fbpx

Mengenal Bisnis Online: Pengertian, Jenis, dan Manfaat

Bisnis Online Adalah
Ilustrasi Bisnis Online. (Sumber: Unsplash/Carlos Muza)

Bisnis online merupakan jenis bisnis yang semakin banyak diminati oleh masyarakat. Bukan hanya sekedar menawarkan penghasilan yang besar, melainkan untuk menjalankan bisnis online juga tidak memerlukan cara yang terlalu sulit.

Pada artikel kali ini, kamu akan belajar mengenai apa itu bisnis online dengan lengkap. Sudah semakin penasaran, kan?

Apa itu Bisnis Online?

Sesuai dengan namanya, bisnis online adalah bisnis yang dijalankan melalui teknologi internet. Artinya, aktivitas bisnis seperti jual-beli, pelayanan kepada konsumen, kegiatan promosi, dan sebagainya, semuanya dilakukan secara online.

Kamu bisa menjual berbagai jenis produk melalui bisnis online. Mulai dari barang, jasa, hingga produk digital. Bahkan, tak ada batasan dari mana calon konsumen kamu berasal, karena calon konsumen tentunya bisa berasal dari seluruh Indonesia, bahkan dari luar negeri.

Oleh karena itu, dengan melakukan bisnis online, maka kamu tak perlu membuka toko atau ruko secara fisik seperti yang dilakukan dalam membangun bisnis offline. Namun, kamu cukup menjalankan bisnis melalui website toko online, media sosial, ataupun marketplace. Bahkan kamu juga bisa mengelola bisnis tersebut dari rumah, atau di mana pun kamu menginginkannya sehingga kamu pun tak perlu mengeluarkan banyak modal untuk memulai sebuah bisnis.

Sebagai contoh, bisnis online yang bisa kamu lakukan yaitu dengan menjual berupa produk orang lain (dropshipping), mendapatkan komisi dengan bergabung bisnis afiliasi, dan masih banyak ragam bisnis online lainnya.

Jenis-jenis Bisnis Online

Umumnya, ada tiga jenis bisnis online sesuai dengan platform yang digunakan oleh penjual atau para pebisnis, antara lain:

 

  • Bisnis Online di Website

Bisnis online melalui website tentunya mengandalkan website sebagai tempat jual beli. Seperti selayaknya toko secara fisik jika kamu menjalankan bisnis offline, akan tetapi kali ini merupakan versi bisnis online. Artinya, pengunjung bisa melihat keseluruhan informasi produk langsung dari website kamu, melakukan transaksi, menghubungi kamu sebagai penjual, dan lain sebagainya.

Bisnis online melalui website menjadi hal favorit bagi para pebisnis karena website memiliki kelebihan yang tak dimiliki jenis bisnis online lainnya. Mulai dari branding yang lebih baik, pemasaran lebih luas, kebebasan desain, dan sebagainya.

 

  • Bisnis Online di Media Sosial

Awalnya, media sosial hanya sekadar digunakan sebagai sarana bersosialisasi oleh sebagian besar masyarakat. Namun, saat ini media sosial juga dapat dimanfaatkan untuk hal yang positif, salah satunya adalah bisnis online.

Kamu mungkin sudah merasa familiar dengan melihat berbagai akun yang mempromosikan dagangannya di timeline kamu, bukan? Alasan utama bisnis online pada platform media sosial bisa menjadi populer karena sangat mudah untuk memulainya. Kamu bisa menggunakan akun pribadi yang sudah ada dan langsung memulai untuk berjualan.

Namun, akan lebih baik dan bisnismu dapat berjalan optimal apabila menggunakan akun bisnis karena sudah tersedia berbagai fitur untuk menunjang bisnis online milik kamu. Misalnya saja, fitur melacak performa bisnis, melihat demografi pembeli, dan lainnya. Akan tetapi sayangnya, di balik semua kemudahan yang ditawarkan oleh platform media sosial, melakukan bisnis online di media sosial juga memiliki kelemahan. Salah satunya adalah terbatasnya kontrol desain yang kamu miliki. Ibaratnya, toko online kamu akan terlihat sama dengan akun-akun pribadi lainnya. Padahal, bagi sebuah bisnis, tampilan desain yang stand out atau mencolok itu cukup penting, terutama jika bisnis kamu memiliki banyak kompetitor atau saingan.

 

  • Bisnis Online di Marketplace

Marketplace merupakan platform yang menjadi perantara antara penjual dan pembeli melakukan kegiatan transaksi secara online. Dengan kata lain, marketplace merupakan pasar yang hadir dengan versi online.

Beberapa contoh marketplace di Indonesia yang pasti sudah kamu kenali atau familiar antara lain Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan Lazada.

Kamu cukup memilih marketplace mana yang kamu inginkan, kemudian kamu perlu registrasi akun terlebih dahulu, memasang produk yang ingin kamu jual, dan tunggu calon pembeli datang untuk bertransaksi.

 

Manfaat Bisnis Online

Nah, setelah kamu mengetahui berbagai jenis dari bisnis online, mari pelajari lebih dalam mengenai beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh jika ingin memulai bisnis online, antara lain:

 

  • Hemat Biaya

Kamu bisa memulai bisnis online dengan gratis. Bila harus mengeluarkan uang pun, jumlahnya tidak terlalu banyak. Kenapa?

Karena bisnis online tak mengharuskan kamu menyewa tempat atau ruko secara fisik bangunan. Melainkan kamu bisa menggunakan rumah sendiri untuk menyimpan stok-stok barang. Bahkan, di beberapa jenis bisnis online kamu tak perlu memiliki tempat penyimpanan sama sekali, contohnya seperti bisnis dropshipper.

Selain itu, biaya yang dikeluarkan jika menggunakan strategi promosi melalui bisnis online juga cenderung lebih murah. Lupakan promosi melalui papan baliho, media cetak, atau televisi yang sangat membutuhkan banyak biaya namun tidak memiliki feedback (umpan balik) secara dua arah.

 

  • Fleksibel

Bisnis online juga sangat fleksibel untuk kamu coba jalankan. Kamu bisa menjalankannya dari berbagai belahan dunia asalkan kamu memiliki koneksi internet dan laptop. Selain itu, kamu bisa mengatur jam buka atau tutup toko dengan bebas, bahkan bisa online selama 24 jam penuh.

 

  • Menjangkau Pasar yang Lebih Luas

Bisnis online membuat siapa saja bisa mengunjungi toko Anda tanpa terkecuali. Tak ada batasan wilayah bagi calon konsumen. Hal ini yang membuat kamu bisa mendapatkan lebih banyak pelanggan dari berbagai wilayah di Indonesia. Bahkan, bisa juga mendapatkan calon pelanggan yang berasal dari luar negeri.
Wah, cukup banyak yang sudah kamu pelajari dalam satu artikel ini, ya? Mulai dari pengertian bisnis online, jenis-jenis bisnis online, hingga berbagai manfaat bisnis online yang dapat kamu peroleh.

Sebagai sebuah kesimpulan dan penutup artikel, inilah rangkuman keseluruhan isi artikel mengenai bisnis online, yaitu merupakan semua bisnis yang dilakukan melalui website, media sosial, ataupun marketplace. Untuk lebih mempelajari secara detail mengenai bisnis online yang dijalankan melalui media sosial ataupun marketplace, kamu bisa membaca selengkapnya disini. Semoga artikel ini bermanfaat!

Hi! Suka dengan artikel ini? Bantu kami jadi lebih baik dengan memberi rating dan review di sini. Share artikel ini jika informasi yang ada bisa bermanfaat untuk kamu dan orang – orang di sekelilingmu ya!

Mengenal Bisnis Online: Pengertian, Jenis, dan Manfaat
Tagged on:                     

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Open chat
Hi, Kami leap siap menjawab pertanyaan anda melalui WhatsApp