fbpx

Apakah kamu sudah tahu apa itu big data? Menurut Wikipedia: “Big Data is a phrase used to mean a massive volume of both structured and unstructured data that is so large it is difficult to process using traditional database and software techniques. In most enterprise scenarios the volume of data is too big or it moves too fast or it exceeds current processing capacity.” Tahukah kamu bahwa banyak manfaat dari hal ini terutama di bidang bisnis?

Era digital ini informasi yang dihasilkan sudah sangat banyak. Salah satunya berasal dari perilaku penggunaan internet kita. Hal apa saja yang kita telusuri, yang sedang kita lihat, atau yang sedang kita baca di internet. Semua terekam dan menjadi data. Para pebisnis, baik kecil, menegah maupun besar, perlu mengetahui bahwa proses bisnis juga sama. Untuk perusahaan besar mungkin hal ini sudah manjadi hal lumrah. Bahkan ada divisininya sendiri. Berdasarkan laporan forbes, 53% perusahaan di dunia telah mengadopsi big data dalam bisnisnya di tahun 2017.

big data
big data yang membentuk dunia

Sebagai sebuah teknologi, Big Data muncul untuk memecahkan atau mempermudah penyelesaian suatu masalah. Ada tiga masalah utama yang bisa diselesaikan, yaitu masalah jumlah data yang berlimpah (Volume), kecepatan data yang dihasilkan (Velocity), dan masalah keberagaman datanya (Variety).
Ketika perusahaan mampu menggabungkan jumlah data besar yang dimilikinya, lalu mengolah dan menganalisanya, maka ada sejumlah manfaat yang bisa diperoleh

3 Manfaat Big Data Untuk Dunia Usaha

Memaksimalkan Profit Bisnis

Sebagian bisnis sudah mencapai profit maksimalnya. Sebagian lagi sedang berperoses mencapainya. Menurut ahli dari Wharton University, Amerika Serikat, salah satu cara memaksimalkan profit adalah dengan mengumpulkan seluruh informasi terkait bisnis.
Salah satunya bisnis dapat memanfatkan informasi penjualan untuk memaksimalkan profit. Pelaku bisnis bisa melihat informasi daftar produk atau jasa yang nilai penjualannya tinggi dan rendah. Dari situ kemudian dapat menjadikan produknya yang laris sebagai produk unggulan untuk meningkatkan profit
Sedangkan untuk produk yang kurang populer, pebisnis bisa memaksimalkan penjualannya dengan cara memberinya diskon atau menjadikannya paket penjualan dengan produk yang laris.

Dengan Big Data Efisiensi Biaya Mudah Untuk Dilakukan

Pebisnis terkadang tidak sadar bahwa dalam proses bisnisnya ada kegiatan yang tidak penting dan menghabiskan dana. Melalui informasi operasional bisnis dapat meminimalisirnya untuk mencegah kebocoran dana operasional.
Semua aktivitas bisnis yang tidak memberikan dampak terhadap bisnis, dapat dihilangkan atau diganti dengan yang lebih cocok. Berlaku untuk semua bagian dalam bisnis, mulai dari produksi sampai penjualan.

Kinerja Karyawan Menjadi Lebih Efektif

Kinerja tim bisnis bisa semakin cepat dan tepat. Melalui informasi yang dikumpulkan, pebisnis bisa mengerti hal apa saja yang menjadi prioritas yang harus di lakukan oleh tim. Mengeliminasi hal apa saja yang membuat perusahaan berjalan lambat.
Tim menjadi lebih ramping. Sumber daya benar benar dapat termanfaatkan dengan baik. Team pun bisa merasa happy karna dapat melakukan pekerjaan dengan kemampuan terbaiknya. Waktu pun bisa dihemat, bisnis proses menjadi cepat.

Jadi bagaimana? Sudah mengerti manfaat Big Data? Kalau kamu ingin mendapatkan ilmu – ilmu menarik lain terkait dunia bisnis, kamu bisa mengikuti kelas – kelas kursus bisnis online yang diselenggarakan oleh LEAP lho!

Big Data Dan Perannya Dalam Pengembangan Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hi, Kami leap siap menjawab pertanyaan anda melalui WhatsApp