fbpx

Pernah dengar nama Silicon Valley? JIka kamu berkecimpung di dunia bisnis, IT dan startup atau mengagumi Steve Jobs dan Mark Zuckerberg maka kamu pasti taka sing dengan nama ini. Bagi yang belum tahu Silicon Valley adalah nama sebuah kawasan di daerah selatan dari San Francisco Bay Area, California Amerika Serikat. Nama ini diberikan karena daerah ini memiliki banyak perusahaan yang bergerak dalam bidang komputer dan semikonduktor. Daerahnya termasuk San Jose, Santa Clara, Sunnyvale, Palo Alto, dll.

Coding Workers at Silicon Valley
Silicon Valley

Tapi tahukah kamu ada 6 tempat lain di dunia yang mendapat julukan Silicon Valley?

6 Tempat Berjulukan Silicon Valley di Berbagai Negara

Berlin, Jerman

Ibukota Jerman ini menjadi lokasi tumbuh kembangnya startup di Jerman. Harga properti yang sangat terjangkau menjadi salah satu alasan melejitnya bisnis teknologi di negara ini. Bahkan ada yang menyebut Berlin sebagai rumahnya dari hacker, ahli privasi, ilmuwan dan perusahaan video yang menimbulkan guncangan di industry teknologi.

Apple dan Facebook memiliki kantor di Berlin, Google juga membuka “Campus Berlin Tech Hub” karena tingginya jumlah startup yang muncul sejak tahun 2012. JIka kamu tahu app SoundCloud dan Wunderlist, mereka adalah perusahaan yang berkandang di Berlin.

Shenzen, China

Kota ini memiliki lebih dari 14000 perusahaan teknologi, 3000 diantaranya baru muncul di tahun 2018, industri teknologi Shenzhen menyumbang hampir 40 % dari GDP kota tersebut. Kota ini memang menjadi proyek inisatif pemerintah China agar kemajuan inovasi teknologinya bisa menyaingi Silicon Vallet. Tencent Holdings dan Huawei adalah dua perusahaan tekonologi terbesar yang ada di Shenzen.

Lisbon, Portugal

Lisbon sudah diperhitungkan dalam industi startup sejak kemunculan pertamanya 10 tahun yang lalu. Kota yang juga terkenal dengan klub sepakbolanya yaitu Sporting Lisbon dan Benfica ini sekarang menjadi pemimpin tech hub di Eropa.

Berkat program pemerintah portuhal yaitu “StartUP Voucher Initiative” pada tahun 2016, kota ini memiliki lebih dari 700 perusahaan teknologi dengan lebih dari 30 diantaranya memiliki nilai diatas 1 Juta USD.

Bengaluru, India

India sudah terkenal melahirkan berbagai tokoh teknologi seperti Sundar Pichai sang CEO dari Google. Namun sebenarnya Industri IT di India sudah muncul sejak 25 tahun yang lalu. Kota yang pada tahun 2017 mendapat gelar kota paling dinamis dari World Economic Forum ini memiliki lebih dari 400 perusahaan multinasional bermarkas di sana seperti Microsoft, Samsung dan Tesla. Selain itu kota ini juga merupakan tempat tumbuh kembangnya perusahaan teknologi yang bergerak di Artificial Intelligence, Food Tech, Fintech, dll.

Stockholm, Sweden

Swedia dijuluki “Superstar Teknologi dari Utara”. Stockholm adalah kota yang unik dimana 18 % dari tenaga kerjanya adalah orang – orang yang melakukan coding. Hal ini membuatnya tumbuh menjadi Silicon Valley kedua di dunia.

Selain itu Stocholm juga menjadi kota dengan pendapatan dari para Unicornnya tertinggi di dunia diluar Silicon Valley. Kota ini menjadi rumah untuk lebih dari 22000 perusahaan. Salah satu yang paling terkenal adalah perusahaan layanan musik, Spotify.

Silicon Valley baru di Indonesia, Sukabumi

Pemerintah Indonesia telah mencanangkan akan membangun kawasan serupa Silicon Valley dengan nama Bukit Algoritma di Sukabumi, Jawa Barat. Harapannya dengan adanya tempat ini, ekosistem industri teknologi dapat semakin berkembang di Nusantara.

Untuk kamu yang ingin bekerja di bidang teknologi ada banyak skill yang bisa kamu pelajari untuk menambah pengetahuanmu. Kemampuan coding, kemampuan negosiasi bahkan presentasi akan krusial untuk karirmu. Cobalah telusuri kelas – kelas dari kursus bisnis online yang diselenggarakan oleh LEAP. Siapa tahu ada yang cocok buatmu.

 

 

Silicon Valley di Seluruh Dunia, Indonesia Selanjutnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hi, Kami leap siap menjawab pertanyaan anda melalui WhatsApp