fbpx

Mempelajari Coding, Hal – Hal Yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Memulai

Share This Post

Mempelajari coding untuk pemrograman sebenarnya bukanlah hal yang sulit meski juga tidak bisa dibilang mudah. Dengan dunia teknologi yang semakin berkembang dan kehidupan manusia yang semakin maju, kebutuhan akan hadirnya programmer semakin dibutuhkan. Karir di bidang IT menjadi pilihan yang diprediksi masih akan bertahan hingga 10-20 tahun yang akan datang. Untuk menjadi seorang profesional di bidang ini, kemampuan coding menjadi mutlak harus dipunyai.

Jika kamu baru mulai berencana untuk berkarir di bidang IT maka belajar coding adalah hal pertama yang harus ada dalam bucket list-mu. Namun sebelum memulai belajar ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan supaya dalam proses belajarmu nanti kamu dapat menuju arah yang benar dan terus termotivasi untuk berkembang.

LEAP Surabaya merangkumkan beberapa hal yang harus kamu ketahui sebelum mempelajari bahasa pemrograman.

belajar coding
mempelajari coding

Tips Sebelum Memulai Mempelajari Coding

Dapatkan dan Kuasai Ilmu Dasarnya Dengan Lengkap dan Benar

Ketika kamu mulai belajar coding, hal pertama yang perlu kamu pastikan adalah ilmu dasarnya. Karena disinilah langkah pertamamu untuk menjadi seorang ahli dimulai. Untuk mendapatkan dasar-dasarnya dengan benar, Kamu perlu mempelajari inti dari ilmu komputer, sama seperti ilmu-ilmu lain yang akan atau telah kamu temui sebelumnya. Saat ini cukup banyak kursus-kursus / website yang disediakan untuk para pemula. Kelas Coding For Kids dari LEAP Surabaya salah satunya.

Yang kamu perlu lakukan adalah memilah dan mencari berbagai info dari mereka dan sesuaikan dengan kebutuhan kamu sekarang.

Bangun Kesabaran Untuk Mempelajari Coding

Syarat nomor satu untuk sukses belajar menjadi programmer adalah SABAR. Kamu harus siap untuk kecewa. Kesabaran dapat membantu Kamu menjadi pemecah masalah yang lebih baik, dan meningkatkan pemahaman Kamu tentang pemrograman
Konsep pemrograman itu kompleks dan membutuhkan ketangguhan, kesabaran, dan kerja keras untuk memahaminya. Banyak pemula yang tidak memiliki sikap yang tepat ketika memulai perjalanan pembelajaran pemrograman mereka. Mereka terlalu berharap dapat belajar dengan cepat. Karena harapan yang tidak sesuai itu banyak pemula menyerah, dan pindah ke bidang lain. Untuk mengatasi ini, Kamu harus membangun kesabaran, dan selalu memikirkan tujuan akhir.

Tetapkan Arah Tujuan Mempelajari Coding

Menentukan tujuan dapat menjadi motivator yang kuat untukmu belajar coding. Jika Kamu berencana, misalnya, untuk belajar PHP, maka tetapkan tujuan untuk melakukan proyek sederhana pada akhir minggu. Setelah tujuan tercapai, tetapkan tujuan, dan ulangi siklus.
Ilmu coding dan pemrograman terus berkembang, dan itulah sebabnya itu kenapa sangat penting untuk menetapkan tujuan dan tidak kehilangan jejak tujuan utamamu.

Kalau tujuan belajarmu menjadi Digipreneur juga tidak apa – apa lho! Itu bahkan bisa menjadi motivasi belajar yang luar biasa.

Bergabunglah Dengan Komunitas atau Grup Coding

Belajar coding tidak pernah semudah bermain game. Jika Kamu berpikir untuk membangun aplikasi tanpa bantuan, maka Kamu berada dalam pembelajaran yang salah. Pemrograman adalah kegiatan kelompok, dan jika Kamu ingin bertahan hidup maka kamu perlu mendapatkan bantuan dari orang lain. Saat ini sudah ada berbagai platform sosial yang dapat digunakan programmer pemula sepertimu. Kamu bisa mencoba GitHub, StackOverFlow, Livecoding, dll

Pelajari Ilmu Algoritma

Jika kamu sudah mulai mempelajari coding dan mampu menyelesaikan beberapa proyek kecil, sekarang saatnya beralih ke algoritma. Algoritma merupakan inti dari ilmu komputer. Baik itu untuk pengembangan web atau pengembangan game, programmer selalu menggunakan algoritma untuk mencapai hasil akhir.

Dengan meningkatnya kemahiran dalam Algoritma, kamu dapat meningkatkan keterampilan pemrograman yang kamu miliki. Pemahaman algoritma juga dapat membantu kamu mendapatkan pekerjaan, karena sebagian besar wawancara kerja didasarkan pada algoritma dan pemecahan masalah. Cobalah untuk menyelesaikan setidaknya satu masalah algoritma setiap hari, pertahankan dan kembangkan keterampilan pemecahan masalah yang kamu miliki.

Kuasai Berbagai Metode/Tools

Sama seperti metode lainnya, alat dapat membantu Kamu melakukan hal-hal sepele lebih cepat dari biasanya. Tidak masalah bahasa pemrograman atau framework apa yang Kamu pelajari, manfaatkan perangkat yang tersedia.
Alat juga dapat membantu Kamu mengotomatiskan sebagian besar pekerjaan manual, dan memungkinkan kamu untuk fokus pada masalah utama. Kamu harus terbiasa dengan alat-alat seperti Git, Slack, Code Editor, Chrome DevTools, kerangka kerja pemrograman (baik frontend dan backend), dsb.

Dapatkan Mentor Yang Tepat

Mempelajari Coding atau pemrograman dapat menghabiskan waktu jika kamu tidak memiliki seorang mentor. Dengan bantuan mentor, kamu akan dapat menghemat waktu, dan mendapatkan pengalaman yang dimiliki oleh mentormu. Seorang mentor dapat dengan mudah membimbing Kamu melalui proyek, dan membantumu menjadi programmer yang lebih baik. Maka itu perlu untuk memperoleh mentor yang tepat agar proses belajarmu berjalan dengan lancar.

Hi! Suka dengan artikel ini? Bantu kami jadi lebih baik dengan memberi rating dan review di sini. Share artikel ini jika informasi yang ada bisa bermanfaat untuk kamu dan orang – orang di sekelilingmu ya!

Mempelajari Coding, Hal – Hal Yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Memulai

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Open chat
Hi, Kami leap siap menjawab pertanyaan anda melalui WhatsApp