Optimasi Marketplace! Rahasia Jualan Online Laris
Optimasi marketplace adalah hal penting dalam bidang penjualan online. Ya, tentu! Marketplace adalah platform pihak ke tiga bagi Anda untuk memulai bisnis online. Berbeda dengan berjualan offline yang memerlukan biaya sewa setiap bulannya untuk memiliki toko. Asalkan Anda mampu mengoptimasi marketplace maka penjualan akan meningkat, apalagi jika Anda mampu memanfaatkan banyak sekali fitur marketplace yang menguntungkan penjual dan pembeli.
Selain memudahkan pembeli dan penjual karena tidak perlu bertemu terlebih dahulu untuk melakukan kesepakatan, marketplace juga menawarkan harga yang lebih murah daripada harga di toko fisik. Seluruh penduduk Indonesia dapat mengakses aplikasi marketplace dan membeli barang di marketplace. Pembeli tidak mengeluarkan biaya untuk berkunjung ke toko yang berada di luar kota karena semua toko sudah tersedia di marketplace, bahkan marketplace pun menyediakan gratis ongkir untuk minimal pembelian.
Pembeli pun saat ini banyak yang beralih ke marketplace seakan marketplace untuk membeli kebutuhan premier dan sekundernya. Banyak yang menyukai pembelian produk melalui marketplace karena proses nya terbilang mudah bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Maka dari itu, Anda harus mengetahui rahasia untuk berjualan di marketplace.
Tips Optimasi Berjualan di Marketplace
1. Berikan Informasi yang Dibutuhkan Pembeli
- Judul Produk
Judul produk yang baik berisi kata kunci yang diperlukan untuk muncul di hasil pencarian pembeli. Kata kunci adalah hal yang vital dalam SEO, termasuk SEO marketplace ini. Saat mencari barang yang dibutuhkan, user akan melakukan pencarian di kolom pencarian aplikasi marketplace mereka. Dalam proses tersebut, keyword sesuai kebutuhan akan dimasukkan ke dalam kolom tersebut.
Misalnya saja saat Anda mengetikkan ‘bando bayi’, maka yang muncul bukan hanya kata kunci tersebut, tapi juga kata kunci ‘bando bayi perempuan 0_6 bulan’, ‘bando bayi perempuan lucu’, atau ‘bando bayi newborn’. Artinya, keyword ‘bando bayi’ ini telah terbaca di system dengan istilah lain yang biasanya orang lain ikut mencarinya. Kata kunci yang ikut muncul ini menunjukkan kata kunci yang sedang sering dicari oleh para pembeli. Berikut contoh pencarian kata kunci pada beberapa marketplace :

Selain menuliskan kata kunci yang tepat, penting juga untuk memilih kategori yang sesuai dengan produk yang dijual agar algoritma marketplace dapat memberikan rekomendasi saat calon pembeli mencari produk yang related atau berhubungan secara nama atau secara kategori.
Karena kompetisi yang sangat ketat di marketplace, tidak jarang kita menemukan produk yang sama yang dijual oleh banyak penjual berbeda. Jika ingin pelanggan membeli dari Anda, penting untuk memastikan produk Anda tampil di halaman atas. Saat upload produk di marketplace, selalu gunakan kata kunci dan kategori yang tepat.
Optimasi untuk Jualan Online di Marketplace
- Foto Produk yang Menarik untuk Optimasi Marketplace
Menambahkan foto pada deskripsi produk merupakan hal yang sangat vital. Pasalnya, manusia adalah makhluk visual yang senang melihat terlebih dahulu sebelum memutuskan langkah selanjutnya. Ketika visualisasi yang tersedia tampak menarik perhatian, kemungkinan untuk melakukan aksi akan lebih besar. Sebaliknya, ketika produk tersebut tampak kurang rapi, kusam, tidak estetik, calon pembeli langsung akan merasa enggan untuk melanjutkan tindakannya. Yang menarik, ada beberapa marketplace yang sudah bisa mengidentifikasi gambar. Saat mencari sebuah produk, pengguna dapat langsung melakukannya dengan upload gambar di fitur pencarian mereka. Dalam hitungan detik, pengguna akan mendapatkan hasil pencarian sesuai dengan gambar yang diunggah pembeli.

Tidak jarang kita menemukan gambar produk yang sama antara satu dengan yang lainnya. Hindari penggunaan foto yang asal- asalan dan mempunyai terlalu banyak gambaran. Hal utama yang harus dilakukan adalah memunculkan keunggulan produk, baik dari segi bentuk, warna, fitur yang tampak, dan sebagainya. Semakin menarik foto sebuah produk, calon pembeli pasti akan semakin tergoda untuk membeli produk.
Jika Anda ingin menjaring kepercayaan calon pembeli, sebaiknya selalu gunakan real picture. Tidak sedikit pebisnis online yang hanya mencomot gambar di internet untuk menunjukkan produk jualannya. Alasannya bisa karena tidak memiliki foto produk, tetapi bisa juga karena sengaja ingin menjebak pembeli.
Untuk membuat foto produk yang berkualitas, Anda harus memiliki foto dengan ketelitian tinggi dengan latar belakang kontras yang secara jelas memungkinkan pembeli untuk melihat detail produk dan tahu persis apa yang akan dijual. Sertakan foto produk dengan kualitas tinggi (1000px X 1000px) dengan background warna kontras sehingga produk dapat terlihat jelas. Jika produk Anda adalah bundle, sertakan foto bundle dan bukan unit tunggal. Jika produk Anda tersedia dalam beberapa variasi, sertakan detail variasi (tampilkan beberapa warna). Sertakan lebih dari 1 foto produk dan jabarkan produk dari sudut yang berbeda melalui foto produk.
Optimasi Lewat Harga
- Harga
Marketplace adalah tempatnya perang harga, kenyataannya memang seperti itu. Karena banyaknya jumlah penjual, perang harga sering tidak bisa dihindari di marketplace. Saat menyadari bahwa produk sejenis jumlahnya cukup banyak, buatlah harga yang kompetitif. Kompetitif bukan berarti Anda harus banting harga semurah- murahnya. Meski setiap marketplace mempunyai fitur shortlist berdasarkan harga termurah atau termahal, selalu ada peluang untuk pelanggan membeli pada level harga manapun selama harga tersebut masih termasuk harga yang wajar di pasaran. Jadi saat Anda tidak yakin untuk ikut serta dalam perang harga, yakinlah bahwa Anda tetap bisa berjualan. Kuncinya, berikan nilai lebih pada produk Anda dengan cara yang lain
Tips Optimasi Marketplace Lewat Deskripsi Produk
- Deskripsi Produk
Untuk melengkapi produk yang Anda jual tulislah deskripsi produk yang bersifat informatif dan menarik perhatian. Hal tersebut bertujuan agar konsumen dapat mengerti tentang apa produk yang Anda jual. Usahakan agar para konsumen berlarut larut dalam menjelajah toko online Anda dengan membaca beberapa deskripsi yang bisa menambah wawasan. Jangan sampai konsumen hanya melihat-lihat produk Anda kemudian pergi karena tidak cocok dengan produk Anda atau belum menemukan yang pas. Deskripsi produk hanya terlihat di halaman detail produk sehingga konten di sini harus difokuskan untuk mengubah pemirsa menjadi pembeli. Nah, inilah beberapa cara menulis produk deskripsi yang tepat:
-
- Jangan Meniru Deskripsi Produk Orang Lain
Jangan menggunakan deskripsi produk pabrikan. Dengan menulis copy Anda sendiri, Anda dapat menghindari hukuman dari Google karena deskripsi Anda menduplikasi. Selain itu, Anda juga dapat meningkatkan peluang menghasilkan konversi ketika menulis deskripsi produk sendiri.
-
- Optimasi Marketplace dengan Deskripsi yang Mudah Dibaca dengan Cepat
Deskripsi produk Anda harus mudah untuk dibaca. Dengan dua kalimat yang menggambarkan produk dan beberapa poin, konsumen dapat menerima informasi dengan lebih cepat sehingga mereka dapat segera membeli produk Anda. Jika Anda menjual laptop misalnya, Anda dapat mengubah spesifikasi menjadi poin-poin agar mudah dibaca.
-
- Fokus pada Fitur, Manfaat, dan Keunggulan Produk
Berikutnya Anda bisa fokus pada fitur, manfaat, dan keunggulan produk. Deskripsi sebaiknya terdiri atas sejumlah komponen, antara lain fitur, manfaat, dan keunggulan produk. Fitur adalah hal yang ditawarkan oleh sebuah produk kepada konsumen. Fitur merupakan sarana kompetitif yang membedakan antara satu produk dengan yang lain. Sebagai contoh, fitur tiap smartphone sangat beragam meskipun memiliki fungsi utama sebagai alat komunikasi. Sedangkan manfaat adalah sesuatu yang diperoleh konsumen ketika menggunakan produk Anda. Berikut contoh penyajian manfaat produk yang dapat Anda tuangkan pada deskripsi Anda.

Pentingnya Optimasi Lewat Deskripsi Produk
Seandainya penjual hanya menyebutkan bahwa garam Himalaya datang dari Pakistan, belum tentu konsumen akan tertarik untuk membeli, bukan? Alasannya, penjelasan tersebut tidak langsung memberikan manfaat bagi mereka. Itulah sebabnya penjual langsung memfokuskan pada manfaat yang bisa didapatkan konsumen. Contohnya, mengandung banyak mineral, antimikroba, penyeimbang pH tubuh, hingga kemampuannya dalam mencegah berbagai penyakit berbahaya. Nah, deskripsi suatu produk akan membantu calon pembeli untuk mempertimbangkan apakah perlu melakukan pembelian atau tidak.
Hal lainnya yang wajib dimasukkan adalah keunggulan produk. Informasi pada bagian ini sangat penting karena dapat merupakan alasan yang kuat bagi calon pembeli untuk mendapatkan produk. Keunggulan produk yang dituliskan dalam deskripsi tentu harus benar, jelas, dan tepat. Sementara itu, hal yang harus dihindari adalah menampilkan keunggulan secara berlebihan sehingga menciptakan kesalahpahaman. Akibatnya, orang-orang yang tidak teliti bisa saja salah dalam membaca dan memahami informasi tersebut. Kegagalan menyampaikan keunggulan produk secara tepat di dalam deskripsi dapat mempengaruhi tingkat kepercayaan pengunjung.
-
- Periksa Ejaan dari Deskripsi Produk
Baca deskripsi produk Anda untuk memastikan tidak ada kesalahan ketik. Anda bisa menggunakan alat seperti Grammarly untuk menghindari kesalahan ejaan. Kesalahan ketik hanya akan membuat Anda terlihat tidak profesional. Fokuslah pada transparansi dan kepercayaan. Jika Anda peduli kepada audiens dan merespon mereka dengan baik, kredibilitas Anda akan meningkat secara otomatis
2. Optimasi Marketplace dengan Memanfaatkan Banyak Fitur Promo untuk Jualan Online
Salah satu daya tarik tersendiri untuk pembeli dengan berbelanja di marketplace yakni adanya berbagai program promo belanja di marketplace, mulai dari diskon besar-besaran sampai free ongkir. Selain itu, untuk memperkenalkan lebih lanjut barang yang dijual penjual, marketplace memberikan pemasangan iklan secara gratis untuk 5 produk unggulan penjual yang bisa menjangkau para pengguna Facebook, Instagram dan media sosial lainnya. Fitur iklan gratis ini sebenarnya dapat sangat membantu para penjual untuk meraih pasar digital secara lebih luas.
Dengan berjualan di marketplace, penjual bisa memanfaatkan berbagai fitur promo dan melakukan banyak hal seperti memberikan promo ongkir, big sale, buy one get one, dan lainnya, selain itu marketplace juga menyediakan banyak keuntungan yang jangan sampai terlewatkan oleh penjual dan dropshipper yakni menggunakan gratis iklan untuk 5 produk secara terus menerus. Sebagai penjual kita harus benar-benar memanfaatkan fitur gratis iklan tersebut.
3. Manfaatkan Iklan Berbayar
Marketplace memang memiliki fitur promo dan iklan, namun hal tersebut belum mencukupi untuk memaksimalkan penjualan Anda di marketplace. Oleh karena itu kini saatnya Anda menjalankan iklan digital. Banyak platform iklan yang bisa Anda manfaatkan. Pada mesin pencari Google dikenal Google Search Netwok dan Google Display network. Di media sosial dikenal Facebook Ads, Twitter Ads, dan TikTok Ads. Dengan memanfaatkan berbagai platform untuk beriklan, Anda memperbesar eksposure bisnis pada calon konsumen aktif di Internet, sehingga memberikan audiens potensial yang sangat besar untuk iklan digital yang Anda jalankan.
4. Reputasi Toko, Rating dan Review produk
Reputasi toko, rating dan review produk sangat penting saat Anda berjualan di marketplace. Tiga hal ini mempunyai kaitan erat dengan penjualan, dan respon penjual/ pelayanan/ pengiriman atau kualitas produk. Suka atau tidak, keputusan konsumen membeli dipengaruhi oleh hal- hal tersebut. Rekomendasi yang konsumen berikan akan memberikan dampak signifikan pada reputasi bisnis Anda. Selain itu, review positif juga dapat mendatangkan pembeli lebih loyal dibandingkan dengan jenis promosi yang lain. Untuk itu, manfaatkan testimoni, review, dan ulasan postif dari konsumen Anda.
Berikut ini adalah beberapa hal tentang reputasi toko yang mempengaruhi keputusan membeli seorang konsumen :
- Last Online/Last Active
Last online adalah indikator bahwa toko yang Anda miliki aktif, mempunyai produk yang benar- benar ada, dan siap melayani pembeli. Keaktifan penjual adalah salah satu kriteria penting untuk konsumen memutuskan membeli dari sebuah toko di marketplace.
- Balas Chat atau Diskusi Produk dengan Cepat
Kecepatan kita dalam membalas pesan akan mempengaruhi keputusan akhir konsumen dalam membeli produk Anda. Kecepatan membalas juga bisa menjadi salah satu tolak ukur kualitas layanan penjual terhadap pembeli.
- Meminimalisir Retur dan Cancel
Retur dan cancel sangat berpengaruh terhadap reputasi toko. Terlalu banyak cancel order dapat mempengaruhi visibilitas dari produk yang Anda jual karena reputasi toko diturunkan. Selain itu, tingkat cancel atau retur yang tinggi juga membuat calon pembeli berpikir dua kali sebelum membeli dari toko Anda
5. Manfaatkan Media Sosial yang Lain untuk Optimasi Marketplace
Salah satu cara yang bisa digunakan untuk optimasi marketplace adalah meningkatkan follower dengan memanfaatkan media sosial karena ia memiliki banyak manfaat untuk membangun bisnis Anda. Dengan menggunakannya untuk mempelajari lebih banyak tentang pelanggan, mendekati audiens, dan melebarkan jangkauan brand, Anda akan mencapai konversi sebelum menyadarinya. Oleh karena itu, memanfaatkan media sosial menjadi sangat penting bagi seorang penjual marketplace. Media sosial memiliki audiens yang sangat besar sehingga kesempatan untuk mendapatkan follower baru juga sangat besar. Anda dapat memanfaatkan event yang melibatkan follower media sosial Anda untuk mengajak mereka mengikuti juga akun market place Anda. Dengan begitu, follower kedua platform digital ini akan tumbuh secara bersamaan.
Misalnya, tampilkan link toko online Anda pada bio yang ada pada akun media sosial Anda yang lain bisa pada Whatsapp, Instagram, Facebook, Twitter, Tik Tok dan Sebagainya. Anda juga dapat mengirim pesan ajakan atau promosi secara lebih pribadi kepada rekanan atau followers Anda di akun media sosial tersebut.
Bagaimana? Sudah siap melakukan optimasi marketlace untuk jualan online milikmu? Jangan ditunda-tunda ya, agar kamu nggak kalah saing dengan kompetitor. Artikel ini membantumu? Jangan lupa untuk bantu kami jadi lebih baik dengan memberi rating di sini. Share juga artikel ini jika informasi ini bermanfaat untuk kamu.


