Sukses melamar kerja dan diterima oleh perusahaan impian adalah sebuah hal yang diinginkan oleh para job hunter. Meski pandemi belum selesai tapi kebutuhan akan tenaga kerja tetap tinggi. Banyak perusahaan atau organisasi mengiklankan lowongan kerja terbaru setiap harinya. Perusahaan saling berlomba merekrut kandidat – kandidat karyawan terbaik yang mengirimkan CVnya. Dan saat ini perkembangan Manajemen Sumber Daya Manusia membuat proses melamar kerja menjadi lebih dinamis dan unik. Suatu hal yang tentunya harus diantisipasi oleh para pencari kerja.
Jika dulu melamar kerja prosesnya hanya terdiri atas mengirimkan surat lamaran dan CV lalu menunggu panggilan interview, maka saat ini ada banyak cara dan persiapan yang harus dilakukan. LEAP Surabaya akan memberi tahu bagaimana caranya agar kamu sukses melamar kerja di era 4.0 ini.

Yang Harus Kamu Lakukan Agar Sukses Melamar Kerja
Ketahui & Pahami Pekerjaan Apa Yang Ingin Kamu Lakukan
Sebelum kamu melamar kerja pastikan kamu tahu pekerjaan apa yang ingin kamu lakukan. Apakah pekerjaan yang sesuai dengan jurusan kuliah atau sekolahmu? Apakah pekerjaan yang sesuai dengan hobi yang kamu miliki?. Setiap orang memiliki preferensinya masing – masing dan jangan mudah terpengaruh dengan kata – kata “pekerjaan yang ini lebih mudah dari yang itu” karena setiap pekerjaan memiliki tantangan dan tanggung jawab masing – masing.
Bagaimana caranya mengetahui pekerjaan apa yang ingin kamu lakukan? Kamu dapat melakukannya dengan mereview dirimu sendiri, apa yang selama ini kamu lakukan dengan senang hati dan bagaimana kualifikasi akademismu. Jika masih ragu kamu dapat mengikuti kegiatan bimbingan dan konseling karir yang bisa kamu temukan di kampus, sekolah atau lembaga lainnya.
Lakukan Riset Terhadap Perusahaan yang Menjadi Targetmu Agar Sukses Melamar Kerja
Setelah kamu tahu jenis pekerjaan apa yang kamu incar dan inginkan, kamu bisa menentukan perusahaan mana yang akan coba kamu lamar. Jika sudah menemukan perusahaan yang tepat dan sesuai, lakukanlah riset sederhana mengenai seluk-beluk perusahaan tersebut.
Apa saja yang harus kamu riset? Cari tahu branding perusahaan, visi misinya, apa saja produk dan layanannya, sejarahnya dan siapa saja orang yang saat ini mengisi posisi strategis di perusahaan tersebut. Saat ini informasi tersebut dapat kamu temukan di internet dengan mudah. Hal ini akan sangat menentukan apakah kamu sukses melamar kerja atau tidak lho
Sesuaikan Resume dan CV dengan Perusahaan Yang Kamu Ingin Kamu Lamar
Jangan sampai kamu menggunakan resume yang sama pada setiap lowongan pekerjaan yang kamu lamar. Buatlah resume sesuai kebutuhan masing-masing perusahaan, cantumkan hal-hal yang relevan dengan lowongan pekerjaan yang kamu lamar. Ingatlah bahwa meski kamu melamar satu jabatan yang sama di dua perusahaan yang berbeda tetap ada perbedaan yang harus kamu perhatikan.
Hal ini juga harus kamu aplikasikan di desain CV yang kamu buat. Satu tips sederhana yang bisa kamu gunakan adalah menggunakan tone warna dari perusahaan yang kamu lamar pada CV yang kamu buat. Jika perusahaan yang kamu lamar warna brandingnya adalah Hitam, maka jangan kamu menggunakan desain berwarna Pink. Apakah kamu tahu kalau LEAP Surabaya memiliki kelas online membuat CV yang kamu butuhkan?
Perhatikan Apa Yang Kamu Posting di Media Sosial! Bisa Jadi Menentukan Apakah Kamu Sukses Melamar Kerja Atau Tidak
Satu hal yang banyak dilakukan oleh HRD saat ini adalah melakukan pemantauan pada akun media sosial dari calon karyawan yang akan mereka rekrut. Membangun citra yang baik dalam dunia online seperti sosial media atau website seperti LinkedIn juga patut kamu pertimbangkan. Buat citra yang profesional dan semenarik mungkin agar peluangmu diterima lebih besar lagi.
Dan yang terpenting hati – hati dengan apa yang kamu posting di media sosial. Setidaknya jangan posting segala sesuatu yang berbau hoax, hate speech, rasis, dan bullying.
Tidak Perlu Menunggu Ada Lowongan
Memanfaatkan website berbagai penyedia lowongan pekerjaan memang bisa kamu lakukan, tapi jangan hanya menunggu ada lowongan baru kamu mengirimkan resume dan CVmu. Kamu dapat mengirimkannya langsung setelah memastikan terlebih dahulu bahwa memang ada jabatan yang kamu incar di perusahaan yang kamu inginkan.
Tips sederhanana, cobalah cari koneksi ke perusahaan yang kamu inginkan. Dia bisa memberitahumu jika ada peluang untuk bergabung karena biasanya perusahaan mengutamakan rekrutmen secara internal sebelum mengiklankan lowongan kerja.
Jadilah Proaktif dan Tinggalkan Kesan Yang Baik
Proses rekrutmen biasanya tidak berlangsung sebentar, ada waktu yang cukup lama dari proses pengiklanan lowongan hingga pengumuman siapa yang diterima. Kamu tidak perlu takut untuk menjadi proaktif kepada pihak perusahaan, kamu berhak menanyakan bagaimana statusmu apakah diterima, ditolak atau masih harus menunggu. Aturlah jangka waktu yang tepat untuk menanyakan statusmu, jangan lakukan setiap hari ya!
Jika pada akhirnya ternyata kamu belum berjodoh dengan perusahaan yang kamu lamar, maka ada baiknya kamu mengirimkan e-mail yang berisi ucapan terima kasih atas kesempatan mengikuti proses rekrutmen. Karena kamu tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan..
Hi! Suka dengan artikel ini? Bantu kami jadi lebih baik dengan memberi rating dan review di sini. Share artikel ini jika informasi yang ada bisa bermanfaat untuk kamu dan orang – orang di sekelilingmu ya!


