fbpx

Sepak bola saat ini bukan hanya sekedar olahraga. Maraknya kompetisi yang diselenggarakan baik dalam skala lokal, regional, maupun global membuatnya berkembang menjadi sebuah industri. Klub – klub sepak bola dari berbagai penjuru dunia pun berlomba mengembangkan bisnisnya agar lebih mengglobal dan mendapat banyak fans baru. Digital marketing dan media sosial saat ini merupakan “senjata” utama klub sepak bola dalam bisnisnya.

konten foto digital marketing klub sepak bola
konten foto digital marketing klub sepak bola

Kebanyakan penggemar sepak bola dari Indonesia selain menggemari klub lokal juga menggemari klub asal eropa. Keberadaan pemain – pemain serta para manajer hebat, serta liga yang kompetitif seperti Champions League, UEFA League hingga European Super League membuatnya menarik bagi penikmat olahraga yang satu ini. Yuk kita belajar digital marketing dari klub sepak bola Eropa dengan follower media sosial terbanyak!

5 klub sepak bola eropa dengan Digital Marketing Terbaik 

Jaya di Lapangan, Jaya di Digital Marketing, FC Barcelona

  • Total: 272.9 Juta
  • Instagram: 95.4 Juta
  • Facebook: 103 Juta
  • Twitter: 36.1 Juta (Bahasa Inggris), 16.5 Juta (Spanyol), 6 Juta (Katalan), 3.3 Juta (Arab), 1.9 Juta (Prancis), 1.2 Juta (Portugis), 431,300 (Indonesia), 311,300 (Jepang), 605,700 (Turki)
  • TikTok: 8.2 Juta

Klub sepak bola asal Spanyol ini begitu merajai kompetisi sepakbola Eropa satu dekade terakhir. Strategi tiki – taka mereka yang begitu fenomenal dan keberadaan sosok Lionel Messi membuat mereka memiliki banyak supporter dari berbagai belahan dunia. Konten Digital Marketing mereka selalu menggunakan 3 warna utama klub sebagai cara agar brand Barcelona melekat erat dalam benak netizen.

Real Madrid

  • Total: 271.6 Juta
  • Instagram: 96.5 Juta
  • Facebook: 111 Juta
  • Twitter: 36.6 Juta (Spanyol), 12 Juta (Bahasa Inggris), 9.1 Juta (Arab), 1.1 Juta (Prancis), 386,000 (Jepang)
  • TikTok: 4.9 Juta

Merupakan rajanya kompetisi Eropa karena memegang gelar Liga Champions terbanyak dan mampu memenanginya secara beruntun. Klub ini sering merekrut bintang – bintang dengan nama besar untuk meraih gelar dan menggaet perhatian banyak fans. Klub ini mengelola media sosialnya dengan menyajikan konten – konten yang bernuansa elegan dan kharismatik sesuai dengan citra klub yang sudah terbangun lebih dari 100 tahun.

Follower Media Sosial Terbanyak di Indonesia, Manchester United

  • Total: 143.1 Juta
  • Instagram: 39.9 Juta
  • Facebook: 73.3 Juta
  • Twitter: 25 Juta (Bahasa Inggris), 965.600 (Arab), 842.100 (Indonesia), 819.800 (Spanyol), 247.600 (Malaysia), 82.900 (Jepang) 40.700 (Prancis)
  • TikTok: 1.9

Tim dengan pendukung terbanyak di Indonesia ini merupakan raja kompetisi sepakbola Inggris pada awal abad 21. Bisa dibilang mereka adalah rajanya marketing karena selain mampu mengglobal secara sepakbola mereka juga mampu menghasilkan icon entertainment seperti David Beckham. Lewat Digital Marketing dan Media Sosial mereka membangun komunikasi yang cukup erat dengan fans lewat konten – konten interaktif yang memungkinkan penggemar berkomunikasi langsung dengan pemain favoritnya.

Juventus

  • Total: 107.6 Juta
  • Instagram: 48 Juta
  • Facebook: 44.3 Juta
  • Twitter: 9 Juta (Italian), 2.3 Juta (Bahasa Inggris), 587.900 (Spanyol), 301.200 (Indonesia), 269.000 (Arab), 46.100 (Portugis), 81.5 Juta (Jepang)
  • TikTok: 2.7 Juta

Penguasa sepak bola Italia selama 10 tahun terakhir ini adalah klub dengan pengelolaan bisnis terbaik di Negara asal Pizza tersebut. Mereka memiliki stadion sendiri dan bekerja sama dengan berbagai brand internasional. Perkerutan Cristiano Ronaldo dari Real Madrid semakin menghadirkan fans baru bagi mereka. Klub ini menciptakan konten – konten yang sederhana tapi menarik lewat proses editing foto dan video kegiatan pemain di sesi latihan atau sesi personal lainnya.

PSG

  • Total: 94 Juta
  • Instagram: 34 Juta
  • Facebook: 42.6 Juta
  • Twitter: 8.9 Juta (Prancis), 1.2 Juta (Arab), 533.900 (Bahasa Inggris), 447.200 (Spanyol), 328.900 (Portugis), 61.100 (Indonesia), 24.800 (Jepang)
  • TikTok: 5.9 Juta

Klub kaya asal Prancis ini mulai mengglobal satu dekade terakhir dengan merekrut nama – nama besar seperti Zlatan Ibrahimovic, David Beckham, dan Neymar. Mereka memadukan konten sepakbola dengan trend fashion untuk menggaet penggemar di ruang lingkup sepak bola.

Nah bagaimana? Sudah menemukan inspirasi untuk strategi digital marketing dan media sosial bisnismu? Kamu juga bisa mempelajari bagaimana berbisnis secara digital lewat kelas online yang diselenggarakan oleh LEAP lho! Check it out!

 

Belajar Digital Marketing Dari 5 Klub Sepak Bola Ini Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hi, Kami leap siap menjawab pertanyaan anda melalui WhatsApp