fbpx

Salah satu pagelaran sepakbola terbesar di dunia telah dimulai. Euro 2020 yang harus mundur setahun karena pandemi resmi berlangsung mempertemukan tim dan pemain terbaik dari negara – negara benua Eropa. Momen ini tentu tidak ingin dilewatkan oleh siapapun terutama para penggemar sepakbola, tak terkecuali di Indonesia. Bagi para pebisnis, momentum Piala Eropa 2020 ini bisa jadi ladang untuk meraup keuntungan. Mulai dari bisnis merchandise hingga mengadakan nonton bareng banyak ide bisnis yang bisa diterapkan. Agar bisnis merchandise Euro 2020 berjalan optimal ada beberapa hal yang wajib diperhatikan.

merchandise euro 2020
bisnis merchandise euro 2020

Hal –Hal Terkait Bisnis Merchandise Euro 2020 Yang Wajib Diperhatikan Pengusaha

Perhatikan Tim Favorit, Unggulan dan Kuda Hitam

Dalam sebuah kompetisi akan selalu ada tim yang diunggulkan menjadi juara, tim yang paling difavoritkan penggemar dan tim kuda hitam yang mampu mengalahkan tim kuat. Kita tahu bersama pada Piala Dunia 2002 tim Korea Selatan menjadi kuda hitam yang luar biasa hingga berhasil menembus Semifinal. Yunani adalah kuda hitam terbaik sepanjang penyelenggaraan Piala Eropa, pada tahun 2004 mereka berhasil menjadi juara dan mematahkan prediksi banyak pihak.

Di Euro 2020 tim unggulannya adalah juara bertahan Portugal yang diperkuat Cristiano Ronaldo dan Bruno Fernandes, juara Piala Dunia 2018 Prancis yang diperkuat Paul Pogba dan N’golo Kante serta Belgia yang diperkuat Romelu Lukaku dan Kevin De Bruyne. Negara yang timnasnya favorit adalah Inggris dan Italia yang memang punya basis penggemar besar di seluruh dunia karena liganya. Tim yang diprediksi akan menjadi kuda hitam adalah Kroasia dan Polandia.

Tim – tim ini yang mendapat sorotan lebih dari media dan penggemar memiliki kecenderungan penjualan merchandise yang lebih tinggi dari tim lainnya.

Perhatikan Pemain Bintang, Wonderkid dan Legenda

Pemain menjadi faktor yang penting dalam pagelaran Euro 2020. Beberapa pemain memiliki basis penggemar yang tak jarang lebih besar dari tim nasional negaranya. Pemain legenda seperti Cristiano Ronaldo memiliki follower media sosial yang jauh lebih banyak dari tim nasional Portugal.  Zlatan Ibrahimovic (yang tidak jadi berpartisipasi karena cedera) memiliki follower yang lebih banyak dari timnas Swedia. Ada beberapa legenda yang masih aktif bermain tapi tidak berpartisipasi di Euro 2020 seperti Gianluigi Buffon (Italia) dan Sergio Ramos (Spanyol).

Selain legenda, pemain bintang seperti Bruno Fernandes, Harry Kane, Gareth Bale dan Luka Modric dan juga pemain muda bertalenta tinggi seperti Kai Havertz, Joao Felix dan Kylian Mbappe juga perlu diperhatikan. Mereka punya penggemar tersendiri yang tak kalah fanatic. Merchandise yang berkaitan dengan pemain – pemain ini seperti poster, jersey dengan nama dan nomor punggungnya, bahkan sepatunya banyak dicari oleh penggemar.

Perhatikan Bursa Transfer Pemain

Kompetisi seperti Euro 2020, World Cup, Asian Cup dan Copa America biasanya jadi ajang pencarian bakat bagi klub – klub sepakbola. Tak jarang mereka menurunkan banyak scout (pemandu bakat) untuk mencari pemain yang sesuai dengan kebutuhan tim. Klub – klub ambisius yang musim lalu gagal meraih gelar tentu berupaya memperoleh pemain terbaik untuk memperkuat tim. Manchester United, Liverpool, Barcelona, Real Madrid, Juventus, AC Milan, dll sering merekrut pemain dari kompetisi besar.

Cukup perhatikan berita tentang isu transfer pemain dan kamu bisa memprediksi pemain mana akan memperkuat klub apa. Saat prediksimu sudah mendekati kenyataan siapkanlah merchandise – merchandise terkait pemain bersangkutan dan klub baru yang akan dibelanya untuk kamu jual.

Maksimalkan Media Sosial Untuk Bisnis Merchandise Euro 2020

Saat ini media sosial menjadi cara utama penggemar untuk memperoleh informasi. Media sosial berbasis visual seperti Instagram dapat menjadi kanal penjualan paling tepat. Gunakanlah tagar – tagar yang sedang populer seperti #euro2020, #pialaeropa2020, #euro2021, #letsgoeuro2020 dll agar kamu dapat meraih lebih banyak penggemar pada merchandise yang kamu jual.

Jangan lupa juga mempersiapkan foto – foto keren untuk diposting, kamu bisa mempelajarinya lewat kursus digital marketing kelas editing foto yang diselenggarakan oleh LEAP Surabaya. Jika kamu tidak punya waktu untuk mengurusinya, percayakan saja pada tim @antiribetsby yang siap membantumu mengelola website dan media sosial bisnismu.

Hi! Suka dengan artikel ini? Bantu kami jadi lebih baik dengan memberi rating dan review di sini. Share artikel ini jika informasi yang ada bisa bermanfaat untuk kamu dan orang – orang disekelilingmu ya!

 

Mau Bisnis Merchandise Euro 2020? Ini Rahasianya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hi, Kami leap siap menjawab pertanyaan anda melalui WhatsApp