Kisah Inspiratif Alumni LeapXperience yang Menjadi Perwakilan Indonesia di Design For Change Student Council

Share This Post

Kisah Inspiratif Alumni LeapXperience yang Menjadi Perwakilan Indonesia di Design For Change Student Council
Kisah Inspiratif Alumni LeapXperience yang Menjadi Perwakilan Indonesia di Design For Change Student Council

 

Design for Change (DFC) adalah gerakan perubahan terbesar yang dipimpin oleh dan untuk anak-anak di seluruh dunia. Gerakan ini didorong oleh jaringan global pemimpin komunitas yang penuh semangat. Mulai dari pengusaha sosial, desainer, dan pendidik yang berkomitmen untuk menumbuhkan keyakinan ‘SAYA BISA’ pada semua anak.

Dengan menggunakan kerangka kerja sederhana dan terbukti yang disebut ‘Feel, Imagine, Do, dan Share’ (FIDS). Anak-anak di seluruh dunia diberdayakan dengan keterampilan untuk merancang masa depan yang lebih diinginkan dan berkelanjutan.

Gerakan ini mendorong anak-anak untuk merasakan masalah di sekitar mereka, membayangkan solusi, bertindak untuk mewujudkannya, dan berbagi cerita inspiratif mereka. Dengan pendekatan ini, Design For Change memberikan platform bagi anak-anak untuk menjadi agen perubahan yang aktif dalam mewujudkan dunia yang lebih baik, baik bagi diri mereka sendiri maupun masyarakat global.

Neerzara Syarifah Alfirazi perwakilan Indonesia di Student Council Design for Change

 

Neerzara Syarifah Alfirazi
Neerzara Syarifah Alfirazi

 

Kisah inspiratif Neerzara Syarifah Alfirazi, seorang alumni LeapXperience dari LEAP English & Digital Class. Neerzara berhasil menembus batas-batas negara dan duduk sebagai perwakilan Indonesia di Student Council Design for Change (DFC).

Neerzara, dengan semangatnya melalui Waste Warrior, memimpin aksi nyata untuk mengatasi masalah limbah makanan di Indonesia, memberikan teladan bagi generasi muda tentang pentingnya tindakan nyata dalam membuat perubahan positif.

Stories of Change yang diusung Neerzara Syarifah Alfirazi

 

design for change 3

 

Neerzara Syarifah Alfarizi berhasil menciptakan perubahan positif dengan menghadapi tantangan, berimajinasi solusi, bertindak, dan berbagi pengalaman mereka.

Melalui kampanye media sosial dan podcast, Neerzara berhasil menyadarkan masyarakat, terutama remaja, tentang pentingnya mengurangi limbah makanan dan bertanggung jawab terhadap konsumsi dan produksi yang berkelanjutan.

Langkah-langkah ini sejalan dengan tujuan global untuk konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab. Selain itu, menjadi inspirasi bagi orang lain untuk mengambil tindakan positif dalam mewujudkan perubahan yang diinginkan.

Berikut Story of Change yang diusung oleh Neerzara Syarifah Alfarizi melalui Waste Warrior:

Langkah 1: Feel (merasakan tantangan)

  • Tantangan yang dirasakan:

Neerzara merasa terganggu oleh banyaknya limbah makanan dan kurangnya kesadaran masyarakat tentang dampaknya.

  • Permasalahan yang dipilih dan alasannya:

Masalah yang dipilih adalah kurangnya kesadaran masyarakat tentang dampak limbah makanan karena dianggap menjadi akar dari berbagai masalah terkait limbah makanan.

Langkah 2: Imagine (membayangkan dengan memberikan solusi)

  • Solusi yang ditawarkan:

Neerzara menciptakan organisasi nirlaba yang bergerak dalam mengatasi masalah limbah makanan dan membuat kampanye melalui media untuk meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya remaja.

  • Solusi yang dipilih:

Neerzara memilih membuat kampanye melalui media karena percaya bahwa remaja saat ini banyak menggunakan media sosial, sehingga menganggap kampanye melalui media sosial dan podcast akan memberikan dampak yang paling cepat.

Langkah 3: Do (bertindak)

  • Proses implementasi solusi:

Pertama, Neerzara merencanakan cara yang tepat dan meneliti platform apa yang harus digunakan untuk mencapai tujuan mereka.

Kemudian, setelah memilih platform, yaitu Instagram, mereka menetapkan topik yang akan dibahas.

Setelah memutuskan topik, mereka meluncurkan podcast pertama dalam bentuk Instagram live, berkolaborasi dengan akun yang juga fokus pada limbah makanan.

  • Hasil atau dampak yang dihasilkan:

Sebanyak 20 orang bergabung dalam podcast mereka dan memberikan komentar.

Langkah 4: Share (berbagi)

  • Cara berbagi proyek:

Proyek ini dibagikan dengan anggota organisasi mereka (Forum Anak Surabaya atau Children Forum Surabaya), dan tanggapan mereka sangat positif.

  • Jumlah orang yang terpengaruh:

Antara 10-20 orang mendengarkan cerita perubahan mereka.

Kesimpulan

Melalui kisah inspiratif yang diusung oleh Neerzara Syarifah Alfarizi, kita belajar betapa pentingnya kesadaran akan masalah lingkungan dan keterlibatan aktif dalam membuat perubahan positif.

Di LEAP, kami memahami betapa pentingnya mendukung semangat inovatif dan tindakan nyata seperti yang ditunjukkan oleh Neerzara. Mari bersama-sama membangun generasi yang peduli lingkungan dan siap mengambil langkah-langkah konkret untuk masa depan yang lebih baik.

Dalam artikel ini, kita memperoleh wawasan mendalam tentang perjalanan Neerzara dalam mengatasi masalah lingkungan, memperluas pemahaman kita tentang peran LeapXperience dan peran penting LEAP English & Digital Class dalam mendidik generasi masa depan yang bertanggung jawab dan inovatif.

Kisah Inspiratif Alumni LeapXperience yang Menjadi Perwakilan Indonesia di Design For Change Student Council