fbpx

Pengumuman SNMPTN 2021 telah usai dilakukan, selamat untuk kamu yang berhasil lulus SNMPTN dan berhasil diterima di universitas negeri yang menjadi pilihan. Ini adalah sebuah awal bagi kamu untuk menjejak jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

lulus SNMPTN
Lulus SNMPTN? Selamat memasuki dunia perkuliahan!

Ada beberapa hal yang harus kamu lakukan untuk memastikan proses transisimu dari dunia putih abu-abu ke dunia kampus berjalan dengan lancar dan menyenangkan. Yuk simak!

Hadiri Acara Kampus

Penting untuk mengikuti setiap acara kampus khususnya sebelum minggu pertama kalian masuk kuliah. Jangan menutup diri. Terbukalah dan bersikaplah ramah terhadap siapapun yang kalian temui di acara kampus. Selain bisa bertemu teman baru, kalian juga bisa mengenal beberapa staff kampus dan juga dosen yang ikut acara tersebut.

Jangan Bolos Dan Titip Absen!

Ikutilah setiap kelas yang kalian ambil. Ingat ada begitu banyak perjuangan untuk bisa masuk ke dalam sebuah universitas mulai dari lulus SNMPTN, nilai akademik, bahkan biaya yang dikeluarkan. Kalian juga harus menyadari bahwa Universitas dan SMA adalah dua hal yang berbeda.

Jika dulu di SMA, kalian bisa membolos dan tidak mendapat masalah. Maka saat di universitas sekali saja bolos maka kalian akan tertinggal cukup jauh. Selain itu di universitas, para dosen tidak akan peduli dengan hadir atau tidaknya seorang mahasiswa. Jadi hasil akhir yang kalian peroleh akan setimpal dengan apa yang kalian lakukan.

Kenali Dosen dan Materi Mata Kuliahnya

Setiap dosen dan professor memiliki sikap atau cara mengajar yang yidak sama. Dosen dan guru adalah dua hal yang berbeda lho. Jika di SMA kalian lebih sering berkutat dengan buku maka saat belajar di universitas ada banyak sekali media yang digunakan. Cara setiap dosen dalam memberikan materi juga bervariasi.

Perhatikan Kelas dan Jadwal Perkuliahan

Expect the unexpected! Meskipun kalian sudah memiliki jadwal dan tahu di mana kelas akan berlangsung. Tapi suatu hari bisa saja Anda dikejutkan dengan perubahan jadwal dan kelas. Jika hal ini terjadi, kalian mungkin merasa gugup mengingat hasil akhirnya adalah terlambat masuk kelas. Tapi kalian tidak perlu khawatir karena biasanya para dosen akan sedikit maklum dengan hal ini di awal semester.

Tapi ingat, jika kalian tidak bisa menemukan kelas maka bertanyalah pada bagian akademik untuk mengetahui perubahan kelas atau jadwal yang terjadi. Sebagai antisipasi sebaiknya kalian secara rutin mengecek email atau schedule online untuk mengetahui perubahan mendadak yang mungkin terjadi.

Lulus SNMPTN tapi masih pandemi? Bersiaplah Untuk Perkuliahan Daring

Saat ini situasi pandemic masih berlangsung dan ada kemungkinan kalian akan memulai dunia perkuliahan secara daring. Untuk itu selain beberapa tips di atas ini adalah tips yang bisa kalian lakukan apabila harus memulai kuliah dari rumah.

Siapkan Koneksi Internet yang Menunjang Kegiatan Kuliah dan Pengerjaan Tugas

Kuliah daring dalam kondisi pandemi saat ini menuntut kita untuk mepersiapkan banyak hal yang bisa mendukung proses kuliah yang akan dijalankan. Di antaranya ialah koneksi internet dan aplikasi penunjang kegiatan kuliah daring ini. Aplikasi ini meliputi aplikasi video teleconference seperti Zoom Meeting, Google Meet, Skype dan aplikasi pendukung lainnya. Selain itu, kita juga perlu menyiapkan aplikasi, media sosial atau website penunjang belajar dan kuliah online seperti Google Classroom, iPusnas, Polaris Office, Google Scholar, Portal kampus, WhatsApp Group, Line Group dan sebagainya yang bisa mendukung pengerjaan tugas-tugas kuliah daring sesuai dengan kesepakatan bersama dengan dosen dan teman-teman sekelas. Jika kamu persiapan lebih awal, maka proses belajar akan berlangsung lebih efektif.

Cek Jadwal Kuliah Daring dengan Teliti dan Berkala

Tentu saja, ketika baru saja menjadi mahasiswa baru, kita terkadang akan lebih banyak mencemaskan kegiatan akademik di kampus sebagai prioritas tinggi. Tips kuliah daring yang kedua, untuk mendapatkan materi kuliah secara efektif, sebaiknya kita menyusun jadwal kuliah daring yang kita ikuti. Penyusunan jadwal ini juga penting untuk menentukan jadwal belajar yang akan direncanakan ke depannya.

Ciptakan Lokasi Belajar dan Kuliah Daring yang Tenang

Kuliah daring dari rumah tentu mempunyai rasa dan situasi yang berbeda dengan kuliah seperti biasa di dalam kelas. Kita cenderung untuk sulit berkonsentrasi. Oleh karena itu, sebaiknya kita mencari lokasi atau tempat kuliah dan belajar yang mendukung dalam berkonsentrasi dalam perkuliahan. Misalnya kuliah di kamar tidur, ruang belajar, dan tuang nyaman lainnya yang bisa menenangkan pikiran kamu.

Jangan Menunda Mengerjakan Tugas dari Dosen

Tugas yang diberikan dosen sebaiknya tidak ditumpuk hingga mendekati deadline ya. Menunda pengerjaan tugas hanya akan bikin diri kita kesulitan menyelesaikan tugas tersebut dengan efektif dan efisien. Kalau bisa dikerjakan dengan baik, maka proses kuliah daring juga akan terasa lebih ringan.

Dunia perkuliahan sangatlah berbeda dengan dunia sekolah, kamu akan mendapat kebebasan untuk mengatur waktumu sendiri. Selain itu akan banyak kesempatan yang muncul dan bisa kamu manfaatkan untuk mengembangkan diri lebih baik. Beasiswa dari LEAP ini misalnya, kamu akan mendapat ilmu sekaligus pengalaman yang menarik dan bermanfaat bagimu baik di masa kuliah maupun setelah lulus nantinya.

 

Sudah Lulus SNMPTN? Yuk Siapkan Diri Memasuki Dunia Perkuliahan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hi, Kami leap siap menjawab pertanyaan anda melalui WhatsApp