fbpx

Publik Surabaya dan pencinta es krim mendadak heboh saat tiba – tiba muncul pemberitaan bahwa Toko Es Krim Zangrandi akan berhenti beroperasi. Toko Es Krim Italia yang berlokasi di tengah kota Surabaya ini memang menjadi sebuah icon meski banyak bisnis es krim yang bermunculan. Pemberitaan itu sendiri kemudian diralat setelah manajemen Zangrandi merilis berita bahwa penghentian operasi sifatnya hanya sementara. Tahukah kamu jika selain Zangrandi ada beberapa bisnis legendaris Indonesia lainnya yang telah bertahan melintas zaman?

3 Bisnis Legendaris Indonesia
Bisnis Legendaris Indonesia Penyintas Jaman

Semua orang yang berbisnis tentu menginginkan agar bisnis yang dibangunnya bisa berkelanjutan bahkan bertahan hingga puluhan atau ratusan tahun. Kita bisa belajar dari bisnis – bisnis yang berumah di Nusantara yang telah ada lebih dari 50 tahun ini bagaimana mereka bisa bertahan dari waktu ke waktu.

Bisnis Legendaris Indonesia Berusia > 50 tahun

Sebelum Ada Coca Cola, Kita Punya Badak!

Tahukah kamu jika Coca Cola pertama kali masuk Indonesia pada tahun 1927? Pabriknya sendiri baru berdiri di Jakarta pada tahun 1932. Kurang lebih 9 tahun sebelum Coca Cola masuk, Indonesia sudah memiliki minuman bersoda dalam kemasan dengan nama Merek Cap Badak. Minuman ini dihasilkan oleh NV Ijs Fabriek Siantar yang berdiri sejak tahun 1916 di Pematang Siantar, Sumatera Utara.

Bisnis Legendaris Indonesia yang satu ini bisa dibilang inovasinya sudah mendahului The Coca Cola Company. Karena jauh sebelum produk Fanta muncul di tahun 1941, Cap Badak sudah lebih dahulu memproduksi minuman bersoda dengan rasa jeruk, anggur, sarsaparilla juga soda murni.

Ready Steady Roti Go

Bagi kamu yang suka dengan novel tentu tidak asing dengan kata “Madre” yang menjadi judul novel karya Dee Lestari. Madre atau Biang Roti adalah salah satu bahan pembuatan roti dengan metode lawas. Metode ini masih dipertahankan oleh bisnis legendaris toko roti tertua di Indonesia yang berlokasi di Purwokerto, Roti Go.

Toko roti yang telah berdiri sejak tahun 1898 ini masih beroperasi hingga saat ini dengan mempertahankan metode pembuatan roti tradisional. Mereka bahkan masih menggunakan pemanggang roti tradisional yang mereka pakai untuk memproduksi roti. Alasannya agar aroma asli dapat terus dipertahankan dan pelanggan setia tidak kecewa.

Mengecap Kecap Cap Orang Jual Sate

Berdiri di Probolinggo sejak tahun 1888, kecap ini adalah hasil karya bisnis legendaris Indonesia yang tak lekang oleh waktu. Rasa manisnya yang khas membuatnya banyak disukai, baik untuk konsumsi rumah tangga maupun untuk mereka yang memiliki bisnis kuliner terutama sate. Meski saat ini banyak merek kecap yang lebih terkenal namun merek kecap yang satu ini terus diburu oleh penikmat kuliner lokal.

Ketiga bisnis legendaris Indonesia di atas telah berusia lebih dari 100 tahun. Mereka berusaha keras mempertahankan cita rasa yang mereka miliki agar pelanggan tidak pergi. Selain itu mereka juga terus berevolusi dari segi marketing. Cukup banyak konten – konten media sosial yang secara langsung maupun tidak langsung turut mempromosikan mereka. Konten media sosial tentu tidak lepas dari visualisasi, kamu bisa mempelajari cara editing foto dan editing video di kursus bisnis online milik LEAP.

Bisnis Legendaris Indonesia Yang Bertahan Hingga Sekarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hi, Kami leap siap menjawab pertanyaan anda melalui WhatsApp