fbpx

Memulai karir sebagai lulusan baru sudah cukup menantang. Apalagi jika periode masuk ke dunia kerja ini dihadapi di masa pandemi Covid-19. Tak hanya mereka yang baru lulus, beberapa orang yang kehilangan pekerjaan dan berjuang mendapat penggantinya juga dibayangi ketakutan akan kegagalan. Namun, jika ada keinginan untuk cepat beradaptasi dengan perubahan, semuanya bisa terasa lebih mudah. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan supaya sukses memulai karir di tengah pandemi :

sukses memulai karir
cara sukses memulai karir di masa pandemi covid-19

4 Tips Sukses Memulai Karir

1. Manfaatkan Jaringan

Banyak orang mendapatkan pekerjaan baru melalui jaringan pribadi. Sebuah laporan menemukan bahwa sekitar 50-70 persen pencari kerja di Singapura menemukan pekerjaan melalui hubungan pribadi dan profesional. Membangun jaringan bukan berarti memaksakan diri untuk menghabiskan waktu berjam-jam di sebuah acara dengan percakapan dan sesi tukar kartu nama yang canggung. Namun, membangun jaringan yang sebenarnya adalah mengenal orang-orang yang tepat di tempat yang tepat.

Cari dan temukan orang-orang yang memiliki ketertarikan sama denganmu. Mereka bisa kamu temukan tidak hanya di tempat seperti seminar atau workshop, tetapi juga komunitas hobi, forum online dan situs jejaring sosial seperti facebook dan Instagram. Jika kamu sudah memiliki jaringan, biarkan mereka mengetahui bahwa kamu sedang mencari pekerjaan. Jangan lupa memberi tahu jenis pekerjaan yang sedang kamu cari sehingga mereka dapat menyampaikan informasi yang tepat.

2. Kumpulkan Skill Penting Agar Sukses Memulai Karir

Pengalaman kerja cenderung lebih dihargai daripada jika memiliki kualifikasi yang tepat, karena tidak ada yang bisa menggantikan pengalaman. Satu cara yang bisa dilakukan adalah menunjukkan bahwa apa yang kamu pelajari telah kamu terapkan di dunia nyata.

Selama pandemi, kesempatan kerja mungkin memang langka. Tapi bukan berarti kamu hanya bisa menunggu hingga peluang itu datang ke pangkuan. Cobalah mengidentifikasi keterampilan apa yang dapat membantumu sukses memulai karir, terutama jika kamu akan melamar untuk posisi yang lebih senior. Setelah itu, cobalah untuk mempelajari skill itu.

Untuk keterampilan teknis atau keterampilan lunak (seperti keterampilan manajemen), pertimbangkan menghadiri workshop atau kursus untuk meningkatkan level kemampuan. Seperti misalnya kursus digital marketing, kelas editing foto, kelas editing video atau kelas online lain yang diselenggarakan oleh LEAP.

3. Jangan Menyerah, Teruslah Mencoba

Perusahaan impianmu mungkin sedang tidak membuka lowongan saat ini, namun bagaimana dengan posisi magang? Jika mungkin, cobalah untuk mencari tahu peluangmu berkarir di bidang yang kamu inginkan meski hanya sementara. Dengan mencobanya, kamu membuktikan bahwa dirimu mau mulai dari bawah.

Meskipun pada akhirnya kamu merasa kualifikasimu di atas posisi tersebut, kesempatan itu dapat menjadi pembuktian bahwa kamu bisa menjadi anggota tim yang bermanfaat. Buatlah kesan yang baik karena itu akan meningkatkan nilai dirimu di depan kandidat-kandidat lainnya ketika melamar pekerjaan nanti.

4. Kuasai Wawancara Virtual

Wawancara seringkali menjadi momen yang menegangkan. Namun, meninggalkan kekaguman pada pewawancara saat wawancara kerja virtual tidaklah terlalu sulit. Untuk meningkatkan kemungkinan sukses, berinvestasilah dengan laptop berkualitas baik dan koneksi internet yang mumpuni.

Selama wawancara, berikan perhatian penuh pada pewawancara dan tetaplah di posisi itu hingga selesai. Atur level kontak mata dengan baik, dan jangan pernah berpikir untuk membuka email atau WhatsApp di tengah sesi ketika pihak lain sedang berbicara.

Terakhir, hanya karena itu adalah wawancara secara virtual dan dilakukan di rumah, bukan berarti kamu bisa berbusana sembarangan. Pastikan kamu tetap tampil rapi, bahkan untuk wanita bisa memakai riasan wajah agar tampil lebih segar. Tetaplah berpakaian profesional namun santai, sehingga kamu terlihat alami.

Sukses memulai karir di masa pandemi bukan hal yang tidak mungkin untuk dilakukan. Tetap semangat dan teruslah berusaha.

 

Sukses Memulai Karir Di Masa Pandemi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hi, Kami leap siap menjawab pertanyaan anda melalui WhatsApp