fbpx

Bagi banyak orang, bekerja sebagai profesional di negara lain adalah sebuah prestasi yang ingin dicapai. Berkarir di luar negeri menjadi sebuah pilihan yang sangat terbuka di dunia yang semakin terbuka. Ada beberapa hal yang biasanya menjadi alasan, mulai dari peningkatan karir, kesempatan untuk mengembangkan diri ke level yang lebih tinggi, hingga ingin mencoba tantangan bekerja di bidang dan lingkungan yang lebih segar dan berbeda.

Lalu di mana sebaiknya berkarir di luar negeri? Pertanyaan ini sebenarnya jawabannya bisa jadi tergantung dengan perusahaan tempatmu saat ini berkarir. Namun jika kamu tidak keberatan untuk memulai dari awal lagi, maka ada baiknya kamu memilih dengan bijak negara dan kota yang akan kamu tuju. Kamu perlu memikirkan dengan baik kemampuan dirimu, kesempatan yang ada di negara dan kota yang kamu tuju dan hal – hal lain terkait kehidupanmu nantinya di sana.

Tentu akan menyenangkan jika dapat berkarir di kota seperti New York, London, Paris, Melbourne atau Abu Dhabi. Kota – kota besar ini memang menjadi pilihan utama bagi banyak pencari tantangan profesional, namun sebenarnya ada kota – kota lain yang dapat kamu tuju dengan peluang berkarir yang lebih baik. LEAP Surabaya memilihkannya untuk kamu.

Kota – Kota “Tidak Umum” Untuk Berkarir di Luar Negeri

Auckland, Selandia Baru

Jika kamu berkeinginan untuk berkarir di Australia ada baiknya kamu mengintip negara tetangganya Selandia Baru. Negara yang dipimpin oleh Jacinda Ardern ini adalah sebuah negara yang sangat terbuka untuk pekerja asing profesional. Dikarenakan populasi penduduknya yang tidak terlalu besar, negara ini membuka peluang bagi siapa pun yang memenuhi persyaratan untuk tinggal dan bekerja di sana.

Auckland sebagai salah satu kota terbesar di Selandia Baru memiliki belasan ribu lowongan kerja setiap bulannya. Kota ini memiliki rasio 10,55 lowongan kerja per 1000 penduduknya pada tahun 2018. Tak banyak orang yang berpikir untuk berkarir di Selandia Baru mungkin karena negara ini cenderung jauh dari hingar bingar bisnis dunia. Namun cukup banyak perusahaan besar berlokasi di sana karena lingkungannya yang dianggap mampu meningkatkan produktivitas kerja.

Stockholm, Swedia

Dari sisi selatan bumi kita sekarang menuju ke sisi utara, menuju kota Stockholm di Swedia. Kota ini adalah kota dengan peluang kerja tertinggi di Skandinavia. Swedia juga negara yang cukup terbuka dan nyaman bagi imigran sehingga proses adaptasi dapat berlangsung dengan lebih cepat.

swedia bisa jadi opsi menarik bagi kamu yang ingin berkarir di luar negeri
swedia bisa jadi opsi menarik bagi kamu yang ingin berkarir di luar negeri

Apabila kamu memiliki minat karir di bidang IT, Musik dan Industri Kreatif maka Stockholm bisa menjadi destinasi yang sangat tepat. Coba cek gawaimu, jika kamu menemukan aplikasi Spotify di sana maka perlu kamu tahu Swedia adalah negara asalnya, dan jika kamu suka menjelajah IKEA untuk berbelanja furniture maka sesungguhnya kamu sedang berbelanja di perusahaan ritel terbesar yang lahir di Swedia. Bisa dibilang negara ini cocok untukmu yang berkeinginan menjadi seorang Digipreneur.

Toronto, Kanada

Banyak orang berpikir bahwa jika ingin berkarir di Amerika maka New York atau Los Angeles di Amerika Serikat adalah tujuan utama. Itu mungkin benar jika kamu ingin berkarir di bidang entertainment, kreatif atau marketing. Namun jika kamu berpikiran untuk berkarir di bidang finansial atau perbankan maka Toronto di Kanada adalah kota yang seharusnya kamu tuju untuk memulai berkarir di luar negeri.

Dengan Kanada yang memang membuka diri untuk naturalisasi warga negara asing, peluangmu untuk bekerja di sana semakin besar. Apalagi jika kamu menguasai Bahasa Prancis selain Bahasa Inggris, hal itu dapat menjadi nilai tambah bagi perusahaan yang akan mempekerjakanmu.

Kigali, Rwanda. Afrika bisa Jadi Tempat Berkarir Di Luar Negeri Yang Menantang.

Afrika sampai saat ini masih dipandang sebelah mata dan dianggap sebagai benua yang berisikan negara dunia ketiga. Asumsi ini sebaiknya segera dihapus dari benakmu, Afrika yang sekarang telah mengalami perkembangan yang sangat pesat di segala sektor. Banyak negara dan kota di Afrika mulai membangun dengan benar infrastrukturnya sehingga sangat membantu perkembangan ekonomi dan bisnisnya.

berkarir di luar negeri, afrika bisa jadi pengalaman yang seru
Berkarir di luar negeri, Afrika bisa jadi pengalaman yang seru

Peluang besar dapat kamu ditemukan diberbagai kota di Afrika salah satunya Kigali di Rwanda. Kota yang menjadi tempat bermukimnya salah satu startup terbesar di Afrika yaitu Andela ini sedang gencar – gencarnya membuka peluang investasi dan mempermudah birokrasi untuk siapa pun yang ingin bekerja di sana. Kamu bisa memulai langkahmu menjadi Digipreneur di sini. Siapa tahu suatu saat nanti saat sedang menjelajah Afrika kamu menemukan negara Wakanda.

Hanoi, Vietnam

Jika pergi jauh bukan pilihan bagimu maka hijrah ke negara tetangga yaitu Vietnam dapat menjadi opsi yang menarik untuk dilakukan. Kenapa? Vietnam adalah salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi terpesat di dunia selama 10 tahun terakhir, mereka bergerak mengejar ketertinggalannya di berbagai sektor.

Kesamaan ras dan kemiripan kultur akan membantu proses adaptasimu di negara ini. Hanoi dapat menjadi kota pilihan untukmu mulai berkarir di luar negeri. Kota ini memiliki kurang lebih 20000-30000 peluang kerja baru setiap tahunnya. Untuk bekerja di Vietnam pun persyaratannya tidak rumit, 3 hal utama yang harus kamu siapkan adalah sertifikat skill yang dibutuhkan, catatan kriminal yang bersih (SKCK), dan hasil medical checkup yang menunjukkan kesehatan yang baik sudah cukup untuk memperoleh izin kerja di Vietnam.
Jadi bagaimana? Sudah siap mulai berkarir di luar negeri?

Hi! Suka dengan artikel ini? Bantu kami jadi lebih baik dengan memberi rating dan review di sini. Share artikel ini jika informasi yang ada bisa bermanfaat untuk kamu dan orang – orang di sekelilingmu ya!

Mau Berkarir di Luar Negeri? Pilih 5 Kota Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Open chat
Hi, Kami leap siap menjawab pertanyaan anda melalui WhatsApp