti voting, Q&A, Quiz, dan lain sebagainya. Jika memungkinkan pastikan kamu memberikan feedback atau tanggapan pada setiap respon dari audience. Sehingga mereka merasa dekat dan kedepan dapat berpotensi menjadi customer atau client yang loyal terhadap produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Gunakan Desain Yang Unik, Menarik dan Memiliki Karakter Untuk Konten Media Sosial

Konten tulisan tanpa didukung dengan konsep desain yang sesuai tentu akan sulit menarik perhatian audiens. Karena saat melihat konten pertama kali, orang akan terhenti dan mau melihat isi konten jika desain dari postingan itu menarik. Jadi percuma saja jika kamu membuat konten teks yang menarik jika tidak pula didukung oleh desain yang eye catching. Penting bagimu juga memperhatikan pemilihan warna desain dominan yang akan kamu gunakan, apakah itu bernuansa biru, merah, hijau dan lain sebagainya.

Pastikan pula kamu memiliki stok foto yang cukup untuk dimasukkan ke dalam desain, karena akan lebih baik jika kamu menggunakan aset foto milik pribadi dibandingkan mengambil dari platform penyedia foto yang ada apalagi jika langsung menggunakan foto-foto yang ada di Google. Hal ini akan sangat mempengaruhi kredibilitas akun bisnismu dan menghindari potensi penggunaan foto serupa pada akun Instagram lain.

Buatlah Jadwal Unggahan Yang Konsisten

Setelah kamu membuat rencana konten, buatlah jadwal posting yang konsisten dan sama. Usahakan kamu mengunggah setiap post sesuai dengan jadwal publishnya. Hal ini akan membuat akun Instagram bisnismu memiliki karakter di mata audience. Kika setiap konten yang kamu buat dapat menarik perhatian, audiencemu akan menantikan setiap postingan dari akun bisnis yang kamu kelola. Untuk lebih mempermudah, kamu bisa menggunakan tools scheduling dengan Creator Studio Facebook atau platform pihak ketiga lainnya yang berbayar.

Hal ini juga dapat membantumu dalam membuat report bulanan untuk melihat perkembangan dari hasil post yang telah kamu posting setiap bulannya. Kamu dapat memperhatikan kenaikan jumlah follower, engagement, jangkauan bahkan impresi dari audience terhadap tiap post yang kamu unggah. Sehingga setiap bulannya kamu dapat mengetahui apa yang disenangi oleh audience sehingga memudahkanmu membuat strategi yang lebih sesuai dan tertarget.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk membuat konten sosial media Instagram akun bisnismu. Cobalah langkah-langkah di atas dan terapkan langsung pada akun Instagram yang kamu kelola. Jangan lupa melakukan riset pada akun-akun Instagram lain untuk memperoleh insight atau inspirasi untuk postingan konten yang akan kamu unggah.
Namun, jika kamu merasa kesulitan dan tidak memiliki waktu yang cukup untuk fokus mengurus akun Instagram bisnismu. Tim @antiribetsby dari LEAP siap membantumu mengelola akun media sosial dan websitemu!

Hi! Suka dengan artikel ini? Bantu kami jadi lebih baik dengan memberi rating dan review di sini. Share artikel ini jika informasi yang ada bisa bermanfaat untuk kamu dan orang – orang disekelilingmu ya!

Mau Bikin Konten Media Sosial Instagram untuk Toko Online? Ini Rahasianya