fbpx

Menggunakan media sosial untuk bisnis mengharuskan kita menciptakan konten – konten yang menarik untuk mempromosikan produk / jasa kita. Salah satu yang biasanya dilakukan adalah membuat poster online atau ePoster. Bentuk konten ini banyak dipergunakan karena biaya produksinya lebih murah dan dapat disebar ke mana saja dengan cepat tanpa harus dicetak terlebih dahulu.

tips membuat poster online untuk konten media sosial
tips membuat poster online untuk konten media sosial

Eits, tapi membuat poster online tidak bisa asal sembarangan. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum kamu mengunggahnya di media sosial. Berikut adalah hal – hal yang perlu kami perhatikan untuk menciptakan poster online yang keren dan menarik.

Tips Membuat Poster Online Yang Wajib Diketahui Digipreneur

Menentukan Ukuran Poster

Umumnya, ukuran poster dibuat besar untuk menarik perhatian. Namun, ukuran poster sangatlah fleksibel dan perlu disesuaikan dengan di mana poster online akan diposting. Misalnya, di facebook, di instagram feed, instagram story, twitter, dll. Ukuran poster juga bisa menentukan tipe desain layout poster kamu. Beberapa bentuk dan poster yang sering digunakan, antara lain:
1 x 1 (960 x 960)
9 x 16 (900 x 1600)
4 x 3 (1200 x 900)

Tentukan Outline Poster

Sebelum membuat poster online, tentunya kamu perlu tahu apa sih informasi yang ingin disampaikan. Membentuk outline terlebih dahulu bisa memastikan hasil poster terlihat jelas dan bersih.
Beberapa detail yang bisa kamu tambah antara lain:
Judul / Tema
Tanggal dan Lokasi
Harga tiket
Dress code

Poster yang semakin ramai dapat terlihat membingungkan dan berantakan. Usahakan untuk membatasi jumlah teks, tapi tetap memberikan informasi penting dengan bahasa singkat yang jelas dan mudah diingat.

Tips Membuat Poster Online Paling Penting : Gunakan Mode Warna RGB

Hal dasar yang diketahui oleh desain grafis, yaitu mode warna. Saat membuat poster online, pastikan warna ada dalam setting RGB (Red, Green, Blue) dan bukan CMYK (Cyan, Magenta, Yellow, and Black).

Mode CMYK merupakan standar warna percetakan (poster, brosur, flyer, dll), sedangkan RGB digunakan untuk hasil digital. Kalau salah memilih, hasil warna digital akan terlihat berbeda dengan warna yang dilihat saat proses mendesain dilakukan.

Pilih Perpaduan Warna yang Tepat

Pemilihan warna yang tepat dapat memberikan daya tarik pada poster kamu. Pada prinsip dasarnya, kombinasi warna yang menarik akan mengikuti teori warna (color theory) dan psikologi warna.

Teori warna ini cenderung kompleks terutama bagi para desainer awam. Agar lebih mudah, kamu bisa gunakan aturan warna 60-30-10.
Cara penggunaan aturan warna 60-30-10:
60 % warna dominan: warna ini akan mencakup 60 persen dari poster kamu (biasanya untuk latar belakang poster).
30 % warna sekunder: warna yang mencakupi 30 persen dari poster.
10 % warna aksen: warna yang mencakup 10 persen dari poster.

Setiap warna dipercaya memiliki ‘arti’ tersendiri yang menggugah emosi dan perilaku manusia. Maka dari itu selain komposisi warna, psikologis warna juga penting untuk diperhatikan. Pemilihan warna disesuaikan dengan pesan yang ingin disampaikan. Misalnya, Warna hijau untuk menggambarkan alam dan kesehatan. Sedangkan warna hitam putih untuk kesan dramatis dan formal.

Pergunakan Grafik dengan Resolusi Sedang

Grafik dalam poster ini akan menjadi elemen utama dalam menyampaikan pesan kamu. Gunakan gambar dan foto yang relevan dengan informasi yang ingin disampaikan. Untuk posting digital kamu cukup membuat poster online dengan resolusi sedang. Maksimal file disimpan dalam resolusi 150 dpi. Hal ini agar ukuran filenya tidak terlalu besar.

Namun jika kamu juga berencana mencetak poster online yang kamu buat, maka simpanlah dalam resolusi 300 dpi.

Tentukan Desain Font untuk Teks

Teks juga diperlukan agar poster dapat dimengerti orang. Gunakan ukuran font besar untuk judul / slogan poster dan desain teks yang berbeda untuk mempertegas suatu pesan. Manfaatkan bentuk tipografi, warna, bold, italic, dan ALL CAPS ke dalam desain poster kamu. Agar terlihat harmonis, jangan gunakan lebih dari 2 jenis tipografi.

Perhatikan Layout / Template Poster

Sudah menentukan gambar dan teks? Pastikan menempatkan kedua elemen tersebut dengan benar untuk hasil poster yang efektif.Secara garis besar, gambar akan mencakupi sebagian besar dari poster. Lalu, gunakan ukuran dan posisi teks untuk mengarahkan mata pembaca – dari gambar – judul – kata pesan.

Memiliki kemampuan mendesain poster yang menarik tentunya akan menjadi nilai tambah bagi seorang pengusaha online. Selain itu ada banyak hal lain yang perlu diketahui untuk menjadi seorang digipreneur yang sukses. Hal – hal tersebut dapat kamu pelajari dalam Digipreneur Class dari LEAP Surabaya.

Hi! Suka dengan artikel ini? Bantu kami jadi lebih baik dengan memberi rating dan review di sini. Share artikel ini jika informasi yang ada bisa bermanfaat untuk kamu dan orang – orang disekelilingmu ya!

Cara Membuat Poster Online yang Menarik dan Efektif

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Open chat
Hi, Kami leap siap menjawab pertanyaan anda melalui WhatsApp