fbpx

Saat ini penggunaan media sosial bukan sekedar untuk memposting foto atau video personal saja. Media sosial juga digunakan untuk melakukan penjualan produk bisnis yang kita miliki. Salah satu media sosial yang paling berpengaruh terhadap penjualan produk suatu bisnis adalah Instagram.

Instagram merupakan salah satu platform media sosial yang memiliki pengaruh besar dan penting dalam suatu bisnis. Hingga detik ini, Instagram sudah memiliki lebih dari 700 juta pengguna di seluruh dunia dan setiap harinya sekitar 60 juta foto dibagikan.

Instagram merupakan aplikasi yang paling popular yang gunanya untuk berbagi foto dan video. Ini menjadi salah satu alasan mengapa Instagram memiliki berbagai manfaat untuk para pebisnis guna membangun dan mengembangkan brand dari bisnis yang mereka miliki.

Mungkin banyak dari anda yang masih meraba-raba, bagaimana cara memanfaatkan Instagram untuk bisnis anda. Nah, di artikel kali ini, kami akan membahas beberapa hal tentang instagram untuk bisnis serta tips dan strategi yang bisa digunakan.

Instagram On Smartphone
tips dan strategi menggunakan instagram untuk bisnis anda

Tips untuk Membangun Instagram Bisnis Anda

Instagram adalah platform yang sangat visual, oleh karena itu Anda perlu membangun akun yang kohesif dan mudah diingat – anggap ini sebagai bagian dari brand identity bisnis Anda. Berikut adalah beberapa tips untuk membangun akun Instagram yang baik.

Grafis Visual Yang Konsisten

Sebuah penelitian dari WebDam mengenai visual di social media menemukan bahwa 60% dari brand terkenal di Instagram menggunakan filter yang sama pada setiap post.

Dengan menggunakan filter yang sama di semua foto Anda, akun Instagram bisnis Anda akan memiliki sebuah style yang mudah dikenali oleh follower Anda. Karena salah satu objektif Anda dalam menggunakan Instagram adalah untuk mendapat likes dan komentar.

Semakin mudah dikenali foto Anda, semakin besar kemungkinan followers Anda akan me-like dan meninggalkan komentar di foto Anda.

Untuk membantu Anda membuat visual yang konsisten, Anda bisa menggunakan aplikasi editing seperti Photoshop, Canva dan Lightroom. Aplikasi ini menyediakan fitur editing yang bisa membantu Anda menciptakan style yang sesuai dengan brand Anda.

Tentukan Subyek Yang Ingin Ditampilkan

Secara visual, Anda perlu menentukan konten apa yang ingin Anda jadikan fokus dari akun Anda. Tentunya, jika Anda menjual baju, foto-foto yang akan Anda upload di akun Instagram bisnis Anda adalah foto-foto baju.

Jika Anda memiliki restoran, tentunya Anda akan mengupload gambar-gambar makanan dari restoran Anda.

Tapi, tentu saja sesekali Anda boleh mengupload gambar yang mungkin tidak terkait dengan bisnis Anda, tetapi bisa menjadi postingan menarik untuk follower Anda. Misalnya foto binatang peliharaan atau foto staff bisnis Anda untuk menjadikan profil Anda menjadi lebih personal.

Manfaatkan Branded Hashtags Secara Maksimal

Meskipun Instagram adalah social media yang mengutamakan visual, ada elemen non-visual yang perlu Anda tambahkan ke brand Instagram Anda, seperti misalnya gaya caption.

Salah satu teknik yang populer adalah branded hashtags. Ini tidak berarti hanya menggunakan nama perusahaan Anda sebagai hashtag. Anda juga bisa membuat hashtag yang melambangkan dan merepresentasikan merek Anda dan mendorong pengikut untuk berbagi foto yang sesuai dengan hashtag tersebut.

Selalu Perhatikan Audiens Anda

Bisnis Anda tidak akan berhasil di Instagram dengan hanya menirukan strategi merek lain. Apa yang bekerja untuk Gojek atau Tesla tidak akan bekerja untuk lembaga keuangan atau organisasi sosial.

Perhatikan audiens Anda dan pastikan anda mampu memenuhi kepentingan dan selera mereka. Lihatlah apa yang bekerja untuk bisnis Anda di media sosial lainnya, konten apa yang dibagikan audience Anda di Instagram, dan bagaimana mereka berinteraksi dengan pesaing anda.

Berkreasilah Dengan Konten Yang Anda Buat

Ambil gambar, tambahkan filter agar lebih menarik, dan post. Tiga langkah ini memang merupakan langkah dasar penggunaan Instagram.

Itu mungkin berhasil saat Instagram masih dalam tahap awal, namun platform yang satu ini sudah banyak berubah dan sekarang menawarkan banyak kesempatan bagi bisnis untuk berbagi berbagai jenis konten interaktif dan menarik..

Ciptakan Caption Yang Menarik

Instagram mungkin berisi konten visual yang memikat, namun jangan mengabaikan caption yang menyertai setiap foto. Caption memberikan peluang besar bagi bisnis Anda untuk menceritakan sebuah kisah.

Keterangan Instagram memungkinkan Anda untuk memperluas gambar, memberikan konteksnya, dan bahkan membuat pengikut Anda tertawa (terutama jika Anda senang menggunakan emoji).

Manfaatkan Instagram Story

Instagram story telah mengumpulkan rata-rata 250 juta pengguna harian. Ini menjadi bukti bahwa bisnis harus bisa memanfaatkan Instagram Story untuk mempromosikan brand-nya. Instagram story bisa menjadi fitur yang sempurna bagi bisnis untuk mengasah kreatifitas dan menciptakan foto dan video yang menarik perhatian.

Bekerjasamalah dengan Influencer

Identifikasi influencer di Instagram yang relevan dengan merek atau industri Anda, dan mulai membangun hubungan. Beri mereka izin menggunakan akun bisnis anda selama satu hari, atau hubungi mereka untuk bekerjasama dalam bentuk konten sponsor atau promosional di akun mereka sendiri.

Meskipun banyak influencer yang akan mengenakan Anda biaya mahal jika Anda ingin bekerja sama dengan mereka, Anda pasti bisa menemukan influencer yang mungkin memiliki lebih sedikit follower dan jangkauan tetapi masih sesuai dengan budget Anda.

Dengan 700 juta pengguna aktif setiap bulannya, kekuatan dan jangkauan Instagram memang tidak dapat disangkal. Instagram memang dimulai sebagai aplikasi foto sederhana. Tetapi sekarang, Instagram telah mengalami banyak perubahan dan menjadi sebuah platform yang memungkinkan pengguna membangun identitas visual bisnis mereka

Penting untuk diingat bahwa pengguna Instagram menghargai konten berkualitas tinggi. Buat foto dan video yang memberi audiens Anda informasi menarik. Cara membuatnya? Kamu bisa mengikuti kursus bisnis online yang diselenggarakan oleh LEAP.

 

 

 

Strategi Instagram Untuk Pengembangan Bisnis Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hi, Kami leap siap menjawab pertanyaan anda melalui WhatsApp