fbpx

Startup kini semakin mendominasi industri. Hal ini dikarenakan Startup mampu memahami kultur kebutuhan manusia milenial. Ini sebabnya banyak bisnis startup yang bisa menjangkau konsumen dalam jumlah besar. Hal tersebut menjadikan startup sangat menjanjikan dan para investor gencar berinvestasi di startup.

Bagi kamu yang sedang membangun startup mendapatkan pendanaan dari investor adalah sebuah hal yang wajib dilakukan untuk kelanjutan bisnis. Namun mendapatkan pendanaan bukanlah perkara yang mudah bagi startup.

Lihat saja upaya Nam Do San dalam serial Korea, STARTUP yang jatuh bangun mendapatkan kepercayaan dari investor. Hingga akhirnya Samsan Tech perusahaan Nam Do San berhasil dipercaya lolos dalam ajang kontes pencarian startup terbaik yang diadakan modal ventura bernama Sandbox.

Startup investor analysis
startup investor analysis

Kalau kamu berminat membangun startup, berikut ada beberapa jenis startup yang digemari investor untuk diberi pendanaan.

4 Jenis StartUp Yang Dilirik Investor

E-Commerce/Marketplace

Merupakan startup paling favorit di kalangan investor. Seperti yang kita tahu, ada banyak perusahaan e-commerce atau yang juga dikenal dengan toko online atau Marketplace. Orang-orang yang belanja online pun semakin banyak tiap harinya. Meskipun tingkat persaingannya ketat, tapi dengan strategi tepat maka profit yang didapat juga besar. Ini alasan pemodal menyukai jenis startup ini. Silahkan perhatikan bagaimana pesatnya perkembangan Tokopedia, Shopee, Lazada, dll semenjak memperoleh investasi dalam jumlah besar.

Ride Sharing / Online Taxi

Semakin banyak orang yang lebih memilih menggunakan layanan tumpangan seperti contohnya Grab, Gojek dan Uber. Bisnis ride-sharing ini semakin ramai digunakan konsumen karena dirasa praktis dan efektis. Daripada berkendara sendiri lebih nyaman berbagi tumpangan dengan seorang driver, bahkan bisa lebih murah lagi karena beberapa startup ride sharing memungkinkan konsumen berbagi kendaraan dengan beberapa konsumen lain yang searah. Bisnis startup yang makin populer ini juga sangat disukai para investor.

Fintech

Saat ini trend pembayaran beralih secara masif ke digital. Anda kini bisa membayar tagihan apapun secara online, tanpa perlu uang tunai dan kertas struk pembayaran. Hal ini mendorong layanan keuangan semakin banyak hadir lewat aplikasi digital. Orang-orang sudah mulai meninggalkan cara bayar tunaiIni menjadi pertimbangan matang pemilik dana untuk berinvestasi di startup fintech atau financial technology.

Delivery Service

Saat ini banyak orang suka berbelanja secara online kemudian tinggal menunggu pesanan diantarkan ke rumah. Bisnis jualan online yang bertumbuh digabungkan dengan layanan pesan antar secara online menghasilkan strategi bisnis yang sangat efektif. Keuntungannya pun menjanjikan, sehingga investor juga menyukainya.

Apabila kamu sudah memiliki startup dan sedang mencari pendanaan, tidak ada salahnya mempersiapkan diri dengan baik. Misalnya dengan mengikuti kursus bisnis online tentang bagaimana melakukan presentasi yang diselenggarakan oleh LEAP.

 

 

Jenis StartUp Yang Dilirik Investor Meski Masih Pandemi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hi, Kami leap siap menjawab pertanyaan anda melalui WhatsApp