fbpx

Cara Terbaik Mengajari Anak 21st Century Skill & Kenapa Itu Coding?

Share This Post

Moms pernah mendengar 21st century skill? Istilah tersebut adalah alat/cara yang dapat diterapkan secara universal untuk meningkatkan cara berpikir, belajar, bekerja dan hidup di dunia. Ketrampilan tersebut meliputi berpikir kritis/bernalar, kreativitas/berpikir kreatif, pemecahan masalah, metakognisi, kolaborasi, komunikasi dan kewarganegaraan global.

21st century skill yang dapat dipelajari melalui coding
21st century skill yang dapat dipelajari melalui coding

Kita hidup di dunia yang terus berkembang, tantangan kehidupan saat ini berbeda dengan masa lalu, pun tantangan hidup di masa depan juga tak sama dengan tantangan masa kini. Manusia dituntut untuk selalu berevolusi, mengubah cara pikir dan memperbanyak sudut pandang untuk memiliki solusi terhadap berbagai permasalahan yang terjadi. Untuk itu mempersiapkan masa depan untuk anak menjadi hal yang vital untuk dilakukan.

Namun bagaimana cara mengajarkan 21st century skill pada anak? Apa saja yang harus dilakukan? Dan kenapa belajar coding dapat membantu anak memiliki keterampilan yang dibutuhkan untuk survive dan sukses di masa depan. LEAP English & Digital Class akan jelaskan buat kamu.

21st Century Skill Apa Saja Yang Dapat Diperoleh Melalui Coding?

Penting Untuk Anak Memiliki 21st Century Skill Critical Thinking

Memahami sebuah hal secara detail itu adalah sebuah skill yang penting, dari sana kemudian anak dapat mencari tahu hal-hal yang dapat dipelajari, diperbaiki dan ditingkatkan. Coding sebagai proses pemrograman akan mengajarkan dan melatih anak untuk fokus pada detail (attention to detail) dan juga berpikir kritis.

Anak yang terbiasa berpikir kritis akan memiliki kemampuan problem solving yang lebih unggul dibandingkan dengan yang lain. Kemampuan ini sangat dibutuhkan untuk sukses di masa depan.

Membuka Peluang Lewat Collaboration

Dalam proses membuat sebuah aplikasi atau teknologi seorang programmer tidak bekerja sendirian, ada banyak pihak yang terlibat dan saling berkolaborasi. Hal ini dikarenakan bidang – bidang yang ada saling terkait dan sangat tidak mungkin dilakukan oleh satu orang saja.

Jadi jika ada mitos bahwa seorang programmer itu anti-sosial itu tidak benar. Karena lewat pekerjaan yang dilakukan saja mereka harus berinteraksi dan berkolaborasi dengan banyak pihak. Anak yang terbiasa berkolaborasi sejak kecil akan dengan mudah membaur dan beradaptasi dengan lingkungan yang sangat dinamis.

Coding Dapat Mengajarkan Kemampuan Paling Bermanfaat Untuk Bersosialisasi : Communication

“Coding mengajari komunikasi? Nggak Salah? Kan Ngetik-Ngetik Komputer? Komunikasi sama siapa?”. Moms Dads, Coding itu adalah cara ‘berkomunikasi’ dengan komputer, memberi perintah dengan jelas agar komputer/mesin dapat melaksanakan apa yang dimau programmer. Komunikasi yang diajarkan memang non-verbal namun dapat berpengaruh positif pada komunikasi verbal.

Pernah mendengar speech dari Steve Jobs atau Bill Gates? Akumulasi pengalaman mereka melakukan coding membuat mereka mampu melakukan presentasi dan ceramah yang bukan hanya menggugah namun juga terstruktur dan sangat mudah dipahami oleh audience.

Creativity Is The Key Of Future Life

Kreatifitas akan sangat dibutuhkan di masa depan. Di tengah kehidupan yang diprediksi akan semakin penuh dengan tantangan yang dinamis di masa depan, kemampuan untuk kreatif jelas sangat dibutuhkan.

Kebiasaan untuk berpikir kreatif dapat ditumbuhkan melalu kelas – kelas coding untuk anak di mana guru akan membiasakan dan mendorong anak agar terus kreatif dalam proses mempelajari pemrograman. Hal ini akan menjadi stimulus yang baik bagi otak kiri dan kana anak agar seimbang.

Connectivity, 21st Century Skill Yang Akan Membuka Lebar Pintu Peluang Karir Global

Coding dilakukan dengan menggunakan Bahasa Inggris, bahasa komunikasi internasional. Dengan teknologi internet dan komunikasi yang semakin berkembang saat ini untuk melakukan pembuatan sebuah aplikasi atau teknologi tidak perlu dilakukan di satu tempat yang sama. Perbedaan lokasi kota, negara dan zona waktu kini tidak menjadi masalah.

Hal ini tentu membuka peluang – peluang karir yang luar biasa secara global. Dengan dunia yang semakin tidak terhalang dan saling terkoneksi, mempelajari coding akan memberikan keuntungan luar biasa di masa kini dan masa yang akan datang.

Akhir tahun sudah semakin dekat dan LEAP sedang mempersiapkan Holiday Program menarik yang dapat diikuti oleh anak! Follow Instagram Leapsurabaya untuk info lebih lanjut

Selain itu LEAP English & Digital juga memiliki berbagai program Bahasa Inggris dan Kelas Komputer untuk anak dan juga dewasa. Klik di sini untuk ngobrol langsung dengan admin!

 

 

Cara Terbaik Mengajari Anak 21st Century Skill & Kenapa Itu Coding?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Open chat
Hi, Kami leap siap menjawab pertanyaan anda melalui WhatsApp