fbpx

Saat kita ingin memulai atau belajar jualan online pasti kita membutuhkan alat, baik itu smartphone, PC atau Laptop sebagai penunjang dalam proses berbisnis. Sebenarnya smartphone saja sudah cukup untuk berbisnis online karena saat ini semua hal bisa dilakukan oleh gawai dalam genggaman. Namun laptop atau PC dapat membantu bisnis online berjalan dengan lebih lancar. Ada hal – hal yang harus diperhatikaan saat memilih laptop untuk bisnis online, namun sebelum ke sana ada beberapa hal yang harus kamu ketahui.

laptop untuk bisnis online
laptop untuk bisnis online

Laptop atau PC bisa dikatakan memiliki semua fitur yang dimiliki smartphone termasuk menelepon dan mengirim pesan. Untuk beberapa pekerjaan seperti editing foto, editing video, melakukan pengolahan data dan informasi, membuat materi promosional, laptop memiliki keunggulan dibandingkan smartphone atau tablet terutama dari sisi kenyamanan penggunaan.

Nah, untuk kamu yang bingung memilih laptop untuk bisnis online, LEAP Surabaya memberikan beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk membeli perangkat yang tepat sesuai dengan kebutuhanmu.

Tips Memilih Laptop Untuk Bisnis Online Yang Tepat

Produk laptop dapat dikategorikan menurut kecanggihan spesifikasi atau portabilitasnya. Beberapa dengan harga lebih dari 6 juta rupiah dengan kartu grafis berkapasitas besar bisa dimasukkan ke dalam kelompok laptop gaming (untuk memainkan game dengan grafis tinggi) dan sebagian dengan kemudahan aksesibilitas dan sumber daya yang digunakan dapat digolongkan sebagai laptop bisnis. Lalu bagaimana memilih laptop untuk bisnis online yang tepat dan memfasilitasi kebutuhan pekerjaan? Padahal saat ini perbedaan antara setiap jenis dan mereknya semakin tipis.

Perhatikan Kapasitas CPU Dan RAM

Secara umum kategori laptop bisnis kebanyakan menggunakan prosesor dual-cores, seperti seri Intel Core i3 – i5 atau seri AMD E dan A. Namun ada beberapa produk yang masuk kelas high-end karena menggunakan prosesor quad-cores. Akan tetapi hal ini bertolak belakang dengan dikembangkannya teknologi low voltage processor. Teknologi ini lebih hemat daya dengan mengecilkan kapasitas prosesor dan memanjangkan durasi pemakaian baterai hingga mencapai delapan atau sepuluh jam. Maka dalam hal ini perlu dipertimbangkan kebutuhan bisnis yang diperlukan.

Jika anda lebih banyak menggunakan online platform dan membutuhkan stabilitas koneksi internet dalam waktu yang lama, prosesor seperti seri intel i3 dapat menjadi pilihan yang tepat. Sedangkan jika anda lebih banyak menggunakan software yang menuntut spesifikasi tinggi seperti aplikasi desain atau video editing, maka prosesor AMD dapat menjadi pilihan.

Demikian pula halnya dengan RAM, jika budget mencukupi pilihlah laptop yang memiliki spesifikasi minimal 4 GB RAM atau lebih. Sebenarnya RAM berukuran 2 GB masih sangat mampu memfasilitasi kerja bermacam aplikasi bisnis yang saat ini sering digunakan. Perlu diperhatikan bahwa dengan memiliki RAM lebih besar, multitasking akan jauh lebih lancar. Beberapa program bisnis bisa berjalan bersamaan dan melakukan browsing sampai 15 tab dalam 1 browser juga dapat berjalan nyaman.

Pilihlah Laptop Dengan Kapasitas Penyimpanan Minimal 500 GB

Banyak sekali data yang dapat kita simpan dalam laptop bisnis kita. Mulai rekaman video presentasi, foto beresolusi lebih dari 2000 pixels untuk laporan dan statistic, file vector desain, materi data dan informasi. Dalam kondisi seperti itu memiliki Hard drive dengan kapasitas minimal 500 GB akan menghadirkan kenyamanan tersendiri.

Pertimbangkan juga untuk menggunakan SSD atau solid state drive. SSD mungkin lebih mahal daripada hardisk konvensional dengan kapasitas yang lebih kecil, namun berkat dukungan teknologi tanpa piringan putar serta built-in system yang memungkinkan fast booting, SSD dapat menjadi pilihan utama jika anda adalah pebisnis dengan mobilitas tinggi.

Apa Kartu Grafik Yang Super Juga Dibutuhkan?

Kebanyakan laptop bisnis yang beredar di pasaran mungkin memiliki fitur yang lebih banyak daripada laptop gaming. Mayoritas laptop bisnis hanya dilengkapi kartu grafis yang terintegrasi seperti seri Intel HD. Hal ini menimbulkan kesulitan bagi mereka yang bekerja dengan aplikasi grafis seperti Adobe Illustrator atau software editor video seperti Final Cut Pro.

Untuk pemakaian kerja administratif atau presentatif yang bisa difasilitasi Microsoft Office, Intel HD bisa bekerja dengan baik. Namun jika pekerjaan yang dilakukan banyak di bidang desain dan kreasi maka VGA card rilisan Nvidia atau AMD Radeon dengan kapasitas minimal 1 GB sangat dibutuhkan

Jaminan Stabilitas Koneksi 24/7 Harus Jadi Pertimbangan Memilih Laptop Untuk Bisnis Online

Sinyal Wi-Fi yang kuat merupakan hal yang sangat penting bagi mereka yang menjalankan bisnis online dan membutuhkan akses internet di manapun berada. Karena bisanya diperlukan untuk mengecek email secara berkala atau mencari informasi dari internet. Disinilah laptop bisnis lebih unggul daripada yang lainnya.

Laptop bisnis biasanya memiliki built-in Wi-Fi sehingga mampu menjaga konektivitas internet dan membuat kerja menjadi lebih nyaman. Maksimalkan fungsi ini dengan memilih dual-band (2.4GHz dan 5GHz) Wi-Fi untuk fleksibilitas kerja yang lebih baik. Pertimbangkan untuk memilih 5GHz jika bekerja dalam kantor di dalam sebuah gedung besar dengan tembok yang tebal.

Tingkat Keawetan Baterai

Baterai berkapasitas besar yang mampu mendukung kerja prosesor laptop bisnis merupakan hal terakhir yang perlu diperhatikan. Hindari membeli laptop untuk bisnis online dengan baterai yang hanya memiliki 3 atau 4 cell. Karena meski promosinya sanggup bekerja hingga 5-7 jam, pada praktiknya hanya mampu bertahan 2-3 jam saat digunakan tanpa charger.
Semakin besar daya baterai biasanya semakin besar pula berat laptopnya. Baterai yang memiliki 6-9 cell terasa lebih berat dan mengurangi kenyamanan bagi digipreneur dengan mobilitas tinggi. Jika masa nyala laptop merupakan hal yang paling penting bagu anda, maka pertimbangkan juga untuk membeli baterai cadangan.

Kesimpulannya, memilih laptop untuk bisnis online yang tepat sangat bergantung pada bidang pekerjaan yang dilakukan oleh penggunanya. Bagi mereka yang bermobilitas tinggi di luar kantor, laptop yang ringan dengan kombinasi baterai yang awetlah yang dibutuhkan.

Sementara bagi para desainer atau editor video, laptop dengan kartu grafis super yang mampu menjalankan aplikasi pendukunglah yang dibutuhkan. Laptop yang baik juga dapat membantumu dalam proses belajar berbisnis lho! Cobalah ikuti kelas – kelas online dari LEAP Surabaya untuk membuktikannya!

Hi! Suka dengan artikel ini? Bantu kami jadi lebih baik dengan memberi rating dan review di sini. Share artikel ini jika informasi yang ada bisa bermanfaat untuk kamu dan orang – orang di sekelilingmu ya!

Memilih Laptop Untuk Bisnis Online? Jangan Bingung!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Open chat
Hi, Kami leap siap menjawab pertanyaan anda melalui WhatsApp