fbpx

Bagi pelajar atau mahasiswa, beasiswa adalah sebuah hal yang cukup banyak diminati. Wajar saja karena beasiswa dapat memberi banyak keuntungan diantaranya peluang untuk terbebas dari biaya pendidikan, mendapat uang saku, peluang pendidikan di luar negeri bahkan membuka pintu karir yang cerah setelah selesai pendidikan. Berburu beasiswa menjadi sebuah hal yang dilakukan disela – sela waktu menempu pendidikan.

Ada berbagai macam jenis dan penyelenggara beasiswa baik dalam maupun luar negeri. Ada Bidikmisi dan LPDP yang diselenggarakan oleh pemerintah, Chevening, Erasmus Mundus, Monbukagakusho, bahkan LEAP Surabaya juga memiliki program beasiswa yang bisa kamu ikuti lho! Follow saja instagramnya untuk informasi lebih lanjut.

Sebelum berburu beasiswa ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar prosesnya berjalan lancar. Apa saja? Kami rangkumkan buat kamu dari berbagai macam sumber.

Tips Untuk Kamu Yang Berencana Berburu Beasiswa
Tips Untuk Kamu Yang Berencana Berburu Beasiswa

Hal Yang Perlu Disiapkan Untuk Berburu Beasiswa

Persiapkan Sejak Dini

Sebelum memulai berburu beasiswa, kamu perlu tahu bahwa sebagian besar beasiswa mencantumkan prestasi akademik sebagai salah satu persyaratan utamanya. Tidak hanya itu, banyak juga beasiswa membutuhkan keterampilan seperti kemampuan bahasa Inggris yang dapat dibuktikan dengan sertifikat TOEFL atau IELTS dengan nilai tertentu. Oleh karena itu, jika ingin mendapatkan beasiswa maka ada baiknya kamu mulai untuk meningkatkan prestasimu dan mempertahankannya.

Kumpulkan Informasi Detail Tentang Beasiswa

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mencari tahu mengenai beasiswa yang tersedia dan ditawarkan oleh berbagai lembaga. Memperoleh informasi ini sebenarnya cukup mudah karena tersedia banyak di internet dan media sosial. Ketika kamu mulai berburu beasiswa, ada baiknya kamu mengikuti akun-akun yang menyediakan informasi mengenai peluang beasiswa di media sosial.

Kamu juga harus tanggap terhadap berbagai peluang dan sumber informasi. Misalnya, di sekolah atau universitas biasanya sering ada kesempatan beasiswa, entah dari pemerintah, pihak swasta atau lainnya. Informasi mengenai beasiswa tersebut biasanya di tempel di mading, atau kamu bisa menanyakannya kepada pihak terkait di sekolahmu.

Sementara jika kamu adalah mahasiswa, sering-seringlah mendatangi kantor jurusan atau menyimak papan pengumuman karena dari sana lah biasanya informasi mengenai beasiswa didapatkan. Kamu juga bisa mengunjungi website universitas untuk mendapatkan informasi mengenai peluang beasiswa tersebut.

Ketahui dan Penuhi Syarat Pendaftarannya

Tips berburu beasiswa yang juga penting adalah mengetahui segala persyaratannya dan memastikan kamu memenuhi persyaratan untuk mendaftar. Dalam hal ini kamu juga harus mempertimbangkan berbagai kemungkinan, seperti profil kandidat yang diterima pada periode sebelumnya. Akan lebih baik jika kamu mendaftar pada program-program beasiswa di mana kamu memiliki kriteria kelulusan yang diharapkan. Misalnya, jika sebuah program mencantumkan prestasi akademik dengan nilai rata-rata minimal 90 atau IPK 3.5, maka jangan mendaftar jika nilaimu tidak mencukupi.

Tidak ada salahnya menyebar aplikasi pendaftaran beasiswa sebanyak-banyaknya, tetapi bukan berarti kamu bisa mengabaikan syarat-syarat serta kriteria yang dibutuhkan. Mendaftar pada beasiswa yang tidak sesuai dengan spesifikasimu, hanya akan meningkatkan jumlah kegagalan yang dapat berpengaruh buruk pada rasa percaya diri dan motivasimu.

Buatlah Resume Kreatif dan Esai Yang Menarik Untuk Berburu Beasiswa

Biasanya salah satu syarat yang diminta dalam pendaftaran beasiswa adalah resume dan karya tulis dalam bentuk esai. Kedua hal ini biasanya masuk sebagai syarat administratif, di mana jika kamu tidak memenuhinya, maka kamu akan secara otomatis akan didiskualifikasi. Oleh karena itu kamu wajib mempelajari bagaimana membuat resume yang kreatif dan esai yang menarik.

Karya tulis atau esai bisa dibilang merupakan hal krusial dalam cara mendapat beasiswa. Hal ini akan benar-benar dijadikan bahan penilaian apakah kamu layak untuk lanjut ke tahap berikutnya dalam proses seleksi. Belajar menulis tulisan ilmiah yang baik akan membantumu untuk menulis esai saat dibutuhkan.

Berlatihlah Berbicara dan Presentasi Untuk Menghadapi Wawancara

Wawancara umumnya merupakan tahap final dan yang paling menentukan dari suatu proses seleksi, hal ini juga berlaku dalam seleksi penerimaan beasiswa. Kebanyakan orang yang gagal dalam tahap ini dikarenakan tidak pernah melatih diri untuk berbicara dengan baik saat menghadapi wawancara. Penting untuk kamu mengerti bagaimana cara menyampaikan gagasan dengan baik tanpa berbelit-belit, hal ini seringkali sulit dilakukan apalagi jika kamu mengalami nervous. Karena itulah melatih kemampuan berbicara adalah salah satu hal yang bisa kamu pelajari agar menjadi lebih siap untuk menghadapi wawancara penerimaan beasiswa.

Hi! Suka dengan artikel ini? Bantu kami jadi lebih baik dengan memberi rating dan review di sini. Share artikel ini jika informasi yang ada bisa bermanfaat untuk kamu dan orang – orang di sekelilingmu ya!

Langkah – Langkah Penting Untukmu Yang Berburu Beasiswa

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Open chat
Hi, Kami leap siap menjawab pertanyaan anda melalui WhatsApp