fbpx

Pandemi virus Covid-19 sejak awal tahun 2020 di dunia menyebabkan seluruh aktivitas masyarakat menjadi dibatasi sementara atau dialihkan menjadi di rumah saja. Hingga kini, sudah banyak kebijakan yang dilakukan pemerintah demi menjaga kondisi kesehatan masyarakat agar tetap selalu sehat. Hal ini juga berlaku dalam dunia bisnis, perusahaan dipaksa merubah sistem kerjanya agar dapat dikerjakan dari rumah, sehingga mereka harus mengelola risiko yang muncul. Salah satunya adalah mencari cara bagaimana cara mengatasi stres akibat kerja dari rumah.

salah satu cara mengatasi stres
cara mengatasi stres kerja akibat pandemi

Gangguan dan ketidakpastian akibat pandemi Covid-19 selama setahun terakhir membuat para pekerja di banyak perusahaan merasakan stres dan kelelahan baik secara fisik maupun mental. Dengan diterapkannya work from home (WFH), kehidupan sehari-hari menjadi tidak sesuai dengan seharusnya dan garis antara pekerjaan dan waktu luang menjadi kabur. Stres dan kelelahan fisik maupun mental dapat menyebabkan produktivitas menurun. Sehingga diperlukan adanya solusi yang tepat.

Melansir dari berbagai sumber, berikut beberapa cara mengatasi stres akibat kerja selama pandemi.

Hal – Hal Yang Bisa Dilakukan Sebagau Cara Mengatasi Stres Akibat WFH

Pisahkan Antara Jam Kerja dengan Waktu Istirahat

Kelelahan lebih cepat datang dikarenakan jam istirahat seringkali terpakai untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan. Cobalah untuk memisahkan pekerjaan dan waktu istirahat. Matikan telepon selular Anda setelah bekerja dan fokus mengisi tenaga dengan beristirahat.

Carilah Udara Segar Disela Waktu Kerja, Efektif Sebagai Cara Mengatasi Stres

Sejak pandemi dimulai, banyak orang yang tidak bisa berlibur dikarenakan adanya pembatasan aktivitas di luar rumah. Ditambah pula adanya pekerjaan yang memberikan banyak tekanan di dalamnya. Karena hal tersebut, banyak orang yang merasa stress dikarenakan merasa tidak ada waktu untuk mendapatkan ‘udara segar’.

Cobalah bagi yang bekerja di kantor untuk sesekali keluar ruangan dan melakukan jalan-jalan kecil untuk mendapatkan suasana baru. Bagi yang sedang bekerja di rumah, sebelum memulai pekerjaannya bisa melakukan peregangan kecil atau berjemur di pagi hari agar mendapatkan semangat baru sebelum bekerja.

Jangan Biasakan Long Hours Working

Menjadi fokus sangat diperlukan dalam bekerja, namun jangan sampai terlalu fokus yang dapat mengakibatkan lupa akan kebutuhan pribadi seperti istirahat dan makan. Pasang pengingat atau alarm pada jam atau telepon selular Anda agar jam istirahat anda tidak terlewat.

Lakukan Aktivitas yang Tidak Berhubungan dengan Pekerjaan

Saat memiliki waktu luang, jangan melakukan aktivitas yang berhubungan dengan pekerjaan. Hal itu dapat menyebabkan Anda akan kembali mengerjakan pekerjaan yang harusnya disudahi sesuai waktunya. Lakukan aktivitas seperti memasak atau membaca buku ataupun kegiatan yang dapat mengisi waktu luang Anda.

Tetap Terhubung Secara Sosial dengan Orang Lain

Seringkali terlalu larut dalam pekerjaan menyebabkan Anda menjadi lelah dan merasa stress. Cobalah untuk meluangkan waktu sebentar untuk menghubungi orang lain, seperti teman atau keluarga. Dengan terus terhubung secara sosial selama pandemi, membuat Anda menjadi terbuka dan dapat mengurangi rasa stress karena pekerjaan.

Cara Mengatasi Stres WFH Yang Mujarab, Luangkan Waktu untuk Diri Sendiri

Wajib hukumnya bagi para pekerja untuk meluangkan waktu untuk diri sendiri atau ‘Me Time’. Dengan meluangkan waktu untuk fokus dengan diri sendiri agar Anda dapat mengetahui apa yang sebenarnya sedang terjadi dan dibutuhkan oleh diri Anda.

Menghindari Perilaku Tidak Sehat dan Negatif

Kesehatan mental adalah penyebab paling umum dari gangguan kesehatan terkait pekerjaan. Maka dari itu, penting untuk para pekerja menghindari perilaku tidak sehat dan negatif yang dapat mempengaruhi diri Anda, terutama secara mental. Menjaga pola makan sehat, berolahraga dan melakukan hal positif lainnya sangat baik untuk diri Anda.

Stres akibat bekerja dari rumah bisa terjadi pada siapa saja. Pembagian waktu yang baik dan disiplin antara waktu kerja dan istirahat dapat menjadi solusi yang paling mudah untuk dilakukan. Dengan pembagian waktu yang baik kita akan menemukan cukup banyak waktu luang yang kita miliki. Waktu luang diluar kerja dan istirahat tersebut dapat kita manfaatkan untuk mengembangkan diri dengan mengikuti berbagai kelas online digipreneur yang diselenggarakan oleh LEAP Surabaya.

Hi! Suka dengan artikel ini? Bantu kami jadi lebih baik dengan memberi rating dan review di sini. Share artikel ini jika informasi yang ada bisa bermanfaat untuk kamu dan orang – orang disekelilingmu ya!

Cara Mengatasi Stres Akibat Kerja Selama Pandemi Covid-19

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Open chat
Hi, Kami leap siap menjawab pertanyaan anda melalui WhatsApp