fbpx

Membuat Pelanggan Bisnis Online Puas & Loyal : Kamu Wajib Tahu Caranya

Share This Post

Tahukah kamu jika tanggal 4 September adalah Hari Pelanggan Nasional? Bagi kamu yang memiliki bisnis ini adalah waktu yang tepat untuk meningkatkan kualitas layanan dan memberikan yang terbaik bagi pelanggan. Bagi kamu yang menggunakan internet untuk berjualan LEAP mau kasih tahu kamu cara membuat pelanggan bisnis online puas dan loyal.

membuat pelanggan bisnis online puas
membuat pelanggan bisnis online puas

Kepuasaan dan loyalitas pelanggan adalah hal yang penting bagi sebuah bisnis. Hal ini menandakan bisnis mendapat kepercayaan atas kualitas dari produk dan layanan yang diberikan. Karena itu penting bagi sebuah bisnis untuk membuat pelanggan Bahagia dengan produk atau layanannya. Bisnis online pun wajib melakukannya.

Beberapa Cara Membuat Pelanggan Bisnis Online Puas & Loyal

Berikan Pelayanan & Informasi Yang Jujur, Jelas Serta Lengkap Mengenai Produk/Layananmu

Apabila kamu berjualan online maka wajib bagimu untuk menyediakan informasi yang jelas dan lengkap mengenai apa yang kamu jual. Karena pelanggan biasanya akan mencari info detail mengenai barang/layanan yang sedang dia cari. Informasi yang jelas, lengkap dan jujur akan membuat pelanggan puas dan memilih apa yang kamu jual.

Khusus untuk kamu yang memiliki bisnis berupa layanan, salah satuy cara membuat pelanggan bisnis online puas adalah dengan berani berkata tidak. Menolak permintaan mereka karena memang kondisi tidak memungkinkan adalah cara untuk memberi mereka kejelasan sehingga bisa segera mencari opsi lain. Bahkan kamu juga bisa bantu merekomendasikan jika perlu, hal ini akan membuat pelanggan bisa dihargai dan akan Kembali lagi di kemudian hari.

Hadirkan Fasilitas dan Pelayanan Ekstra

Ada beragam jenis pelayanan yang bisa ditawarkan oleh sebuah bisnis, dan hal ini tergantung pada jenis bisnis yang dijalankan. Dari banyaknya jenis bisnis yang sudah ada, bisa disimpulkan bahwa fasilitas yang didapat langsung oleh pelanggan memiliki dampak yang cukup besar.

Salah satu bentuk fasilitas dan layanan ekstra yang bisa dicoba adalah dengan menggunakan sistem membership. Kamu bisa menambahkan fasilitas dari membership ini untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Fasilitas lebih ini bisa apa saja, semisal free product, diskon khusus untuk beberapa produk, early bid, dan lain sebagainya.

Bangun Kedekatan Dengan Pelanggan

Apapun produk atau jasa yang ditawarkan oleh sebuah bisnis pasti akan lebih memuaskan pelanggan jika pelanggan tak perlu repot sendiri untuk mendapatkannya. Jika perusahaan memiliki tim yang sanggup mengirimkan produk ke pelanggan atau berada dekat dengan pelanggan maka ini menjadi nilai tambah

Pelanggan yang tidak kesulitan untuk mendapatkan produk atau jasa yang mereka inginkan kemungkinan besar akan puas dan loyal. Bagi perusahaan sendiri hal ini bisa memunculkan ptensi keuntungan berkali-kali lipat. Namun dalam membangun kedekatan tetap wajib menjaga profesionalitas.

Cara Membuat Pelanggan Bisnis Online Puas : Terima & Respon Kritik, Saran, Keluhan Pelanggan

Pelanggan pasti akan mengatakan yang sejujurnya terkait produk atau jasa yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan. Memang benar adanya terkadang mereka komplain produk atau jasa yang ditawarkan dan terkesan mengesalkan, namun justru dengan keluhan dari pelanggan ini kitabisa mengetahui hal apa yang diinginkan oleh pelanggan.

Jika kritik dan keluhan tersebut bisa diakomodir, produk atau jasa yang ditawarkan ini akan menjadi lebih baik dan berpotensi mendatangkan lebih banyak pelanggan.  Tak hanya keluhan saja, saran dari pelanggan pun juga perlu didengarkan dan diterima. Karena saran inilah yang bisa membantu bisnis berkembang menjadi lebih baik.

Tingkatkan Kualitas Produk Atau Jasa

Hal terakhir yang harus dilakukan oleh entrepreneur untuk membuat pelanggan bisnis online puas yaitu menjaga atau meningkatkan kualitas dari produk atau jasa yang ditawarkan.

Pelanggan yang memang sudah berlangganan produk atau jasa pastinya akan kecewa jika suatu saat ia menemukan produk atau jasa ini menjadi semakin buruk. Oleh karena itu, produk atau jasa yang ditawarkan harus terus dijaga kualitasnya. Akan lebih baik lagi jika produk atau jasa yang ditawarkan ini ditingkatkan kualitasnya. Hal ini akan membuat pelanggan bisnis online puas & loyal.

LEAP Surabaya memiliki pelatihan prakerja “Membuat Toko Dan Optimasi Top Seller E-Commerce Bagi Tenaga Pemasaran” yang cocok untuk kamu yang memiliki bisnis online. Segera daftarkan dirimu untuk memperoleh ilmu yang bermanfaat untuk bisnismu.

Butuh informasi tentang program LEAP lainnya? Klik di sini untuk ngobrol langsung dengan admin!

Membuat Pelanggan Bisnis Online Puas & Loyal : Kamu Wajib Tahu Caranya
Open chat
Hi, Leap siap menjawab pertanyaan anda melalui WhatsApp