Saat ini, banyak orang yang telah menggunakan LinkedIn (baca : linked-in) namun belum memanfaatkannya secara optimal. Banyak yang beranggapan bahwa media sosial yang satu ini hanya digunakan untuk mencari kerja. Padahal LinkedIn memiliki potensi dan manfaat yang lebih dari sekedar mencari pekerjaan. Sebelum melakukan langkah – langkah optimalisasi linkedIn ada baiknya memahami dahulu apa saja manfaar dari medsos yang berdiri tahun 2003 dan memiliki 740 juta pengguna di 150 negara ini.

Beberapa manfaat memiliki akun LinkedIn diantaranya adalah terhubung secara global karena banyak perusahaan internasional memiliki akun didalamnya. Mengikuti tren sosial, ekonomi dan profesi yang sedang terjadi baik secara nasional maupun global. Membuka peluang karir yang lebih luas karena banyak head hunters yang aktif mencari kandidat yang cocok dengan pekerjaan yang ditawarkan. Mendorong pengguna menambah skill, karena medsos ini menyediakan tempat bagi penggunanya untuk mempromosikan skill yang dimiliki. Kamu bisa memperoleh beberapa skill tambahan yang bermanfaat di dunia profesional dengan mengikuti kursus bisnis online lewat kelas – kelas daring yang diselenggarakan oleh LEAP lho!.
Lalu, bagaimana tips mengoptimalkan LinkedIn?
Tips Optimalisasi LinkedIn Agar Bermanfaat Untuk Karir Profesional
Optimalisasi LinkedIn Melalui Headline
Headline adalah ringkasan yang berisi mengenai diri kita saat ini. Buatlah headline yang efektif dan informatif. Karena headline merupakan bagian yang pertama kali dilihat oleh recruiter/viewer sebelum melihat bagian yang lainnya. Optimalisasi headline dapat dilakukan dengan menuliskan keyword yang menunjukkan ketertarikan atau kemampuan dalam satu bidang.
Foto Profil Pun Bisa Digunakan Untuk Optimalisasi LinkedIn
Seperti halnya media sosial yang lain LinkedIn juga memiliki fitur foto profil sebagai media identifikasi pemilik akun. Agar optimal maka gunakanlah foto profil yang casual atau casual-formal. Jangan gunakan foto KTP atau foto yang kaku dengan background warna yang blocking seperti merah atau biru. Jangan ragu untuk memasang foto profil yang menunjukkan profesionalisme atau skillmu. Misalnya seorang fotografer atau videographer dapat memasang foto profil sambil memegang kamera. Hal ini dapat menarik minat recruiter atau viewer untuk melihat lebih lanjut ke akunmu.
Memaksimalkan Summary
Summary adalah fitur yang disediakan LinkedIn untuk menyajikan informasi tentang peronalitas, prestasi dan informasi yang menunjukkan kualitas profesional dari pemilik akun. Tulislah summary dengan format storytelling, jangan lupa cantumkan kelebihan-kelebihanmu di dalamnya.
Selain itu, gunakan keyword yang berkaitan dengan industry atau bidang kerja yang diminati agar muncul di dalam pencarian recruiter. Summary ini juga berguna bagi entrepreneur ataupun profesional lainnya untuk melakukan pitching produk atau brand.
Tampilkan Skill dan Portofolio Terbaikmu
Di LinkedIn mencantumkan skill, baik itu hard skill ataupun soft skill itu penting. Jika perlu, cantumkan sebanyak-banyaknya sesuai dengan kemampuanmu saat ini. Sebab, hal ini akan berpengaruh dalam hasil pencarian recruiter. Karena saat ini recruiter juga biasanya mencari skill yang lebih spesifik dalam suatu posisi.
Selain skill, kamu juga bisa memasukkan portofolio ke dalam profil LinkedIn. Hal ini sangat berguna untuk memberitahu recruiter bahwa kamu memiliki pengalaman dalam mengerjakan proyek.
Riwayat pendidikan
Tips lainnya dalam melakukan optimalisasi LinkedIn adalah mengisi riwayat pendidikan. Bagian ini tidak kalah penting dengan bagian lainnya. Tuliskan nama universitas, jurusan dan kapan tahun lulus. Pengguna yang masih kuliah dapat menuliskan nama universitas dan perkiraan tahun kapan lulusnya.
Kamu yang sedang menduduki bangku SMA/SMK juga bisa menggunakan LinkedIn. Jangan ragu untuk menuliskan nama sekolah tempat belajar saat ini. Selain itu, apabila mempunyai pengalaman organisasi, magang, atau mengerjakan suatu proyek saat sekolah, dapat dimasukkan dalam profil LinkedIn yang akan menjadi nilai plus di mata recruiter.
Mengumpulkan Rekomendasi, Testimoni dan Referensi
Bagian lainnya yang perlu di-highlight untuk optimalisasi linkedin adalah rekomendasi atau testimoni. Kamu bisa meminta rekomendasi kepada kolega, rekan kerja, teman, manajer atau orang – orang profesional yang pernah bekerja denganmu.. Kumpulkan sebanyak-banyaknya referensi dari orang-orang terdekat namun sebisa mungkin jangan anggota keluarga. Pasalnya, hal ini akan membuat kredibilitas dan profesionalitas semakin tinggi di mata recruiter.
Nah, itu dia tips untuk optimalisasi LinkedIn. Selain hal – hal yang telah disebutkan di atas pengguna juga perlu membuat konten – konten yang menarik, memanfaatkan LinkedIn Story dan berinteraksi secara langsung dengan pengguna lainnya. Profesional dengan berbagai bidang wajib memaksimalkan LinkedIn dengan baik. Pasalnya, platform ini memiliki manfaat yang sangat luas bagi karir profesional dan bisnis ke depannya.


