fbpx

Yuk Pelajari CRM dan Manfaatnya Untuk Digital Marketing

Share This Post

Yuk Pelajari CRM dan Manfaatnya Untuk Digital Marketing

CRM atau Customer Relationship Management berfokus pada bagaimana membangun relasi yang baik dengan konsumen sehingga mengurangi kemungkinan mereka untuk pindah ke saingan bisnis leapers yang lain. Persaingan usaha pada digital marketing mengharuskan perusahaan untuk berfokus kepada kebutuhan yang diinginkan oleh konsumen. Banyak toko online yang mulai mengubah pola pikir dari orientasi keuntungan ke arah faktor-faktor potensial lainnya seperti kepentingan pelanggan dan tingkat kepuasan pelanggan sebagai faktor utama yang harus diperhatikan oleh toko online

CRM dan digital marketing
CRM dan Digital marketing

Kondisi persaingan digital marketing yang terjadi pada saat ini leapers, membuat toko online harus menyadari dengan cermat target pasar yang ditujunya dan tingkat kualitas produk atau jasanya. Selain itu, faktor penting yang harus dipertimbangkan oleh leapers  adalah tingkat value (nilai) yang mampu diberikan kepada pelanggan dan cara memperlakukan pelanggan dari hari ke hari.

Pada beberapa penelitian nih leapers, usaha mempertahankan pelanggan terbukti lebih menguntungkan daripada melakukan usaha menarik pelanggan yang baru. Maka dari itu, dalam membangun bisnis digital marketing, mengelola CRM merupakan hal yang sangat perlu dilakukan. Beberapa contoh CRM pada digital marketing antara lain, membaca analisa toko online, menyediakan gambaran informasi produk dengan jelas, merespon dengan cepat dan ramah, hadir di beberapa media sosial, memberikan kupon atau poin pada setiap pembelian serta fasilitas customer care. Umumnya leapers,

CRM atau Customer Relationship Management dilakukan dengan 3 tahapan :

  1. Mendapatkan pelanggan baru (Acquire)
    dengan memberikan kemudahan untuk akses informasi, inovasi baru, dan pelayanan yang menarik.

  2. Meningkatkan hubungan dengan pelanggan yang telah ada (Enhance)
    dengan melakukan pemberian pelayanan yang baik terhadap pelanggannya.

  3. Mempertahankan pelanggan (Retain)
    dapat dilakukan dengan mendengarkan pelanggan dan berusaha memenuhi keinginan pelanggan.

Setelah 3 tahapan itu dilakukan dan memperoleh loyalitas pelanggan, maka yang perlu leapers perhatikan selanjutnya ialah bagaimana leapers menjaga loyalitas pelanggan dengan memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas, yaitu perhatian (caring), kepercayaan (trust), perlindungan (length of patronage), dan kepuasan akumulatif (overall satisfaction). Manfaat yang didapat setelah melakukan CRM tidak hanya sekedar loyalitas pelanggan lho leapers, berikut ini merupakan manfaat bagi leapers yang melakukan kegiatan CRM :

  1. Jumlah konsumen akan bertambah,
    Dapat mencari konsumen baru di samping tetap memelihara tingkat kepuasan konsumen yang sudah ada.
  2. Mengetahui tingkat kepemilikan perusahaan pada konsumen,
    Dengan mengetahui kebutuhan konsumen.
  3. Mengetahui kebutuhan konsumen kedepan,
    Melalui hasil transaksi yang sudah pernah dilakukan dan dari hasil analisis data transaksi yang terkumpul.
  4. Mengerti perbaikan apa yang harus dilakukan,
    Pada servis yang diberikan kepada konsumen.
  5. Dapat menganalisa pola data transaksi,
    Contoh : dapat mengetahui kombinasi produk yang akan dijual pada waktu-waktu tertentu.
  6. Mengurangi resiko,
    Mengetahui prediksi mana yang mungkin akan terjadi dan kesalahan yang pernah dilakukan melalui jejak rekam customer. 

Selain melakukan CRM dengan baik, masih banyak tips dan trik yang bisa leapers lakukan untuk meningkatkan pendapatan toko online. Semuanya dapat leaprs pelajari secara otodidak atau leapers dapat mengikuti kelas digital marketing yang kita selenggarakan, disana leapers akan dibimbing dan diberikan arahan praktis yang akan mengoptimasi bisnis online leapers, tidak perlu takut karena semua mentor disana merupakan mentor yang  profesional,  berpengalaman dan juga ramah.

Hi! Suka dengan artikel ini? Bantu kami jadi lebih baik dengan memberi rating dan review di sini. Share artikel ini jika informasi yang ada bisa bermanfaat untuk kamu dan orang – orang di sekelilingmu ya!

Yuk Pelajari CRM dan Manfaatnya Untuk Digital Marketing