fbpx

Di zaman sekarang, rasanya melepaskan kegiatan kita sehari-hari dari dunia digital. Hampir semua orang mengoperasikan gadget dan menggunakan internet sebagai kebutuhan hidup setiap harinya. Di Indonesia, perkembangan dunia ekonomi digital terbilang cukup pesat.

Pandemi Covid/19 berhasil mempercepat transformasi bisnis serta aktivitas jual beli dari tradisional menjadi daring atau online lewat prinsip digitalisasi. Laporan e-Conomy SEA yang disusun Google, Temasek, dan Bain & Co mengungkap bahwa ekonomi digital di Indonesia secara keseluruhan diperkirakan mencapai US$44 miliar setara Rp624,2 triliun pada 2020, dan diperkirakan melesat hampir tiga kali lipat pada 2025 mencapai sekitar US$124 miliar.

ekonomi digital dalam visual
ekonomi digital indonesia dari ujung jari kita

Hal – hal apa saja yang mempengaruhi ekonomi digital Indonesia? Artikel ini akan menjelaskannya untuk kamu.

Faktor – Faktor Ekonomi Digital di Indonesia

Bermunculannya Start Up Digital

Munculnya startup-startup seperti Gojek, Traveloka, Tokopedia, Shopee dll telah mengantarkan Indonesia ke gerbang persaingan ekonomi global. Tentunya untuk bisa bersaing di ajang multinasional, produk-produk lokal yang ditawarkan pun haruslah yang inovatif. Kemunculan bisnis startup juga pada akhirnya mendorong pelaku usaha menjadi lebih kreatif dalam berbisnis.

Pesatnya Transaksi Melalui E-Commerce

Transaksi di e-commerce diprediksi akan menyentuh angka USD 82 miliar. Pandemi yang telah berlangsung hampir 1 tahun memunculkan banyak sekali pebisnis baru yang berjualan secara online baik melalui platform media sosial seperti facebook atau instagram, melalui marketplace seperti Lazada atau bahkan mendirikan website sendiri.

Peningkatan Kualitas Internet Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Digital

Internet merupakan hal pokok yang menjadi faktor pendorong utama tumbuh kembangnya perekonomian digital. Internet di Indonesia yang sebelumnya masih terpusat di pulau-pulau terbesar saja, seperti Jawa, Bali, Sumatera, dan Nusa Tenggara. Saat ini mulai meluas dan merata di wilayah Kalimantan, Sulawesi, Sumatera dan Papua. Dengan begini akan semakin banyak peningkatan transaksi digital serta bermunculan bisnis – bisnis daring baru di pelosok Nusantara.

Kualitas SDM Yang Terus Diperbaiki dan Ditingkatkan

Faktor pendorong terbesar ekonomi digital adalah pembangunan sumber daya manusia. Agar perekonomian Indonesia bisa melaju dengan begitu cepat, tentu kita harus memanfaatkan salah satu modal utama negara kita, yakni sumber daya manusia.
Meski SDM Indonesia jauh lebih banyak dibandingkan negara-negara di ASEAN, tetapi tenaga kasar masih mendominasi sumber daya kita. Maka dari itu, perbaikan sistem pendidikan serta edukasi masyarakat harus sesuai perkembangan zaman agar bisa bersaing bukan hanya di ranah ekonomi digital tetapi juga secara global.

Kamu pun perlu meningkatkan kualitas dirimu apabila ingin terjun berkecimpung di dunia ekonomi digital baik berkarir atau berbisnis secara daring. Bisa dimulai dengan mengikuti beberapa kelas yang diselenggarakan secara online oleh LEAP yang akan meningkatkan kemampuanmu. Kamu bisa belajar dari mana saja dan kapan saja.

Ekonomi Digital Dan Masa Depan Dunia Usaha Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hi, Kami leap siap menjawab pertanyaan anda melalui WhatsApp